Sukses

6 Kebiasaan Sehat Ini Sebenarnya Tak Baik untuk Tubuhmu

Dokter menjelaskan beberapa kebiasaan yang dianggap sehat tapi ternyata tak baik untuk tubuh

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin menjalani kehidupan yang panjang dan bahagia, maka merawat kesehatan Anda sebaik mungkin adalah sesuatu yang harus dilakukan. Masalahnya adalah, terkadang sulit untuk mengetahui apa yang baik untuk Anda dan apa yang tidak.

Temuan studi sering kali bertentangan (dan dokter yang berbeda sering memberikan nasihat yang berbeda. Apakah beberapa hal yang Anda masukkan ke dalam rutinitas Anda ternyata tidak sebagus Anda seperti yang Anda pikirkan? Berikut ini beberapa kebiasaan yang dianggap "sehat" pada kenyataannya, tidak begitu sehat. Dilansir dari Bestlife, ini dia.

1. Berolahraga Setiap Hari

Mari kita luruskan satu hal: tidak ada yang mempertanyakan pentingnya olahraga teratur. Menurut Mayo Clinic, menggerakkan tubuh Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda, membantu Anda menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan suasana hati Anda, dan memberi Anda lebih banyak energi.

Dan itu hanya beberapa manfaat yang ditawarkan latihan. Tetapi jika Anda berolahraga keras dan berkeringat setiap hari, para ahli mengatakan penting untuk mengingat diri sendiri.

"Olahraga benar-benar hebat dan sehat untuk tubuh Anda-tetapi benar-benar ada hal yang terlalu banyak hal yang baik," kata dokter keluarga bersertifikat dewan Laura Purdy, MD.

"Cedera berlebihan dan overtraining sangat umum. Hal -hal seperti tendinitis, galur otot, patah tulang stres, dan bahkan hanya kelelahan dapat terjadi ketika kita memaksa tubuh kita terlalu jauh, atau lebih jauh dari yang mereka inginkan. Jadi sangat penting bagi kita untuk berolahraga secukupnya, dan hanya ketika kita telah konsultasi oleh dokter kita dan tahu bahwa kegiatan itu aman bagi kita untuk dilakukan. "

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Tidur di akhir pekan

The Sleep Foundation mengatakan sebagian besar orang dewasa membutuhkan antara tujuh dan sembilan jam tidur setiap malam untuk kesehatan yang optimal. Tetapi jika Anda gagal mencapai jumlah itu, Anda mungkin tidak dapat menebusnya dengan tidur lebih banyak pada hari libur Anda.

Faktanya, sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa wanita yang tidur dua jam atau lebih di akhir pekan untuk "mengejar" tidur lebih mungkin memiliki kesehatan jantung yang buruk daripada mereka yang tidak tidur lebih banyak di akhir pekan.

"Sebenarnya lebih baik dan lebih sehat bagi tubuh kita untuk memiliki jadwal yang konsisten," Purdy menjelaskan.

Penting bagi kita untuk berusaha sebanyak mungkin untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Otak kita, tubuh kita, sistem kita, dan hormon kita berfungsi paling baik ketika kita memberi mereka siklus yang sangat dapat diprediksi dari kanan jumlah waktu bangun dan tidur.

Jika Anda memiliki minggu yang sangat melelahkan, sakit, atau bepergian, mungkin perlu tidur dari waktu ke waktu. Tetapi membuat kebiasaan memiliki jadwal tidur yang tidak teratur sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada baik dalam hal kebersihan tidur dan mendapatkan sisanya yang Anda butuhkan di malam hari. 

 

3 dari 6 halaman

3. Minum secangkir teh herbal sebelum tidur

Minum secangkir teh herbal hangat mungkin tampak seperti tiket untuk mempersiapkan pikiran dan tubuh Anda untuk tidur setiap malam, tetapi minuman yang menenangkan itu mungkin tidak memiliki efek yang Anda harapkan.

Untuk satu hal, Anda perlu memastikan Anda benar-benar minum teh bebas kafein. Ashley Haywood, pendiri dan CEO Perusahaan Teh Artisan Embrew, menunjukkan bahwa hanya karena teh dipasarkan sebagai "herbal," itu tidak berarti itu tidak akan membuat Anda tetap terjaga.

"Ada kesalahan nomer bahwa semua teh herbal bebas kafein," katanya sebaik mungkin. "Tetapi jika teh dipasarkan sebagai herbal, itu berarti itu bukan dari tanaman Camellia sinensis," katanya, mencatat bahwa herbal seperti ginseng, ginko, dan guarana sebenarnya memberi energi. "Yang terbaik adalah menghindari itu jika kamu mencoba tidur nyenyak di malam hari."

 

4 dari 6 halaman

4. Berhenti mengonsumsi semua yang memilki kandungan gula

Setumpuk bukti menunjukkan betapa buruknya gula bagi kami - terutama gula halus yang Anda temukan di banyak makanan olahan, makanan yang dipanggang, dan suguhan lainnya. "Asupan gula halus terkait dengan kondisi seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung," kata Healthline.

Tetapi moderasi adalah kunci dari semua hal, termasuk konsumsi gula. Setelah mengikuti lebih dari 350.000 orang dewasa selama lebih dari 10 tahun, sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Mei 2014 dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa tambahan konsumsi gula tidak terkait dengan peningkatan risiko kematian.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan "membatasi gula tambahan untuk tidak lebih dari 6 persen kalori setiap hari," menambahkan bahwa, untuk sebagian besar wanita, "itu tidak lebih dari 100 kalori per hari, atau sekitar 6 sendok teh gula. Untuk pria, 150 kalori per hari, atau sekitar 9 sendok teh. "

Catatan yang menarik: AHA tidak membedakan antara jenis gula, jadi sementara Anda mungkin berpikir bahwa apa yang disebut gula "alami" lebih baik, itu mungkin tidak terlalu penting. "Tubuh Anda tidak tahu apakah [gula dalam makanan Anda] berasal dari gula batu, madu, atau nektar agave. Tubuh hanya melihat molekul gula monosakarida," kata Amy Goodson, MS, RD, kepada Healthline.

 

5 dari 6 halaman

5. Bersantai dengan segelas anggur merah

Cara populer lain untuk bersantai — minum segelas anggur merah — mungkin bukan minuman yang menyehatkan jantung seperti yang Anda harapkan (dan penelitian sebelumnya telah menggembar-gemborkannya). Sebuah studi pada November 2022 yang diterbitkan di JAMA Network Open menemukan bahwa meminum alkohol dalam jumlah berapa pun berbahaya bagi kesehatan Anda.

"Alkohol berbahaya bagi kesehatan mulai dari tingkat yang sangat rendah," kata Tim Naimi, MD, MPH kepada The New York Times. "Risiko mulai naik jauh di bawah tingkat di mana orang akan berpikir, 'Oh, orang itu memiliki masalah alkohol.'"

Marissa Esser, PhD, penulis utama studi tersebut, mengatakan kepada bahwa bahkan jika Anda mengikuti pedoman federal untuk konsumsi alkohol yang aman, "ada risiko bahkan dalam level ini, terutama untuk jenis kanker tertentu dan beberapa bentuk penyakit kardiovaskular. "

 

6 dari 6 halaman

6. Minum kombucha

Meskipun tidak perlu menghilangkan semua gula, tetap merupakan ide bagus untuk menjaga konsumsi Anda — tetapi terkadang itu lebih sulit dari yang Anda pikirkan. Banyak orang menenggak kombucha akhir-akhir ini dalam upaya meningkatkan kesehatan usus mereka. Tetapi minuman bersoda ini mungkin menambahkan kalori yang tidak perlu ke dalam diet harian Anda.

'Minuman yang dimaniskan dengan gula (SSB) atau minuman manis adalah sumber utama gula tambahan dalam makanan Amerika,' Centers for Disease Control (CDC) memperingatkan — dan itu termasuk kombucha yang dibeli di toko, yang mengandung rata-rata 20-24 gram gula per botol.

"Sering minum minuman manis dikaitkan dengan penambahan berat badan, obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit hati non-alkohol, kerusakan gigi dan gigi berlubang, dan asam urat, sejenis radang sendi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.