Sukses

Dikatakan sebagai Pelosok, Kabupaten Sukoharjo Jadi Trending di Twitter

Kabupaten Sukoharjo yang berada di Jawa Tengah sedang menjadi trending Twitter. Hal ini lantaran daerah tersebut dianggap sebagai pelosok. Hal ini bermula dari sebuah unggahan yang diposting oleh akun Twitter @undipmenfess.

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Sukoharjo yang berada di Jawa Tengah sedang menjadi trending topic di lini masa Twitter. Hal ini lantaran daerah tersebut dianggap sebagai pelosok.

Hal ini bermula dari sebuah unggahan yang di-posting oleh akun Twitter @undipmenfess. Akun tersebut mengunggah cuitan seorang mahasiswa yang akan melakukan KKN di Sukoharjo. Dirinya pun bertanya apakah Sukoharjo termasuk dalam daerah pelosok. 

“Ya Allah dapat KKN di Sukoharjo, di Sukoharjo ada apa plis pelosok bgt kah Sukoharjo itu?” tulis cuitan tersebut.

Rupanya cuitan tersebut langsung mencuri perhatian warganet dan menjadi perbincangan. Tak sedikit warganet yang seolah tak terima dengan hal itu dan memberikan tanggapan dengan mengatakan bahwa Sukoharjo bukanlah pelosok. 

“Buat sender yg ngirim menfess itu, kamu tau pakuwon mall solo baru, the park solo baru, Grand Mercure Solo baru, Fave hotel transmart kartasura, pandawa water world, PT. Sritex, Konimex? itu semua punya sukoharjo,” kata akun @brilieilish.

“TERSINGGUNG AKU SUKOHARJO DIBILANG PELOSOK? NEK NGONO WONOGIRI OPO,” kata @ahengderyyu.

“Owh ternyata Sukoharjo trending gara" ini?.. padahal ya enggak sepelosok itu. Toko ada banyak, minimarket, restoran kecil-kecilan, pom mini, cari apa-apa kalo ke daerah pasar bakalan ada lah, lengkap. Emg Sukoharjo masih banyak sawah, gunung, sepi kyk keliatan pelosok, tp bukannya enak ya?,” timpal akun @chankrten.

“Sukoharjo kampung ibukuu. Awalnya ku kira pelosok soalnya jrg yg tau, org2 taunya Solo, tpi masa pelosok ada 2 mall gede berdiri dlm 1 kawasan wkwk trs jalannya pada mulus2. Jalanan desa bahkan udh aspal, jalanan tempat gue tinggal (clgsi-bgr) aja kalah. Gedung sekolah pada bagus,” tulis @freeee__sia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sender Meminta maaf

Setelah mengetahui bahwa cuitannya tentang Sukoharjo menjadi viral, mahasiswa yang tak diketahui identitasnya itu pun meminta maaf melalui akun @undipmenfess. 

“Selamat malam semuanya, di sini sender ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya terutama kepada warga sukoharjo yang merasa tersinggung dengan cuitan sender. Jujur sender tidak ada maksud dan juga unsur buruk dalam cuitan tersebut, sender hanya ingin bertanya  mengenai sukoharjo. Namun, di sini sender salah karena telah menggunakan kata pelosok dalam cuitan tersebut, sekali lagi sender tidak ada maksud atau niatan buruk dalam cuitan tersebut,” tulisnya. 

3 dari 4 halaman

Berterima kasih kepada warganet

Dia juga berterima kasih kepada warganet yang telah memberikan informasi bahwa Sukoharjo tidaklah seperti yang dia kira.  

“Cuitan tersebut sender buat dalam tulisan kapital karena sender saat itu sedang kaget akibat mendapat info akan ditempatkan KKN di tempat tersebut dan tanpa berpikir dua kali sender langsung membuat menfess. Terima kasih kepada semuanya yang sudah memberi tahu sender bahwa ternyata sukoharjo itu bukanlah tempat seperti yang sender kira sebelumnya.”

Setelah membaca balasan dari warganet, dirinya pung mengaku senang akan melakukan KKN di daerah tersebut. 

“Setelah membaca reply dari teman-teman semua sender merasa biasa saja dan bahkan senang untuk bisa melakukan KKN di sukoharjo. Terima kasih kepada semua, dan sekali lagi sender minta maaf karena telah membuat kegaduhan dimana sender sama sekali tidak berniat dan tidak  menyangkan bahwa cuitan tersebut akan membuat kegaduhan dan keributan. Selamat malam dan selamat istirahat semuanya,” tutupnya.

4 dari 4 halaman

6 Fakta Menarik Sukoharjo yang Tak Banyak Orang Tahu

Sukoharjo adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Pusat pemerintahan berada di Sukoharjo, sekitar 10 km sebelah selatan Kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surakarta di utara, Kabupaten Karanganyar di timur, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Gunungkidul (Daerah Istimewa Yogyakarta) di selatan, serta Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali di barat.

Sungai Bengawan Solo membelah kabupaten ini menjadi dua bagian yaitu utara dan selatan. Bagian utara pada umumnya merupakan dataran rendah dan bergelombang, sedang bagian selatan dataran tinggi dan pegunungan. Ibu kota kabupaten Sukoharjo, yakni kota Sukoharjo adalah kota yang sangat nyaman, kota yang asri dan menjadi dambaan seperti slogan dari Sukoharjo itu sendiri yaitu Sukoharjo Makmur.

Slogan ini juga mempunyai arti atau kepanjangan dari Maju Aman Konstitusional Mantap Unggul Rapi. Kabupaten Sukoharjo dulu merupakan daerah tepi penuh dengan area persawahan yang sangat luas, lahannya begitu subur dan makmur. Nama Sukoharjo dalam penulisan Bahasa Jawa adalah "Sukaharja" yang berarti Bumi yang selalu "Suka atau Senang atau Gembira" dan "Raharja atau Makmur".

Tentu bukan itu saja hal-hal menarik dari Sukoharjo. Berikut enam fakta menarik seputar Kabupaten Sukoharjo yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.