Sukses

Tak Selalu Buruk, Berikut 5 Manfaat Menonton TV bagi Anak-Anak

Rupanya tidak selalu buruk loh, berikut alasan mengapa memberi anak akses tv juga perlu.

Liputan6.com, Jakarta Masih banyak sebagian orangtua menerapkan larangan menonton TV pada anak mereka. Bahkan, anak-anak tidak boleh menonton TV secara khusus sampai mereka berusia maksimal yang ditentukan orangtua mereka. 

Namun, perlu diketahui bahwa menonton TV tidak selalu tentang akibat dan hal buruk. Sehingga, khususnya sebagai orangtua untuk mari belajar bersikap praktis, sebab teknologi tidak seburuk itu. Melansir laman Timesofindia, Sabtu (24/12/22) berikut alasan mengapa kamu harus membiarkan anak menonton televisi. Di antaranya:

1. Informatif

Diketahui bahwa banyak orangtua tidak membiarkan anaknya mengakses TV karena banyak berisi hal dan tontonan buruk, namun sebetulnya, di sisi lain masih banyak juga hal-hal yang mendidik. Dan, yang perlu dilakukan hanyalah, memilih acara yang mereka tonton.

Sebab, ada banyak hal pendidikan yang tersedia dengan melalui saluran tersebut, mencakup sains, geografi, sejarah, perjalanan, satwa liar, olahraga, kesehatan, nutrisi, dan pertanian.

Tentunya, ini akan membuat anak mendapat lebih banyak informasi ketika mereka menonton, misalnya film dokumenter tentang satwa liar, dibandingkan dengan mempelajari informasi yang sama dalam buku tertulis.

2. Penggunaan Teknologi

Diketahui dalam beberapa hal, TV akan memengaruhi masa depan mereka. Hal ini akan menguntungkan mereka jika mereka terbiasa dengan cara kerja komputer, iPad, dan teknologi lainnya.

Adapun, dengan membiarkan mereka menonton TV akan memasukkan teknologi ke dalam aktivitas mereka. Seolah, mereka akan selaras dengan fungsi remote, USB, dan kabel penghubung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Pengantar Dunia Informasi

Perlu diketahui bahwa anak-anak juga perlu mengikuti perkembangan peristiwa terkini di era masifnya pengetahuan ini. Ada beberapa stasiun berita, iklan, dan dokumenter yang menyajikan banyak informasi untuk anak-anak.

Sebab, pengetahuan semacam itu akan membuat anak-anak tetap mendapat informasi tentang apa yang terjadi di sekitar mereka dan menghubungkan mereka ke seluruh dunia.

3 dari 4 halaman

4. Mengembangkan Daya Tanggap Sosial dan Budaya

Adapun, dengan menonton TV juga anak-anak akan menjadi lebih sadar akan budaya tempat mereka tinggal, serta standar dan norma umum, melalui menonton berbagai acara televisi.

Sehingga, secara tidak langsung anak-anak dapat belajar dari televisi tentang banyak budaya dan adat istiadat. Selain itu, memastikan bahwa anak-anak menyadari tanggung jawab mereka dan memiliki kesadaran. 

4 dari 4 halaman

5. Memperkuat Ikatan Keluarga

Diketahui nonton TV juga dapat mempererat hubungan keluarga, semisal, saat kamu menonton  film-film pada hari Minggu sore dengan seluruh keluarga berkumpul bersama.

Dengan itu kamu bisa memberikan rasa kebersamaan dan kasih sayang kepada anak-anak dengan cara yang sama, yakni bersantai di penghujung hari dengan menonton TV bersama.

Hal ini juga diyakini menjadi salah satu ide terbaik, pasalnya menonton TV adalah salah satu aktivitas yang dapat dilakukan seluruh keluarga bersama untuk meningkatkan hubungan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.