Sukses

6 Tips Mudah Bersihkan Wajah untuk Kulit Berminyak

Tiap jenis kulit memiliki cara yang berbeda-beda dalam perawatannya. Berikut ini sejumlah tips mudah membersihkan wajah untuk kulit berminyak

Liputan6.com, Jakarta Kulit berminyak merupakan salah satu jenis kulit yang memerlukan perawatan ekstra. Kulit berminyak adalah kulit yang memiliki peningkatan produksi sebum di wajah.

Kelenjar minyak yang terlalu aktif disebabkan oleh pori-pori yang membesar, sehingga minyak yang berlebihan tersebut membuat wajah tampak mengkilap. Dilansir dari American Academy of Dermatology, Selasa (7/3/2023), produksi sebum yang berlebih bisa menjadi penyebab kulit berminyak dan berujung pada kulit kusam, pori-pori tersumbat, komedo, hingga jerawat.

Kulit berminyak harus rutin dibersihkan secara menyeluruh. Fungsinya untuk mengangkat kotoran dan mengontrol kelebihan minyak pada wajah. Jika tidak rutin dibersihkan, maka minyak pada wajah justru akan menjadi tempat bersarangnya debu yang menyebabkan munculnya komedo dan jerawat.

Selain itu, Anda yang memiliki kulit berminyak juga harus memperhatikan formula pembersih wajah dan langkah yang tepat dalam membersihkannya. Pasalnya, berbeda jenis kulit, maka berbeda pula jenis pembersih wajah dan cara membersihkannya.

Saat Anda melakukan perawatan kulit berminyak secara berlebihan atau tidak tepat, kulit wajah bisa menjadi kering, iritasi, bahkan mungkin menimbulkan jerawat.

Berikut ini tips mudah membersihkan wajah untuk kulit berminyak agar bebas komedo dan jerawat, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Rajin Mencuci Muka

Jika Anda memiliki kulit berminyak, mencuci muka secara rutin bisa menjadi salah satu cara mengatasinya. Anda bisa mencuci muka saat pagi dan sore hari, serta setelah berolahraga.

Ada naiknya Anda menghindari sabun cuci muka dengan wewangian, alkohol, dan kandungan yang terlalu kuat. Pasalnya, kandungan tersebut bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi yang mengakibatkan kulit jadi lebih banyak memproduksi sebum.

Gunakanlah sabun cuci muka dengan kandungan yang lembut. Misalnya, pencuci muka yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Bersihkan wajah Anda maksimal 2 kali dan mulai membilas wajah dengan air hangat. Kemudian gunakan sabun pembersih wajah seraya memijat muka perlahan. Selanjutnya, bilas wajah kembali dengan air hangat.

2. Pilih Sabun dengan Formula Aman

Pilih sabun wajah dengan formula yang mengandung myristic acid dan glycerin. Myristic acid bekerja dengan cara menyerap minyak berlebih dan kotoran yang ada di wajah. Myristic acid akan membuat lapisan luar kulit bisa kering seketika. Karena itulah glycerin menjadi penting sebagai agen pelembab humectant yang mengikat air untuk melembabkan kulit, sehingga menjaga kulit selalu terhidrasi. Selain untuk mengangkat minyak, ada juga formula tambahan lainnya yang akan menyempurnakan kinerja sabun wajah. Bukan hanya minyak saja yang perlu diangkat, pori-pori wajah sendiri juga perlu perawatan.

Kandungan seperti charcoal, baking soda, dan salicylic acid akan memberikan perawatan ekstra pada pori-pori. Ketiga bahan tersebut mampu membersihkan hingga ke dalam pori-pori.

Pilih sabun wajah yang diberi label untuk oily skin dan non-comedogenic. Artinya produk pembersih wajah tersebut tidak akan menyumbat pori-pori dan diformulasikan untuk kulit berminyak.

 

3 dari 4 halaman

3. Keringkan Wajah dengan Benar

Setelah mencuci muka, keringkanlah wajah Anda dengan menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk lembut. Sebisa mungkin Anda tidak menggosok wajah dengan gerakan menarik, serta menggunakan kain yang kasar. Pasalnya, itu bisa mendorog kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum sehingga wajah menjadi semakin berminyak.

4. Gunakan Toner dan Pelembap

Toner perlu digunakan bagi pemilik kulit berminyak. Pemakaian toner dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan membersihkan kulit dari kotoran yang masih tersisa. Selain itu, toner membuat wajah menjadi lebih segar.

Pilih produk toner yang bebas alkohol dan memiliki pH yang seimbang. Jangan lupa, selalu bersihkan wajah anda 2 kali sehari.

Selain toner, orang dengan kulit berminyak juga tetap perlu menggunakan pelembap. Menggunakan pelembap yang tepat bisa menjadi cara merawat wajah berminyak, kusam, dan berjerawat.

Pilihlah jenis pelembap tanpa kandungan minyak guna menjaga kulit tetap lembap tanpa terasa berminyak. Anda juga bisa menggunakan pelembap dari bahan alami.

 

4 dari 4 halaman

5. Jangan Lupakan Sunscreen

Penggunaan tabir surya atau sunscreen bisa membantu mencegah kulit keriput dan flek hitam akibat paparan sinar matahari. Untuk mencegah timbulnya jerawat, pilihlah sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida.

Untuk pemilik kulit berminyak, ada baiknya Anda menghindari sunscreen yang berbahan dasar minyak dan wewangian. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 secara rutin sebagai cara merawat kulit berminyak setiap sebelum pergi beraktivitas di luar rumah.

6. Rutin Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi secara rutin bisa menjadi cara yang tepat untuk membersihkan wajah berminyak. Langkah ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati di wajah yang menjadi penyebab pori-pori tersumbat. Cara merawat kulit berminyak ini juga bisa untuk mencegah munculnya masalah jerawat. Selain itu, eksfoliasi juga dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori kulit wajah.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.