Sukses

10 Fakta Friday the 13th yang Kerap Dianggap Menakutkan Hingga Pembawa Kesialan

Berikut deretan fakta tentang Friday the 13th yang kerap dianggap menakutkan hingga pembawa kesialan.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini adalah hari Jumat tanggal 13 atau yang kerap disebut dengan Friday the 13th. Friday the 13th kerap dianggap sebagai hari yang menakutkan atau bahkan kerap dianggap sebagai hari yang sial. 

Dilansir dari Independent, sebagai bagian dari Science Foundation Ireland Science Week, Dr Richard J. Smith dari UCD School of Mathematics and Statistics telah menyusun daftar fakta tentang Friday the 13th. Berikut ulasannya:

1. Kalender

Menurut kalender Gregorian, hari ke-13 dalam sebulan lebih cenderung menjadi hari Jumat daripada hari lainnya. Jum'at tanggal 13 tahun 2015 terjadi tiga kali yaitu Februari, Maret dan November. Kali berikutnya ini akan terjadi adalah pada tahun 2026.

2. Menakutkan 

Tahukah Anda bahwa Paraskevidekatriaphobia adalah sebutan bagi mereka yang memiliki ketakutan akan hari Jumat tanggal 13.

3. Pembawa pertanda buruk

Dalam beberapa budaya, angka 13 dianggap sebagai angka yang agak menyeramkan, pembawa pertanda buruk, bahkan pembawa kesialan jika dibandingkan dengan tetangganya yang banyak dipuji yaitu angka 12.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Dianggap sial bagi sebagian orang

Hal-hal buruk yang pernah terjadi pada Friday the 13th yaitu pada hari Jumat, 13 Oktober 1307. Raja Prancis Philip IV memerintahkan penangkapan, penyiksaan dan pembakaran selanjutnya di tiang pancang, ratusan ordo militer Knights Templar. Beberapa penulis modern, seperti Dan Brown dalam novelnya The Da Vinci Code, telah salah mengasosiasikan takhayul dengan kisah mengerikan ini.

5. Fakta angka 13

Angka 13 adalah bilangan prima, yaitu bilangan yang lebih besar dari satu yang hanya dapat dibagi oleh dirinya sendiri dan satu. Misalnya, enam bukan bilangan prima, karena dapat dibagi dua dan tiga, serta enam dan satu. 

Bilangan prima telah memesona para matematikawan selama ribuan tahun karena merupakan blok pembangun dari semua bilangan, dan saat ini bilangan tersebut digunakan secara global setiap detik setiap harinya. Setiap kali transaksi kartu kredit dilakukan secara online, bilangan prima digunakan oleh komputer untuk menjaga agar detail tersebut aman.

3 dari 4 halaman

6. Takhayul

Sementara itu asal usul takhayul Friday the 13th tampaknya jauh lebih biasa dan mungkin hanya kombinasi dari dua hal yang secara tradisional dikaitkan dengan nasib buruk, yaitu Jumat dan angka 13.

7. Memperkenalkan Fibonacci

Angka 13 juga merupakan anggota deret Fibonacci yang terkenal, yang diperkenalkan pada abad ke-13. Barisan ini dimulai dengan nol dan satu, dan bilangan berikutnya dalam barisan selalu merupakan jumlah dari dua yang mendahuluinya, jadi kita mendapatkan 0+1=1,1+1=2, 1+2=3, 2+3= 5, 3+5=8 dan seterusnya. 

8. Triskaidekaphobia

Pernahkah kalian mendengar istilah Triskaidekaphobia? Triskaidekaphobia adalah sebutan bagi mereka yang memiliki ketakutan akan angka 13.

4 dari 4 halaman

9. Lantai 13

Lantaran sering dianggap membawa sial, banyak hotel dan rumah sakit yang sering melewati lantai 13, bahkan bandara terkadang dengan diam-diam menghilangkan gerbang 13.

10. Membawa keberuntungan bagi sebagian orang

Namun di negara-negara tertentu, seperti Belgia, beberapa karyawan mendapatkan cek gaji "bulan ke-13", jadi sebenarnya angka 13 bisa menjadi angka keberuntungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.