Sukses

Mudah Dilakukan, Begini 6 Trik Ampuh Menyembunyikan Double Chin di Dagu

Double chin disebabkan karena adanya penambahan lemak bawah di bawah dagu, biasanya di antara dagu dan leher.

Liputan6.com, Jakarta Entah disadari atau tidak, saat ini kita banyak menghabiskan waktu untuk menatap wajah kita sendiri. Seperti misalnya di antara zoom meetingface time, atau sekadar berfoto selfie, kamera Anda pasti akan mengarah ke wajah dan leher. Saat itulah, Anda akhirnya tersadar kalau memiliki double chin yang tidak bisa ditutupi.

Double chin atau dagu berlipat memang bukan kondisi yang membahayakan kesehatan. Namun sayangnya, kondisi ini bisa memengaruhi penampilan, khususnya para perempuan sehingga mengurangi rasa percaya diri. Akibatnya, Anda menjadi sedikit malu karena takut double chin semakin terlihat jelas. 

Sebenarnya double chin itu apa sih? Menurut laman WebMd, Minggu (30/4/2023), double chin disebabkan karena adanya penambahan lemak bawah di bawah dagu, biasanya di antara dagu dan leher. Bisa jadi adanya penambahan berat badan yang cukup signifikan. Itulah yang membuat leher Anda terlihat lebih besar daripada sebelumnya. 

Gejala yang mungkin memunculkan double chin meliputi perubahan struktur wajah, kelebihan berat badan atau obesitas, termasuk genetik yang ikut berperan serta. Makanya, jangan heran jika ada beberapa orang yang kurus sekalipun ternyata bisa memiliki double chin karena kurangnya kepadatan otot, yang berakibat pada komposisi lemak tubuh lebih tinggi.

Untuk menghilangkannya, Anda bisa melakukan face yoga atau treatment tertentu. Nah, ingin tahu cara untuk mengatasi double chin secara singkat, mudah, dan instan?

Tenang saja, ada beberapa tips yang bisa diikuti dari laman Stylecraze, mulai dari cara berpakaian hingga makeup yang akan digunakan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trik Menyembunyikan Double Chin

  • Pakai baju dengan scoop neck

"Memangnya bisa pakaian mengubah bentuk dagu?"

Anda mungkin akan bertanya-tanya, apakah bisa pakaian Anda akan memengaruhi bentuk dagu. Namun fakta mengatakan demikian. Apa yang Anda kenakan memang akan membuat banyak perbedaan dan memengaruhi penampilan. Hal ini pun berpengaruh besar terhadap apa yang orang lain lihat dari Anda. 

Dalam hal ini, sebaiknya hindari menarik perhatian ke arah double chin Anda. Fokuskan pandangan orang-orang ke arah garis leher, tulang selangka, atau bahkan tenggorokan Anda! Caranya dengan mengenakan atasan dengan garis leher lebar berpotongan rendah atau yang biasa disebut juga scoop neck

Baju dengan gaya scoop neck bisa memberikan fokus orang lain ke daerah tenggorokan dan tulang selangka. Bonusnya, baju ini sangat trendi dan bisa dipadupadankan dengan bawahan apa saja. 

  • Coba perhatikan dan ubah gaya rambut

Jika ingin double chin tidak terlalu melihat, coba mulai mulai memperhatikan gaya rambut Anda selama ini. Sebaiknya, pilihlah gaya rambut di mana ujung-ujung rambut tidak langsung jatuh ke arah dagu atau lebih tepatnya di dekat double chin.

Volume rambut yang tergantung di sekitar dagu sayangnya akan begitu menonjolkan arah dagu, sehingga orang akan semakin melihat ke arah double chin Anda. 

Salah satu gaya rambut yang bisa Anda coba yaitu mencoba rambut ponytail atau kuncir ekor kuda tinggi. Atau kamu juga bisa memotong rambut model bob dengan panjang di atas dagu.

Sebaiknya, hindari gaya rambut ikal dengan panjang tepat sedagu. Hal ini bisa membuat dagu Anda terlihat semakin berlipat.  

3 dari 3 halaman

Perhatikan makeup pada pipi dan mata

Pulaskan makeup sedemikian rupa sehingga bisa mengalihkan pandangan orang-orang dari dagu ke arah wajah lainnya, seperti menonjolkan pada pipi dan mata. Di bagian mata, Anda bisa menggunakan eyeshadow dengan gaya cerah. Sementara pada bagian pipi, gunakan blush on tipis ke arah atas untuk mempertegas area tersebut.

Dengan makeup mata dan pipi yang berubah, fokus pun bisa teralih dari double chin ke penampilan Anda secara keseluruhan. Sebaiknya hindari shimmery makeup dengan highlighter berlebihan sampai membuat wajah terlihat "berkilau" karena bisa menonjolkan dagu. Sebagai gantinya, pilih countour atau highlighter yang matte

  • Gunakan lipstik yang lebih bold

Apakah selama ini Anda kurang percaya diri menggunakan lipstik bold? Jika iya, mulai sekarang coba tonjolkan penampilan Anda. Warna bibir rupanya membuat perbedaan yang cukup signifikan, lho.

Untuk menyembunyikan double chin coba gunakan warna yang lebih berani seperti merah tua, merah kecokelatan, dan sebagainya. Anda juga bisa menggunakan lipgloss yang mengkilap untuk menarik perhatian ke arah bibir.

  • Pertegas garis rahang dengan bronzer

Tips terakhir dan tidak kalah penting untuk menyembunyikan double chin yaitu dengan menggunakan bronzer. Cara ini juga berfungsi untuk menyempurnakan makeup dan penampilan yang sudah Anda ubah sebelumnya dan agar semakin memperjelas garis rahang.

Bagaimana caranya? Gunakan bronzer dengan di sepanjang garis rahang. Tips lain untuk memilih warna bronzer yaitu harus menyesuaikan dengan warna kulit Anda. Jika Anda berkulit cokelat atau cenderung kuning, pilihlah bronzer dengan warna emas. Kalau Anda berkulit putih atau lebih cerah, pilih bronzer dengan tone pink rose.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.