Sukses

Manusia atau Anjing? Apa yang Dilihat Pertama Kali Ungkap Kepribadian Anda yang Sebenarnya

Apa yang Anda lihat pertama kali dalam gambar ini dapat memberi tahu banyak tentang kepribadian Anda secara umum.

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki dan ilusi optik selalu mengejutkan kita, ini bahkan sering kali menimbulkan kegaduhan di platform media sosial. Ada banyak foto yang diambil dengan waktu yang tepat dari sudut yang unik bisa mengejutkan orang-orang tentang bagaimana mereka melihat apa yang tidak ada dan apa yang sebenarnya ada.  

Contohnya saja seperti pada foto yang satu ini. Dalam gambar hutan yang tertutup salju ini banyak orang melihat seorang pria berpakaian hitam, berjalan dengan menggunakan ransel atau sweater berbulu. Di sisi lain, beberapa orang tidak melihat manusia, melainkan seekor anjing menggemaskan berjalan menuju kamera. 

Gambar itu telah menuai beragam komentar warganet di media sosial, beberapa mengklaim dengan sangat yakin bahwa itu adalah seorang pria, sementara yang lain berpendapat itu adalah gambar anjing yang lucu. 

“Itu adalah gambar seorang pria berjaket dan bertopi yang berlari ke hutan. Saya tahu dari gaya berjalannya bahwa itu adalah seorang pria,” tulis seorang warganet dilansir dari Times of India, Senin (9/1/2023).

Sementara itu, seorang pengguna yang langsung melihat anjing itu, menulis, “Mengapa saya tidak bisa melihat pria itu? Saya hanya melihat anjingnya.” Seorang pengguna media sosial dengan perspektif yang berbeda menulis, "Saya harus menatapnya sebelum saya bisa melihatnya."

Lantas sebenarnya gambar apakah itu? Ini adalah gambar pudel hitam yang berlari ke arah kamera. Bagi yang melihat pria, ekor berbulu anjing tersebut tampak seperti bagian belakang kepala pria. Dan wajah anjing itu disalahartikan sebagai tas di punggungnya atau bagian dari pakaian musim dinginnya yang berbulu tebal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang dilihat pertama kali bisa ungkap kepribadianmu

Ratusan warganet mendapati diri mereka terperangkap dalam ilusi, karena pengambilan awal mereka tidak persis seperti yang sebenarnya. Hanya setelah mengetahui bahwa itu adalah seekor anjing, barulah perspektif mereka beralih untuk dapat menguraikannya.

Lee Chambers, seorang Psikolog Lingkungan dan Konsultan Kesejahteraan, mengatakan kepada The Sun, bahwa apa yang Anda lihat pertama kali dapat memberi tahu banyak tentang kepribadianmu secara umum, dan suasana hati Anda saat melihat ilusi optik, khususnya.

"Di mana mata Anda pertama kali fokus pada gambar tentu berperan dalam persepsi gambar Anda, tetapi kondisi psikologis Anda saat ini juga dapat berperan apakah Anda melihat anjing mendekat atau manusia melarikan diri," katanya.

3 dari 4 halaman

Jika Anda melihat pria itu terlebih dahulu

Anda lebih mungkin melihat pria itu melarikan diri jika Anda sedang cemas. Pikiran Anda lebih cenderung melihat ilusi optik ini dari sudut pandang yang mengancam.

Adapun kepribadianmu, jika Anda sulit memercayai orang lain dengan mudah, Anda akan melihat pria itu melarikan diri. Ini juga akan lebih mungkin terjadi jika Anda lebih pesimis.

4 dari 4 halaman

Jika Anda melihat anjing itu terlebih dahulu

Anda lebih mungkin mendapatkan jawaban yang benar dan mengenali anjing tersebut, jika Anda dalam keadaan pikiran yang tenang dan/atau percaya diri. Kejernihan mentalmu memungkinkan Anda untuk dengan mudah menguraikan ciri-ciri wajah anjing yang bergerak ke arah Anda.

Berbicara tentang kepribadian Anda, individu optimis yang lebih terbuka dan menyambut kejutan dan pengalaman baru, lebih cenderung melihat anjing datang ke kamera. Analisis kepribadian individu dalam laporan ini didasarkan pada pendapat para ahli dan laporan lain yang tersedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.