Sukses

9 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh, Meningkatkan Mood hingga Mencegah Kanker

Alpukat sering digunakan sebagai bahan pembuatan masker wajah karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Namun, alpukat juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Alpukat menjadi salah satu buah yang mudah didapat. Kulit buah ini berwarna hijau gelap hingga hitam dan dagihnya berwarna kuning hingga hija pucat. Buah ini memiliki tekstur yang lembut sehingga memiliki rasa creamy dan lezat karena mengandung banyak nutrisi.

Alpukat mengandung lemak sehat, seperti asam lemak tak jenuh dan omega 3, yang baik untuk kesehatan tubuh dan jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung banyak serat, vitamin, kalium, dan magnesium.

Oleh sebagian besar orang, buah alpukat sering dikonsumsi dalam berbagai masakan dan hidangan seperti jus, salad, sandwitch, dan smoothie. Tidak hanya itu, alpukat juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan masker wajah karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

Bagi sebagian orang, alpukat dikonsumsi untuk diet karena mengandung banyak serat yang akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Vitamin, lemak sehat, dan mineral serta kalium yang terdapat dalam alpukat dapat membantu mencegah beberapa penyakit seperti kanker, artritis, depresi, dan bahkan mencegah peradangan.

Ada beberapa manfaat alpukat yang belum diketahui oleh banyak orang, berikut ulasannya seperti melansir dari Web MD, Jumat (2/6/2023).

1. Lebih Baik dari Pisang

Tubuh membutuhkan potasium untuk dapat bekerja secara normal. Misalnya, tubuh membutuhkan mineral untuk menjaga detak jantung Anda agar tetap stabil. Kebanyakan orang akan memikirkan pisang sebagai buah yang mengandung banyak potasium. Namun, alpukat memiliki banyak kandungan potasium yang baik untuk tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menjaga Kesehatan Mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, yang menyerap gelombang cahaya yang dapat merusak penglihatan Anda. Orang yang makan banyak makanan kaya antioksidan ini cenderung tidak mengalami degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua.

Sebagian besar antioksidan alpukat ditemukan dalam daging hijau gelap yang paling dekat dengan kulitnya.

3. Menurunkan Berat Badan

Alpukat mengandung serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama meskipun alpukat tinggi lemak, terutama lemak tak jenuh tunggal.

Penelitian telah menemukan bahwa jenis lemak dalam diet Anda dapat membantu memangkas lingkar pinggang Anda. Alih-alih salad ayam dengan mayo, cobalah buncis dengan alpukat tumbuk.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Dalam secangkir irisan alpukat, Anda akan mendapatkan sekitar 118 mikrogram folat, yang hampir sepertiga dari yang dibutuhkan kebanyakan orang dewasa setiap hari. Orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin B ini bisa lebih rentan terhadap depresi.

Folat juga berperan dalam mencegah cacat lahir, sehingga calon ibu dan ibu baru dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak alpukat karena mengandung folat.

3 dari 4 halaman

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Berbicara tentang pembuluh darah, American Heart Association merekomendasikan agar sebagian besar lemak yang Anda makan tidak jenuh, seperti yang Anda temukan dalam alpukat, daripada lemak jenuh dalam makanan seperti daging merah dan makanan susu murni.

Penelitian juga menunjukkan bahwa alpukat juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, trigliserida, dan tekanan darah.

6. Mencegah Alzheimer

Alpukat memberi Anda dosis vitamin E yang baik, yang dapat membantu melindungi dari penyakit Alzheimer dan memperlambat penurunan daya ingat serta kemampuan berpikir Anda.

Hal ini mungkin ada hubungannya dengan sifat antioksidan vitamin E, yang berfungsi melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh hal-hal seperti polusi dan radiasi matahari dari waktu ke waktu.

7. Memperkuat Tulang

Rata-rata, orang makan setengah buah alpukat sekaligus. Hal tersebut memberi orang dewasa 15% dari kebutuhan vitamin K harian mereka. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah patah tulang.

Aduk potongan alpukat ke dalam salad bayam dengan salmon, tuna, atau telur untuk mendapatkan lebih banyak vitamin K bersama dengan vitamin D, nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tulang.

4 dari 4 halaman

8. Baik untuk Kesehatan Kulit

Apakah Anda memakannya secara langsung atau membuatnya menjadi masker, alpukat sangat bagus untuk kulit Anda. Antioksidannya, seperti vitamin C, dapat membantu menjaga kulit Anda tampak awet muda dengan menghaluskan kerutan.

Nutrisi yang sama yang melindungi mata Anda juga melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV. Pasta alpukat dapat membantu penyembuhan luka, jadi Anda bisa mengoleskannya pada kulit yang terbakar sinar matahari.

9. Mencegah Kanker

Alpukat memiliki asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal (juga ditemukan dalam minyak zaitun dan kacang-kacangan) yang dapat memangkas kemungkinan kanker payudara.

Senyawa dalam alpukat yang disebut avocatin B dapat membunuh sel leukemia menurut sebuah penelitian. Para ilmuwan bahkan menyelidiki apakah sekam tipis yang mengelilingi lubang alpukat memiliki sesuatu yang bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.