Sukses

Jungkir Balik Lionel Messi hingga Bawa Argentina Jadi Juara Piala Dunia 2022

Simak perjuangan Lionel Messi taklukan semua lawan di Piala Dunia 2022 hingga menjadikan Argentina juara.

Liputan6.com, Jakarta - Keluar sebagai jawara Piala Dunia 2022, Lionel Messi dkk berhasil taklukan satu persatu lawannya di laga empat tahun sekali ini.

Lawan terakhirnya, Prancis yang bertemu di final tadi malam, Minggu malam, 18 Desember 2022 pukul 22.00 WIB, berhasil dikalahkan Messi dkk lewat adu penalti. Lantaran hasil laga dan perpanjangan waktu memberikan skor imbang 3-3. 

Melansir laman The Sporting News, Senin, (19/12/2022) sebelum adu penalti di final Piala Dunia 2022 Qatar, pada babak pertama Argentina memimpin skor 2-0 atas Prancis.

Keunggulan itu dibuka oleh gol yang ditorehkan Lionel Messi pada menit ke-23 lewat tendangan penalti. Lalu, disusul tendangan gol Angel Di Maria di menit ke-36. 

Keunggulan itu masih bisa dipertahankan Messi dkk sampai peluit babak pertama ditiup. Rupanya, Prancis mulai mengubah cara bermain mereka di babak kedua.

Meski terbilang cukup telat, tapi perlawanan mereka berhasil menembus pertahanan gawang Argentina. 

Mbappe berhasil mencetak gol di menit ke-80 lewat tendangan penalti. Tidak berselang lama di menit ke-81, Kylian Mbappe menggandakan skor Prancis menjadi sama dengan Argentina, 2-2. 

Lionel Messi yang mulai mengatur strategi baru untuk kembali merenggut keunggulan skor, dengan perpanjangan waktu yang diberikan.

Akhirnya Lionel Messi berhasil mencetak gol pada menit ke-108. Namun, Mbappe juga berhasil mencetak gol sebelum pertandingan berakhir, yaitu di menit ke-118 lewat tendangan penalti. 

Persaingan sengit antara kedua tim profesional ini mengharuskan mereka adu penalti. Tendangan Mbappe saat adu penalti berhasil menjebol gawang Argentina.

Lalu Messi yang tidak pernah diragukan soal penalti juga berhasil menjebol gawang Prancis. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Adu Penalti

Tendangan kedua gagal dijebol pemain Prancis, Kingsley Coman. Aurelien Tchouameni dari Prancis juga gagal menjebol gawang pertahanan Argentina. 

Gawang pertahanan Argentina saat adu penalti hanya berhasil dijebol oleh Mbappe dan Randal Kolo Muani.

Sedangkan keempat pemain Argentina yang diturunkan berhasil menjebol gawang pertahanan Prancis, yaitu Lionel Messi, Paulo Dybala, Leandro Paredes, dan Gonzalo Montiel.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Lionel Messi Bawa Argentina Juara

Melansir laman Reuters, delapan tahun lalu Messi membawa Argentina ke final Piala Dunia 2014 hanya untuk dikalahkan oleh Jerman. 

Namun, Lionel Scaloni mengubah taktik mereka pada pertandingan Argentina di piala dunia 2022.

Selama di piala dunia 2022 ini, Argentina hanya kalah satu kali yaitu pada saat babak grup, Argentina kalah dengan skor 1-2 atas Arab Saudi. 

Satu gol Argentina saat berhadapan dengan Argentina berhasil dicetak oleh Lionel Messi.

Pertandingan grup selanjutnya, Argentina berhasil mengungguli Meksiko dengan skor 2-0. Masih di babak penyisihan grup Argentina juga berhasil unggul atas Polandia dengan skor 2-0. 

4 dari 4 halaman

Perajalanan Messi di Babak Gugur

Memasuki pertandingan enam belas besar, Argentina berhasil mengalahkan Australia, dengan skor 2-1. Lanjut pada babak perempat final, Argentina berlaga melawan Belanda. Lewat adu penalti Argentina berhasil unggul dengan skor 4-3. 

Pada babak semifinal, Argentina berhasil menjebol gawang Korasia dengan skor 3-0.

Jumlah skor yang didapatkan Messi selama pertandingan piala dunia 2022 sebanyak tujuh kali, namun dirinya masih belum bisa mengalahkan jumlah skor dan peraihan sepatu emas yang diambil oleh Mbappe, dengan selisih gol satu.

Mbappe berhasil mengumpulkan jumlah gol sebanyak delapan kali sepanjang laga Piala Dunia 2022. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.