Sukses

Alasan Ilmiah Mengapa Air Beras Baik untuk Kesehatan Rambut dan Cara Menggunakannya

Air beras memiliki manfaat seperti meningkatkan kilau dan kehalusan rambut Anda. Ini karena air beras sendiri mengandung banyak asam amino yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut karena merupakan bahan penyusun protein yang merupakan penyusun rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Nasi menjadi makanan pokok orang Asia, makanan sehari-hari yang sering kita anggap remeh. Sementara biji-bijian sederhana ini memiliki sejarah panjang sebagai bahan kecantikan yang penting di negara-negara seperti Jepang dan Cina. 

Baru-baru ini air beras pun menjadi tren di lini masa TikTok yang dikatakan sebagai lifehack di bidang kecantikan untuk rambut berkilau, dengan orang-orang seperti Kim Kardashian dan Cardi B yang menggunakannya. Tapi apa ada penjelasan ilmiah di baliknya?

“Air beras memiliki manfaat seperti meningkatkan kilau dan kehalusan rambut Anda. Ini karena air beras sendiri mengandung banyak asam amino yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut karena merupakan bahan penyusun protein yang merupakan penyusun rambut. Air beras juga banyak mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E dan selenium,” ujar Dr Angeline Yong dari Angeline Yong Dermatology, seperti mengutip CNA Lifestyle, Kamis (1/6/2023).

Semua manfaat ini membantu memperkuat folikel rambut, memperbaiki kutikula, dan meningkatkan kilau. Dr Yong juga menambahkan bahwa karena efek anti inflamasi pada kulit kepala, air beras juga dapat membantu mencegah ketombe.

Lantas bagaimana Anda dapat menggunakannya?

Air beras yang diperoleh hanya dengan merendam, memfermentasi, atau merebus beras dalam air. Ini dapat digunakan untuk membilas rambut usai keramas.

“Ini bisa dilakukan setelah keramas biasa dan Anda kemudian bisa menggunakan air beras untuk membilas kulit kepala dan rambut di ujungnya. Anda juga dapat membiarkan air beras di rambut Anda selama 10-20 menit saat mandi dan kemudian mengambil kesempatan untuk memijat kulit kepala Anda dengan air beras,” jelas Dr Yong. 

Dia mengatakan bahwa akan menjadi manfaat tambahan untuk menyisir setelah disiram dengan air beras sebelum akhirnya membilasnya dengan air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah ada pencegahan yang harus dilakukan?

Bagi mereka yang memiliki kulit kepala kering dan sensitif atau kondisi seperti eksim, menggunakan air beras dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut. Dr Yong menyarankan menggunakan bilasan air beras tidak lebih dari sekali atau dua kali seminggu.

“Terlalu banyak hal baik juga bisa berbahaya dan air beras mungkin tidak cocok untuk semua orang,” dia memperingatkan.

Bagi mereka yang memiliki kulit kepala kering dan sensitif atau kondisi seperti eksim, menggunakan air beras dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut karena air beras kaya akan protein dan pati yang dapat mengeringkan kulit kepala dan rambut secara berlebihan jika dibiarkan terlalu lama.

“Alangkah baiknya untuk mencoba menggunakannya dalam durasi yang lebih pendek dan juga pada frekuensi yang lebih rendah seminggu sekali, sebelum menambah durasi Anda membiarkan air beras di kulit kepala/rambut Anda, dan juga frekuensi penggunaannya,” katanya.

Bagi mereka yang memiliki kulit kepala sensitif, dia menyarankan untuk mengujinya pada area kulit kepala yang lebih kecil sebelum mengaplikasikannya ke seluruh kulit kepala. Penting juga untuk tidak berlebihan dan tidak meninggalkan air beras pada rambut dan kulit kepala terlalu lama atau tanpa membilasnya.

3 dari 4 halaman

Bisakah semua jenis dan tekstur rambut menggunakan air beras?

Selama Anda tidak alergi beras, Anda seharusnya bisa menggunakan air beras untuk merawat rambut Anda, apapun tekstur atau jenis rambut Anda. Namun, hasilnya mungkin berbeda pada jenis rambut yang berbeda.

Mereka yang memiliki rambut rusak mungkin melihat peningkatan yang signifikan dengan penggunaan air beras, tetapi mereka yang memiliki rambut keriting atau bertekstur alami yang membutuhkan lebih banyak hidrasi mungkin tidak melihat hasil yang sama.

Apa yang hebat tentang air beras adalah alami, lembut dan dengan banyak vitamin dan mineral yang dikandungnya, dapat membantu melembutkan rambut alami tanpa menggunakan bahan sintetis atau bahan kimia. 

Jadi apakah Anda sedang mencoba untuk menumbuhkan, menghaluskan, meningkatkan kilau rambut Anda, atau hanya ingin rambut yang lebih kuat dan sehat? Bilas rambut secara teratur dengan air beras alami mungkin yang Anda butuhkan.

4 dari 4 halaman

Cara menyiapkan air beras untuk membilas rambut

Ada beberapa pilihan berbeda untuk mendapatkan air beras untuk merawat rambut. Dr Yong berkata Anda bisa merendamnya, memfermentasi atau merebusnya. Inilah metodenya untuk menyiapkannya dengan perendaman:

  • Bilas setengah cangkir beras dengan baik.
  • Masukkan ke dalam mangkuk dengan dua gelas air.
  • Rendam setidaknya selama 30 menit (air akan menjadi keruh setelah ini).
  • Saring air beras ke dalam mangkuk baru dan kemudian Anda bisa menyimpannya di lemari es untuk digunakan.

Jika ingin mencoba memfermentasi, dia menyarankan agar beras direndam dengan air setidaknya selama satu hingga dua hari. Namun, Anda harus siap dengan bau asam yang muncul saat air beras berfermentasi. 

Proses fermentasi akan memungkinkan pati dalam beras diubah menjadi asam, menurunkan pH air bilasan. Menggunakan air beras yang difermentasi dapat membantu melindungi rambut dengan cara menutup kutikula rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.