Sukses

Bisa Bikin Lebih Bahagia, Ini 5 Cara Alami Meningkatkan Hormon Serotonin

Hormon serotonin ini memainkan peran kunci dalam segala hal mulai dari tidur dan pencernaan hingga perasaan bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia dipenuhi dengan hormon penting dalam tubuhnya. Salah satunya adalah serotonin. Melansir dari Realsimple, pada Sabtu (24/12/2022), serotonin adalah hormon "kebahagiaan" atau neurotransmitter, yang memainkan peran penting dalam kesejahteraan mental dan emosional Anda, termasuk memfasilitasi perasaan positif, menstabilkan suasana hati Anda, dan meningkatkan kebahagiaan.

Tetapi hormon alami ini tidak hanya terlibat dalam memengaruhi perasaan dan pola pikir Anda, tetapi juga membantu mengatur tidur, pencernaan, kepadatan tulang, nafsu makan, dan bahkan memori.

Karena serotonin memiliki dampak yang sangat besar pada tubuh dan kesehatan secara keseluruhan, tidak mengherankan jika banyak orang mencari strategi untuk meningkatkan serotonin yang mudah dan bebas resep. Selain bermanfaat untuk meningkatkan mood, serotonin adalah peran penting dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

“Serotonin berperan dalam mengatur suasana hati, tidur, dan pencernaan kita, sehingga menjaga tingkat neurotransmitter yang sehat dapat membantu kita merasa lebih baik secara emosional dan fisik,” jelas David Seitz, direktur medis di Ascendant Detox.

Ia juga menambahkan bahwa hormon serotonin telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif, seperti pembelajaran, memori, dan konsentrasi. Namun, dampak serotonin tidak berakhir di situ. Bahkan berkontribusi untuk menyembuhkan luka, mengendalikan mual dan buang air besar yang sehat.

Walaupun begitu, adapun tanda-tanda serotonin rendah yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. "Tingkat serotonin yang rendah dapat memiliki berbagai konsekuensi, termasuk depresi, kecemasan, gangguan tidur, perubahan nafsu makan, dan lekas marah," kata Dr. Seitz.

Meskipun tidak ada satu alasan mengapa kadar serotonin bisa turun, sejumlah faktor dapat berkontribusi, termasuk pola makan yang kurang teratur, kurang olahraga, kecenderungan genetik, hingga efek samping pengobatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Serotonin dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada sejumlah langkah mudah dan perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan serotonin secara alami. Namun, jika Anda menduga kadar serotonin Anda turun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menyingkirkan kondisi yang mendasarinya, seperti penyakit tiroid, sebelum melakukan penanganan apapun.

1. Berolahraga secara teratur

Berolahraga adalah salah satu cara terbaik dan paling efektif untuk meningkatkan kadar serotonin Anda, karena diyakini bahwa aktivitas fisik memicu pelepasan serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Studi menunjukkan bahwa serotonin yang dilepaskan oleh aktivitas fisik sebenarnya juga dapat mengontrol kelelahan, jadi bisa dikatakan bahwa kombinasi antara berolahraga dan pelepasan serotonin yang mengikutinya sebenarnya dapat menghilangkan rasa lelah, membantu Anda merasa lebih baik, dan lebih aktif secara keseluruhan.

3 dari 4 halaman

2. Konsumsi Makanan yang Kaya Triptofan

Triptofan adalah salah satu asam amino yang ditemukan pada makanan mengandung protein dan dibutuhan untuk menjalankan berbagai fungsi dalam tubuh. 

Ayam kalkun adalah salah satu dari beberapa makanan tinggi triptofan, yang mana membantu meningkatkan kadar serotonin dengan menciptakan neurotransmitter.

Dr. Seitz menjelaskan bahwa makanan lain yang tinggi triptofan termasuk gandum, pisang, kacang-kacangan, telur, salmon, dan tahu, yang juga merupakan makanan diet sehat secara keseluruhan.

3. Nikmati diet sehat dan seimbang

Karena mengonsumsi lebih banyak triptofan saja tidak cukup, Dr. Seitz mengatakan bahwa mengonsumsi makanan seimbang (termasuk makanan tinggi triptofan) penting juga untuk mengatur kadar serotonin Anda.

“Makan banyak buah dan sayuran segar serta protein tanpa lemak dapat memastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkannya,” katanya.

4 dari 4 halaman

4. Tidur dengan Waktu yang Cukup

Bukan rahasia umum lagi bahwa kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan, yang mana mempengaruhi segalanya termasuk kesehatan jantung, kesehatan mental, ingatan, bahkan metabolisme. Kurang tidur sebenarnya dapat menguras kadar serotonin Anda, dan ketika kadar serotonin dinaikkan kembali, Anda tidur lebih nyenyak.

“Kurang tidur dapat menyebabkan kadar serotonin rendah, sebaliknya, jika Anda memiliki waktu tidur yang cukup maka kadar serotonin tinggi, jadi penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup,” Dr. Seitz menjelaskan.

Meskipun kebutuhan tidur berbeda untuk setiap individu, rekomendasi waktu tidur yang umum untuk orang dewasa adalah tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam.

5. Pertahankan kehidupan sosial yang aktif

Berbagi waktu yang berkualitas dengan orang tersayang sebenarnya dapat meningkatkan produksi serotonin Anda. “Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga dapat membantu meningkatkan kadar serotonin secara alami,” kata Dr. Seitz.

“Terlibat dalam diskusi, aktivitas, atau hobi yang bermakna dengan orang-orang terdekat dapat memberikan tujuan dan kebahagiaan yang akan meningkatkan suasana hati kita,” tambahnya.

Interaksi yang sehat ini memiliki kekuatan untuk mendorong otak Anda melepaskan sejumlah hormon perasaan senang, termasuk serotonin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.