Sukses

10 Makanan Ini Dapat Membahayakan Tubuh Jika Salah Mengonsumsinya

Berikut ini beberapa saran tentang cara memilih waktu yang tepat untuk makan makanan favorit agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, rata-rata orang di AS mengonsumsi sekitar 20% lebih banyak kalori daripada yang dilakukan nenek moyang mereka pada abad terakhir, menurut penelitian. Dan meskipun orang semakin sadar tentang diet mereka, tidak selalu mudah untuk mendapatkan semua aturan makan yang sehat dengan benar. 

Misalnya, makan apel di waktu yang salah justru bisa menyebabkan masalah usus alih-alih memperbaiki pencernaan Anda. Untungnya, aturan dasarnya cukup mudah diikuti.

Dilansir dari Brightside ada beberapa mitos terkait kebiasaan makan sehat dan beberapa saran tentang cara memilih waktu yang tepat untuk makan makanan favorit agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

1. Pisang

Meskipun pisang mungkin tampak seperti pilihan yang baik untuk memulai pagi Anda, jika dikonsumsi saat perut kosong, pisang sebenarnya dapat menurunkan tingkat energi Anda. Pada awalnya, Anda mungkin akan merasakan dorongan energi berkat kandungan gulanya yang tinggi, tetapi setelah beberapa jam, Anda mungkin akan merasa lelah dan lapar lagi. Makan pisang juga dapat menimbulkan ancaman bagi orang yang menderita sindrom iritasi usus besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kopi

Bagi banyak orang, minum secangkir kopi tepat setelah bangun tidur terasa seperti hal yang paling alami untuk dilakukan, tetapi sebenarnya itu tidak ada gunanya. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi sebelum makan meningkatkan toleransi kita terhadap kafein. Pada jam pertama setelah bangun tidur, tubuh Anda memproduksi kortisol dan penting untuk tidak mengganggu proses ini dan ritme biologis alami kita.

Jadi tunggu sebentar dan nikmati secangkir kopi Anda. Namun perlu diingat bahwa lebih baik tetap pada asupan kafein harian yang direkomendasikan dan jangan minum kopi menjelang malam, untuk mencegah insomnia.

3. Nasi

Meskipun kami suka menikmati sushi atau makanan India setelah seharian bekerja, itu mungkin bukan pilihan terbaik. Nasi mengandung banyak karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Itu hal yang baik, karena itu membuat kita tetap energik untuk waktu yang lama. Tapi itu membuat nasi yang tinggi kalori berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan jika Anda memakannya di malam hari.

Waktu makan siang adalah waktu terbaik untuk memasukkan nasi ke dalam makanan Anda. Metabolisme Anda bekerja cepat selama jam-jam ini dan akan lebih mudah bagi tubuh Anda untuk mencerna produk ini. Ditambah lagi, Anda memerlukan dorongan energi untuk menjalani hari yang produktif dan karbohidrat kompleks dapat membantu untuk itu.

3 dari 5 halaman

4. Gula

Lebih baik menjauhi gula olahan jika Anda mencoba untuk menjalankan diet sehat, tetapi terkadang tidak mungkin untuk tidak jatuh ke dalam godaan. Kesalahan krusial yang kita buat adalah saat kita makan permen sebagai camilan. Dengan cara ini kadar gula darah Anda naik, menyebabkan gula melonjak, membuat Anda lelah dan gugup.

Jika Anda tidak bisa menahan godaan, manjakan diri Anda dengan makanan penutup setelah makan utama. Dengan cara ini kadar gula darah Anda tidak akan naik secara dramatis.

5. Susu

Beberapa orang sudah terbiasa memulai hari mereka dengan segelas susu sejak kecil, namun kebiasaan ini tidak berhasil dengan baik untuk orang dewasa. Susu sulit dicerna, jadi meminumnya di pagi hari dan menggabungkannya dengan makanan lain bisa menyebabkan mulas. Malam hari adalah waktu terbaik untuk minum segelas susu hangat. Ini membantu menenangkan tubuh dan meningkatkan tidur malam yang nyenyak.

4 dari 5 halaman

6. Daging

Daging adalah sumber protein dan vitamin B yang bagus, tetapi dapat memberi beban berlebihan pada sistem pencernaan. Itu sebabnya lebih baik hindari makan steak tepat sebelum tidur. Ya, sebaiknya hindari makan daging atau apapun setidaknya 3 jam sebelum tidur.

7. Kacang

Kacang adalah sumber lemak dan kalori yang sehat, tetapi mengonsumsinya sebagai camilan malam hari bukanlah pilihan terbaik. Sebenarnya sehat untuk makan sedikit, tetapi jika Anda makan terlalu banyak, kacang bisa memakan waktu lama untuk dicerna yang bisa menyebabkan masalah tidur.

8. Buah jeruk

Menatap hari Anda dengan segelas jus jeruk segar mungkin tampak sehat, tetapi sebenarnya tidak. Buah jeruk sangat asam dan dikonsumsi bersama atau tepat setelah makan utama meningkatkan pembentukan asam yang dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan yang tidak menyenangkan seperti mulas, rasa berat di perut, dan memperlambat penyerapan nutrisi. Tunggu sebentar setelah makan untuk menikmati jus buah Anda.

5 dari 5 halaman

9. Apel

 

Apel tinggi serat dan mengandung asam alami yang meningkatkan fungsi pencernaan dan usus besar. Tetapi jika Anda makan apel di malam hari, asam dari apel dapat menumpuk di perut yang menyebabkan rasa tidak nyaman. 

Makan apel di malam hari juga bisa menyebabkan pembentukan gas berlebihan dan masalah buang air besar. Itu terjadi karena pencernaan melambat di malam hari dan butuh waktu lebih lama untuk mencerna makanan apa pun.

Waktu terbaik untuk makan apel adalah di pagi hari. Dengan cara ini Anda bisa merangsang buang air besar setelah tidur panjang. Ini akan sangat bermanfaat jika Anda makan malam atau makan terlalu banyak makanan tidak sehat.

10. Yogurt

Sebaiknya hindari makan yogurt saat perut kosong atau sebelum makan. Yogurt mengandung asam laktat yang dapat menurunkan keasaman lambung. Ini akan memperlambat pencernaan saat Anda sedang makan utama.

Konsumsi yogurt sekitar 1-2 jam setelah makan utama untuk mendapatkan semua manfaat asam laktat untuk pencernaan Anda. Mengkonsumsi sedikit yogurt sebelum tidur tampaknya merupakan pilihan yang baik karena akan memenuhi tubuh Anda dengan protein yang berkontribusi pada perkembangan otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.