Sukses

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Jatuh Cinta? Ini Kata Pakar Hubungan

Sebenarnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk jatuh cinta? Dengan bantuan dari pakar hubungan, Anda dapat mengetahui garis waktu untuk tonggak hubungan utama asmara Anda.

Liputan6.com, Jakarta Memulai suatu hubungan biasanya menyenangkan dan mengasyikkan. Tetapi pada titik tertentu, Anda mungkin mulai mempertanyakan diri sendiri dan bertanya-tanya apakah Anda benar-benar menyukai pasangan baru Anda. Perasaan tidak pasti ini dapat menyebabkan Anda stres terutama jika Anda merasa seharusnya sudah mengetahui perasaan Anda saat ini.

Tapi sebenarnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk jatuh cinta? Dengan bantuan dari pakar hubungan, Anda dapat mengetahui garis waktu untuk tonggak hubungan utama asmara Anda. 

Kebanyakan orang menunggu berbulan-bulan untuk mengakui perasaan mereka

Sampai hingga akhirnya Anda menyatakan cinta kepada pasangan dalam suatu hubungan, tampaknya ada konsensus. Dilansir dari Best Life, sebuah survei tahun 2016 dari Match.com menemukan bahwa rata-rata orang menunggu sekitar 144 hari atau lima bulan untuk menyatakan perasaannya. 

Penelitian sebelumnya menunjukkan rentang waktu yang hampir sama, walaupun hasilnya sedikit berbeda berdasarkan jenis kelamin. Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menetapkan bahwa pria dan wanita berbeda dalam jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyatakan perasaan mereka.

Peserta laki-laki membutuhkan waktu rata-rata 97 hari untuk mengatakan bahwa mereka sedang jatuh cinta, sementara peserta perempuan dilaporkan membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan hal yang sama dengan rata-rata hampir 139 hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tapi Anda mungkin bisa jatuh cinta lebih cepat dari ini

Kita mungkin menunggu berbulan-bulan untuk mengatakan bahwa kita sedang jatuh cinta tetapi menurut penelitian, kita bisa merasakannya lebih cepat dari ini. 

Sebagai bagian dari meta-analisis 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine, para peneliti mengatakan mereka menemukan bahwa jatuh cinta hanya membutuhkan seperlima detik. Ketika seseorang jatuh cinta, 12 area otak yang berbeda bekerja secara bersamaan untuk melepaskan bahan kimia yang menimbulkan perasaan eutrofik, seperti dopamin, oksitosin, adrenalin, dan vasopresi, menurut penelitian tersebut.

Sebuah studi terpisah tahun 2005 menemukan bahwa tingkat faktor pertumbuhan saraf protein (NGF) secara signifikan lebih tinggi pada orang yang baru saja jatuh cinta. Stephanie Ortigue, PhD, peneliti utama untuk studi tahun 2010 dan ahli saraf yang sebelumnya bekerja sebagai asisten profesor psikologi di Universitas Syracuse, mengatakan bahwa dua temuan ini memberikan konteks penting pada fenomena "cinta pada pandangan pertama". "Hasil ini mengkonfirmasi cinta memiliki dasar ilmiah," kata Ortigue dalam sebuah pernyataan.

3 dari 4 halaman

Keadaan tertentu dapat memengaruhi berapa lama waktu yang dibutuhkan

Penelitian mungkin menunjukkan bahwa Anda bisa jatuh cinta dalam sedetik, tetapi garis waktu yang sebenarnya dibutuhkan tampaknya bukan skenario satu ukuran untuk semua.

“Penting untuk dipahami bahwa jatuh cinta adalah pengalaman yang kompleks dan multidimensi. Ini melibatkan kombinasi faktor fisiologis, psikologis, dan sosial,” LaTonya P. Washington, LISCW, terapis berlisensi dan pendiri Changing Seasons Therapy & Consulting, mengatakan kepada Best Life. 

"Mengingat faktor-faktor kompleks ini, tidak mungkin untuk menentukan waktu yang tepat berapa lama untuk jatuh cinta."

Menurut Washington, keadaan tertentu dapat memengaruhi berapa lama orang yang berbeda jatuh cinta. "Misalnya, satu studi menemukan bahwa individu yang bertemu online cenderung jatuh cinta lebih cepat daripada mereka yang bertemu melalui cara yang lebih tradisional seperti teman bersama atau pekerjaan," jelasnya. 

Di sisi lain, faktor lain mungkin mendorong orang menjauh dari perasaan ini. "Pengalaman pribadi dan keyakinan individu juga dapat memengaruhi cara orang memandang proses jatuh cinta. Misalnya, jika seseorang memiliki pengalaman negatif atau traumatis dalam hubungan di masa lalu. Mereka mungkin lebih skeptis atau waspada untuk jatuh cinta lagi di masa depan," tambah Washington.

4 dari 4 halaman

Para ahli menyarankan agar tidak menekankan garis waktu tertentu

Sebagai akibat dari ketidakpastian ini, para ahli merekomendasikan untuk tidak mengikat hubungan Anda dengan harapan yang pasti.

"Penting untuk diingat bahwa garis waktu jatuh cinta dapat bervariasi tergantung pada individu dan hubungannya," kata Kerry Lauders, petugas kesehatan mental di Startups Anonymous. 

"Beberapa orang mungkin dapat membentuk ikatan emosional yang kuat dengan cepat, sementara yang lain mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan hubungan. Selain itu, jumlah waktu yang dibutuhkan dua orang untuk mengenal satu sama lain dan membangun kepercayaan juga dapat memengaruhi garis waktu untuk jatuh cinta."

Washington menegaskan bahwa tidak ada waktu yang benar atau salah untuk jatuh cinta. Faktanya, dia mengatakan tonggak sejarah ini bahkan mungkin tidak sepenting bagi pasangan seperti yang dipikirkan kebanyakan orang. 

"Jatuh cinta tidak sama dengan membangun hubungan yang sehat dan berkelanjutan," kata Washington. "Walaupun proses jatuh cinta bisa mengasyikkan dan menggembirakan, itu hanyalah langkah pertama dalam perjalanan yang jauh lebih panjang. Membangun hubungan yang kuat dan sehat membutuhkan upaya berkelanjutan dan dedikasi dari kedua pasangan."

Itu berarti Anda dan pasangan sama-sama harus menghormati batasan satu sama lain ketika harus siap untuk mengatakan "Aku mencintaimu" kepada orang lain, menurut Washington.

 "Jatuh cinta adalah pengalaman pribadi yang unik, dan butuh waktu untuk mengembangkan perasaan mendalam terhadap seseorang," jelasnya. "Jangan merasa Anda harus mempercepat proses atau memaksakan diri untuk merasakan apapun yang tidak atau mungkin belum Anda siapkan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.