Sukses

4 Tanda Pasangan Anda Tidak Akan Pernah Selingkuh Menurut Terapis

Para terapis berbagi apa saja tanda yang dimiliki oleh orang yang tak akan selingkuh, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Selingkuh adalah salah satu pelanggaran terbesar yang banya dilakukan orang dalam suatu hubungan. Itu menghancurkan kepercayaan, menciptakan kecemasan, dan seringkali tidak pernah bisa dimaafkan. 

Jadi, saat mencari pasangan baru, masuk akal jika banyak orang mencari tanda bahaya yang menandakan pasangan mereka mungkin menipu. Namun, cara yang lebih konstruktif untuk melakukannya mungkin dengan membalikkannya. Alih-alih mencari tanda-tanda seorang penipu, carilah tanda-tanda seseorang tidak akan pernah selingkuh. Di sini, terapis berbagi kesamaan yang mereka perhatikan pada orang yang jarang melakukan perselingkuhan. Dilansir dari Best Life Online, berikut ulasannya. 

1. Mereka santai dengan ponsel mereka

Menurut Steve Carleton, pekerja sosial klinis berlisensi, seseorang yang selingkuh mungkin melindungi perangkat mereka, baik dengan menyembunyikannya atau menggunakan langkah-langkah keamanan seperti kata sandi yang berlebihan, teknologi sidik jari, dan aplikasi terenkripsi. Jika pasangan Anda cenderung tidak selingkuh, mereka mungkin lebih santai.

"Karena mereka tidak punya alasan untuk menyembunyikan apapun, mereka cenderung lebih santai dengan cara mereka menggunakan perangkat mereka dan tidak khawatir seseorang mengakses informasi yang tidak ingin mereka lihat," jelas Carleton. 

"Jika pasangan mereka memiliki pertanyaan atau permintaan terkait penggunaan ponsel mereka, mereka bersedia untuk patuh dan berbagi detail tanpa ragu." Jika mereka tidak memiliki rahasia, maka tidak ada yang perlu dilindungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mereka tidak pernah selingkuh di masa lalu

Jika seseorang tidak pernah selingkuh di masa lalu, kemungkinan kecil mereka akan melakukannya di masa mendatang. "Ini karena perilaku seseorang di masa lalu seringkali merupakan prediktor yang sangat baik untuk perilaku masa depan, terutama dalam pertanyaan tentang integritas dan keyakinan pribadi," kata Marley Howard, terapis perkawinan dan keluarga berlisensi.

Namun, perlu dicatat bahwa Anda tidak akan pernah tahu pasti. "Perilaku dan keadaan orang berubah seiring waktu, dan banyak alasan dapat menyebabkan perselingkuhan." Namun, jika Anda memasuki masa sulit, Anda akan tahu bahwa pasangan Anda tetap setia di masa lalu, yang menunjukkan nilai-nilai mereka secara positif.

3 dari 4 halaman

3. Anda berdua memiliki tingkat keintiman emosional yang tinggi

Hubungan Anda juga berperan. Jika solid, selingkuh mungkin bukan masalah. "Pasangan yang telah membangun hubungan emosional yang kuat lebih cenderung merasa puas dan terpenuhi dalam hubungan tersebut, yang dapat membantu mereka melawan godaan untuk mencari orang lain," kata Carleton.

Hal utama yang harus dicari adalah keintiman emosional. "Tanda-tanda keintiman emosional termasuk mampu mengungkapkan perasaan dan pikiran secara terbuka, mampu berbicara melalui perbedaan pendapat tanpa argumen, dan merasa nyaman dan aman dalam hubungan," kata Carleton. "Memiliki keintiman emosional juga berarti bahwa setiap orang merasa diterima oleh orang lain dan tidak takut dihakimi atau dikritik."

Pasangan ini berbagi kerentanan, kepercayaan, dan pengertian. Jika mereka merasa ada sesuatu yang salah dalam romansa mereka, mereka mengungkitnya dan mengomunikasikannya secara terbuka.

4 dari 4 halaman

4. Mereka memiliki ciri-ciri kepribadian ini

Kepribadian umum pasangan Anda juga dapat memprediksi potensi perselingkuhannya. Michelle Giordano, seorang terapis di Live Another Day, menemukan bahwa dalam pengalamannya, beberapa ciri menandakan orang cenderung tidak melakukan perselingkuhan. 

Ciri-ciri tersebut adalah ketelitian, pengendalian diri, empati, gaya keterikatan yang aman, dan harga diri yang tinggi. Mereka sering berarti orang yang bertanggung jawab, dapat diandalkan, selaras dengan emosi orang lain, nyaman dengan keintiman emosional, percaya, dan mampu menahan godaan.

"Namun, penting untuk dicatat bahwa sifat-sifat ini bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi apakah seseorang selingkuh dan tidak ada cara yang sangat mudah untuk memprediksi perselingkuhan," tambah Giordano. Untuk hasil terbaik, percayalah dengan insting Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.