Sukses

4 Kebiasaan Minum yang Bantu Kamu Tidur Lebih Nyenyak

Simak kebiasaan minum ini yang dapat meningkatkan kualitas tidur kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Susah tidur menjadi salah satu masalah yang serius bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, durasi tidur yang kurang bisa menyebabkan serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, hingga sulit fokus.

Masalah ini bisa saja diatasi dengan beberapa cara, seperti menggunakan minyak esensial atau rutin berolahraga. Namun, ada cara lain yang mungkin belum kamu sadari bisa membuat kamu tidur dengan nyenyak, yaitu dengan menerapkan kebiasaan minum minuman tertentu.

Menyesuaikan kebiasaan minum dan memperhatikan apa yang kamu minum di siang hari atau sebelum tidur ini dapat membantu kamu tertidur dan tetap tertidur.

Melansir dari Eat This Not That, Jumat (30/12/2022), berikut beberapa kebiasaan minum yang bantu tidur lebih nyenyak.

1. Kurangi Kafein di Sore Hari

Jika kamu seorang penikmat kopi atau membutuhkan perbaikan kafein harianmu. Kamu bisa menikmati secangkir kopi atau minuman berkafein lainnya di pagi hari. Menurut seorang penulis buku Finally Full, Finally Slim dan The Portion Teller Planuntuk, Lisa Young hal ini mampu meningkatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak. 

"Pagi hari terdengar sedikit lebih awal, tetapi untuk kualitas tidur terbaik, yang terbaik adalah bebas kafein di sore dan malam hari," ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa terlalu banyak minum kopi menyebabkan orang-orang sering tebangun di malam hari untuk buang air kecil, sehingga hal tersebut sangat mengganggu untuk tidur lebih nyenyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jangan Minum Air Putih Sebelum Tidur

Pernahkah kamu terbangun di tengah malam untuk ke kamar mandi? Hal ini pasti sangat mengganggu, terutama ketika kamu mencoba untuk tidur nyenyak.

Itulah mengapa Young merekomendasikan minum air, hanya sampai waktu tertentu. 

"Minum air sangat penting, tetapi jika kamu minum larut malam tepat sebelum tidur, kamu mungkin akan terbangun karena harus pergi ke kamar mandi," tuturnya.

"Hal ini dapat mengganggu kualitas tidur," sambungnya.

Untuk solusi terbaik, Young menyarankan untuk membatasi minuman, termasuk air putih, satu jam sebelum tidur. 

 

3 dari 3 halaman

3. Minum Teh Chamomile

Jika kamu membutuhkan sesuatu untuk membuat kamu rileks, secangkir teh panas yang enak bisa membuat kualitas tidurmu lebih baik. Khususnya, teh chamomile.

"Teh ini sangat menenangkan dan dapat mempersiapkan kamu untuk tidur serta membantumu menjadi tenang dan mudah tidur," ucap Young.

4. Minum Jus Ceri

Jika kamu sedang ingin sesuatu yang sedikit lebih manis, menyeruput jus ceri akan membuatmu merasa puas dan berpotensi membantumu tidur lebih nyenyak.

"Jus ceri tart mengandung melatonin, yang dapat membantu mengatur ritme sirkadian kamu dan membuat kamu siap untuk tidur," ujar Young.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.