Sukses

Tak Hanya untuk Kutek, Ini 5 Kegunaan Penghapus Cat Kuku untuk Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini deretan manfaat penghapus kutek atau aseton selain untuk membersihkan cat kuku.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kalian khususnya para wanita yang gemar melakukan nail art tentu tak asing dengan cairan penghapus cat kuku atau kutek. Kita semua tahu produk kecantikan tangan yang menyengat ini tidak berbau harum. 

Tetapi rupanya bahan kimia yang memberikan aroma tidak sedap khasnya itulah yang membuatnya memiliki kemampuan hebat dalam membersihkan berbagai kotoran, lecet, dan noda dari banyak permukaan di rumah Anda. Bahan kimia tersebut kerap kita kenal dengan sebutan aseton.

Cairan tidak berwarna dan mudah terbakar ini adalah pelarut yang melarutkan zat seperti cat, pernis, atau minyak. Jika Anda mengenakan sarung tangan ketika menggunakannya, membuka jendela untuk ventilasi yang baik, dan tidak pernah menggunakannya di dekat api atau panas, cairan serbaguna dan murah ini dapat digunakan dengan aman untuk lebih dari sekedar menikur dan pedikur. Dilansir dari Lifehacker, Senin (16/1/2023), berikut ini deretan manfaat penghapus kutek atau aseton selain untuk membersihkan cat kuku. 

Hapus Lecet di Lantai

Saat lantai Anda mulai terlihat seperti terkena goresan dari semua lalu lintas pejalan kaki (atau ternoda dengan bercak cat, krayon, bekas roda kursi, dll), basahi tisu kertas atau lap dengan penghapus cat kuku dan gunakan untuk mengangkat kotoran dan bekas sepatu pada lantai ubin, vinil, dan laminasi. Jangan gunakan pada kayu, karena dapat merusak lapisan pelindung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Hapus spidol permanen

Pernahkah Anda menulis di papan tulis dengan spidol permanen? Rupanya aseton bisa membantu Anda membersihkannya. Saat diaplikasikan dengan bola kapas, itu dengan mudah bisa mengangkat spidol dan membuat papan dapat digunakan kembali. Teknik ini juga berfungsi untuk noda spidol permanen di tangan dan dinding.

3 dari 6 halaman

Atasi rekatan lem super

Jika Anda mengalami momen yang menakutkan ketika jari-jari Anda saling menempel akibat lem super tanpa ada tanda-tanda pemisahan, jangan panik. Anda bisa ambil penghapus cat kuku dan mengoleskannya pada jari yang terkena lem super. Trik ini juga berfungsi saat tutup Lem Super menempel dengan keras ke botol dan tidak mau terbuka.

4 dari 6 halaman

Membersihkan jam tangan Anda

Jika jam tangan Anda memiliki permukaan plastik yang telah mendapatkan banyak goresan kecil itu tentu membuatnya terlihat buruk untuk dipakai. Namun penghapus kutek bisa untuk menyelamatkannya. 

Celupkan bola kapas ke dalam aseton dan oleskan ke jam Anda. Kuncinya di sini adalah menerapkan secukupnya untuk menghaluskan permukaan, tetapi jangan terlalu banyak. 

5 dari 6 halaman

Buat sepatu kulit jadi lebih bersinar

Ketika lecet atau noda pada sepatu kulit tidak dapat dihilangkan hanya dengan sabun dan air, sedikit penghapus cat kuku adalah kunci pemulihan cepat. Kain lap yang dicelupkan ke dalam penghapus cat kuku dan dioleskan dengan gerakan melingkar yang lembut dapat menggosok noda dan bekas lecet dengan mudah. 

Bersihkan residu dengan kain lembap atau pembersih kulit, diikuti dengan pengkondisian kulit untuk mengembalikan minyak alami. Jangan gunakan terlalu banyak atau gunakan terlalu sering, karena dapat merusak lapisan dan menumpulkan permukaan jika digunakan secara berlebihan.

6 dari 6 halaman

Mengangkat permen karet dari pakaian

Simpan penghapus cat kuku di gudang senjata Anda saat berurusan dengan permen karet yang menempel di pakaian atau di bagian bawah sepatu Anda. Bahan kimia dalam penghapus cat kuku akan memecah permen karet, membuatnya lebih mudah untuk digosok dengan sikat gigi atau diangkat dengan pisau tumpul. Pertama semprot atau rendam pakaian dengan penghapus berbasis aseton, diamkan, dan gosok perlahan dengan spons atau sikat gigi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.