Sukses

Sering Diabaikan, Ini 7 Tanda Anda Terjebak dalam Persahabatan yang Toxic

Berikut ini deretan tanda jika sebenarnya hubungan persahabatan Anda beracun.

Liputan6.com, Jakarta - Persahabatan membuat hidup kita lebih hidup dan juga berwarna. Tapi sesekali, persahabatan membutuhkan lebih dari yang mereka berikan.

Meskipun pasang surut adalah hal yang biasa dalam hubungan pertemanan, penting untuk dapat membedakan kapan persahabatan atau hubungan apapun, dalam hal ini berubah menjadi beracun atau toxic.

Anda mungkin pernah melihat contoh pertemanan toxic di film atau acara TV misalnya, Anna Delvey dan teman-temannya di "Inventing Anna." Meskipun mudah untuk mengidentifikasi dan mengkritik persahabatan beracun di layar TV, sulit untuk mengidentifikasi tanda-tanda persahabatan yang toxic dalam hidupmu sendiri terutama dalam persahabatan yang berarti bagimu.

Karina Aybar-Jacobs, seorang terapis dan pelatih berlisensi, mengatakan ada baiknya untuk mempertimbangkan apakah Anda merasa terkuras, bersalah, atau tidak mampu menjalani suatu hubungan pertemanan. 

Ketika Anda memiliki hubungan yang mendalam dengan seseorang, mungkin sulit untuk mengesampingkan sejarah Anda dan melihat persahabatan Anda apa adanya. Dilansir dari Today, Selasa (31/1/2023), berikut ini deretan tanda jika sebenarnya hubungan persahabatan Anda beracun.

1. Mereka tidak menghormati batasanmu

Mengomunikasikan batasan kepada siapa pun bisa sangat menantang tetapi akan lebih sulit lagi jika dengan seorang teman yang terus-menerus mengabaikannya, jelas Aybar-Jacobs. 

"Bahkan jika Anda telah memberi tahu mereka bahwa Anda memiliki komitmen sebelumnya atau tidak dapat hadir, mereka akan tetap meminta ketersediaanmu dan membuat Anda merasa bersalah karena tidak hadir untuk mereka pada waktu yang mereka inginkan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mereka selalu membutuhkan sesuatu darimu

Aybar-Jacobs mengatakan bahwa teman yang beracun akan selalu membutuhkanmu, tetapi mungkin tidak membalas. "Mereka akan meminta bantuan atau memintamu untuk berada di sana, dan Anda seolah akan bersalah jika Anda tidak bersedia," katanya.

Mereka mungkin juga menyimpan hal-hal yang mereka lakukan untuk Anda dan menggunakannya untuk melawanmu, sehingga mereka dapat mengatakan hal-hal seperti "Saya melakukan ini untuk Anda, mengapa Anda tidak melakukan ini untuk saya?" Aybar-Jacobs menjelaskan.

3. Mereka tidak bertanggung jawab

Aybar-Jacobs menekankan bahwa salah satu tanda persahabatan yang beracun biasanya seorang teman yang tidak bertanggung jawab atas cara mereka memperlakukanmu akan meminta maaf dengan cara yang tidak mengakui bahwa perilaku mereka menyakitimu. 

Misalnya, mereka mungkin membuatkan Anda kopi atau membelikanmu sesuatu alih-alih meminta maaf atas perilaku mereka dan bersumpah untuk mengubahnya.

3 dari 4 halaman

4. Mereka mungkin mempersenjatai perjuangan mereka

Setiap orang mengalami kesulitan dalam berbagai bentuk dalam kehidupan sehari-hari. Namun, seorang teman yang toxic mungkin melangkahi dengan memintamu berada di sana untuk mereka saat mengalami sesuatu yang sulit dan kemudian mungkin mulai mempersenjatai perjuangan mereka sebagai sarana untuk memanipulasi Anda agar melakukan sesuatu untuk mereka atau menghabiskan waktu bersama mereka.

"Begitu Anda mengenali pola mereka mempersenjatai keadaan emosional atau mental mereka untuk membuatmu merasa bersalah, Anda dapat mencoba memberikan contoh konkret kepada mereka tentang bagaimana Anda dapat membantu, dan kemudian menetapkan batasan Anda sendiri," katanya.

5. Mereka membuat Anda merasa bersalah karena menghabiskan waktu bersama orang lain

Aybar-Jacobs mengatakan bahwa teman yang toxic kemungkinan besar akan cemburu dan posesif jika Anda bergaul dengan teman lain.

Mereka mungkin memberi tahu Anda bahwa mereka merasa Anda tidak pernah ada untuk mereka jika Anda bergaul dengan teman-teman lain meskipun Anda tahu bahwa Anda telah muncul untuk orang itu, sehingga mengabaikan upaya apapun yang telah Anda lakukan.

4 dari 4 halaman

6. Mereka mengabaikan nilai-nilai Anda

Tekanan teman sebaya bukan hanya masalah yang memengaruhi orang yang lebih muda terkadang orang dewasa, terutama teman-teman yang beracun, akan menekan Anda untuk mengatakan atau melakukan sesuatu yang tidak Anda inginkan karena hal itu dapat menguntungkan mereka.

"Katakanlah mereka mencoba menekan Anda untuk melakukan sesuatu yang keluar dari karakter seperti berkencan dengan seseorang yang biasanya tidak Anda kencani, atau terbuka tentang sesuatu yang Anda rasa tidak siap. Teman yang toxic akan menemukan cara untuk meminimalkan nilai-nilai itu," kata Aybar-Jacobs.

7. Mereka mengabaikan usahamu untuk menjadi teman yang baik 

Seringkali dalam pertemanan yang toxic, orang yang beracun mungkin mengabaikan bantuanmu saat Anda mencoba memberikannya kepada mereka tetapi tetap akan membuatmu merasa berkewajiban untuk memberi mereka bantuan atau memegang tangan mereka.

Dalam hal ini, Aybar-Jacobs merekomendasikan untuk merujuk mereka ke orang lain untuk meminta bantuan. "Mungkin akan tepat untuk merujuk mereka ke ahli kesehatan mental atau minta mereka meminta teman lain untuk membantu," tambah Aybar-Jacobs.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.