Sukses

7 Manfaat Buah Nanas untuk Wanita, Jaga Kesehatan Kulit hingga Cegah Kanker Payudara

Liputan6.com, Jakarta - Buah nanas merupakan buah yang disukai banyak orang karena perpaduan rasa asam manis menyegarkan. Selain itu, buah yang memiliki nama latin Ananas Comosus ini juga mengandung banyak sekali vitamin dan mineral.

Dilansir dari laman Web MD, Selasa (24/1/2023), selain vitamin C dan mangan, buah nanas mengandung vitamin B6, tembaga, thiamin, folat, potasium, magnesium, niasin, riboflavin, dan zat besi.

Mengutip Data Komposisi Pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan, 100 gram buah nanas segar mengandung sekitar 88,9 gram air di dalamnya. Karena itu, mengonsumsi buah nanas dapat menjadi sumber serat harian dan melancarkan pencernaan.

Khusus untuk para kaum wanita, nanas memiliki segudang manfaat yang sangat menguntungkan. Tentu teramat sayang bila Anda melewatkan kandungan gizi dalam buah ini.

Berikut ini beberapa manfaat buah nanas untuk wanita:

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Nanas memiliki kandungan mangan yang tinggi sehingga dapat membantu memperkuat tulang. Bagi Anda yang aktif berolahraga, kandungan sehat pada nanas dapat melumasi sendi-sendi, sehingga tidak mudah rusak karena aktivitas fisik.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi buah nanas yang tinggi vitamin C bermanfaat untuk menjaga kepadatan massa tulang dan menurunkan risiko osteoporosis pada wanita.

Mengonsumsi satu potong sedang nanas segar (100 gram) akan membantu memenuhi 29% kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh wanita dewasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah nanas bersifat sebagai antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit wanita.

Vitamin C ini membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit. Radikal bebas sendiri umumnya terbentuk saat kulit terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Selain itu, zat gizi dalam nanas juga membantu mencerahkan kulit wajahmu. Vitamin C bisa menghambat kerja melanosit, yakni sel yang memproduksi pigmen warna kulit, mengurangi noda dan bintik hitam pada wajah.

3. Mengurangi Kerontokan Rambut

Nanas memiliki vitamin B1 dan B6 yang membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut. Kandungan vitamin C pada nanas juga berkontribusi pada penampilan rambut yang lebih bersih dan berkilau.

Makan nanas setiap hari dapat membantu memperkuat folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

3 dari 4 halaman

4. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Manfaat buah nanas untuk kanker payudara berasal dari kandungan enzim bromelain. Enzim ini membantu meningkatkan kinerja obat sisplatin untuk membunuh sel tumor payudara.

Sebuah studi dalam jurnal Nutrition & Metabolism (2019) menemukan bahwa pemberian cuka nanas pada tikus membantu mengurangi perkembangan tumor payudara.

Namun, efek ini belum diuji pada manusia. Terlebih, konsentrasi enzim bromelain dalam buah nanas kemungkinan terlalu kecil untuk memberikan manfaat yang signifikan.

5. Meningkatkan Kesuburan

Nanas mampu meningkatkan kesuburan karena mengandung bromelain sebagai agen antiinflamasi dan antikoagulasi (pengencer darah) yang dapat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh.

Dengan meningkatkan aliran darah ke rahim, ini dapat meningkatkan implantasi (proses menempelnya embrio di dinding rahim).

4 dari 4 halaman

6. Memperkuat Otot

Nanas adalah sumber valin dan leusin yang baik, di mana keduanya merupakan asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot. Wanita membutuhkan energi untuk menjaga kesehatan ototnya. Satu gelas jus nanas setiap hari akan membantu mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina.

7. Tingkatkan Stamina Seksual

Mengonsumsi nanas pada wanita bisa meningkatkan hasrat seksual. Bagi wanita yang susah mengalami orgasme dan rendah libido, makan buah nanas dapat mengelola hasrat seks, serta meningkatkan lubrikasi dan aroma pelumas.

Nanas merupakan buah yang baik dikonsumsi untuk vitalitas dan ketahanan seksual. Buah ini mengandung tiamin dan vitamin C dalam jumlah tinggi. Kedua vitamin ini dapat merangsang sistem kerja hormon kebahagiaan dan meningkatkan energi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS