Sukses

4 Cara untuk Mengurangi Kebiasaan Tidur Mendengkur

Berikut empat cara untuk mengurangi kebiasaan mendengkur.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkan kalian merasa tidak nyaman dalam menikmati waktu tidur karena terganggu mendengar suara mendengkur? Atau justru kalian sendiri yang sering tanpa sadar mendengkur ketika tidur?

Pastinya kebiasaan mendengkur sangat menganggu. Apalagi jika kalian sedang berada di posisi untuk tidur bersama banyak orang atau tertidur di tempat umum yang ramai dengan orang-orang.

Meskipun mendengkur mungkin tampak seperti kebiasaan tidur yang tidak berbahaya, namun sebenarnya hal ini dapat dikaitkan dengan risiko kesehatan lainnya. Ada banyak penyakit yang terdeksi dari kebiasaan mendengkur yang dilakukan.

Mendengkur dipengaruhi oleh kebiasaan dan gaya hidup yang dilakukan, tentang bagaimana kebiasaan-kebiasaan yang kalian lakukan setiap harinya. Ini juga bisa terkait makanan apa saja yang kalian konsumsi dan juga olahraga apa yang kalian lakukan setiap harinya.

Untuk itu kenali kebiasaan dalam diri dan mulailah untuk melakukan perubahan. Selain agar kalian tidak malu dengan suara dengkuran yang keras, perubahan ini akan membawa kalian dalam kebiasaan dan pola hidup sehat yang memiliki banyak manfaat.

Mengutip laman The Fact Site, Kamis (17/03/2022) berikut empat cara untuk mengurangi kebiasaan mendengkur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menurunkan Berat Badan

Jika kalian memiliki badan yang kurus, maka berat badan mungkin bukan penyebab kalian mendengkur. Tetapi jika Anda tidak selalu mendengkur dan sejak itu berat badan anda bertambah, ini mungkin akar masalahnya.

Jika tidak, kelebihan berat badanatau bahkan bertambah hanya sedikit saja sangat meningkatkan peluang kalian untuk mendengkur.

Penambahan berat badan, terutama di sekitar leher menambah tekanan pada tenggorokan yang dapat menyebabkan mendengkur.

Jika berat badan adalah penyebab dengkuran kalian, maka mungkin sudah waktunya untuk menambahkan kardio ke dalam rutinitas harian kalian.Ketika berat badan di leher mulai turun, maka kalian akan melihat kebiasaan mendengkur mulai berkurang atau berhenti sama sekali.

3 dari 5 halaman

2. Latih Kebiasaan Tidur yang Baik

Ini adalah kombinasi dari semua yang telah kita bicarakan, dan banyak lagi.

Misalnya, kurangi minum alkohol sebelum tidur, mandi uap di malam hari dan cobalah mengubah posisi tidur. Selain itu, tidak cukup tidur adalah kebiasaan buruk, bukan hanya untuk mendengkur tetapi untuk kehidupan sehari-hari kalian.

Jika kalian kuat melalui hari yang panjang tanpa tidur yang cukup, itu membuat ketika kalian terlalu lelah dan akhirnya tidur, rasa lelah kemudian membuat otot-otot kalian lebih rileks yang menyebabkan mendengkur.

 Seperti yang kalian lihat, ada banyak cara dan tips berbeda yang dapat kalian lakukan untuk mencegah diri kalian mendengkur.

4 dari 5 halaman

3. Coba Obat Herbal

Seperti yang telah kami tetapkan, membuka sinus akan berpotensi membantu masalah mendengkur.

Dua solusi yang bagus adalah dengan menggunakan eucalyptus dan peppermint. Menggunakan minyak esensial ini pada dada dan hidung kalian memberikan solusi alami untuk masalah kalian.

Jika tidak, rebus air panas dan masukkan ke dalam mangkuk bersama dengan beberapa tetes minyak peppermint atau eucalyptus. Tutupi mangkuk bersama dengan kepala kalian dengan handuk, dan hirup uapnya selama beberapa menit sebelum tidur.

Melakukan hal ini tidak hanya akan membantu membersihkan saluran udara kalian, tetapi juga mengurangi peradangan yang dapat membuat kalian mendengkur.

5 dari 5 halaman

4. Mengganti Bantal

Ini mungkin terdengar aneh, tapi perhatikalah. Jika bantal kalian sudah tua, bahkan jika kalian telah mencuci sarung bantalnya, bantal tersebut mungkin mengandung alergen yang membuat kalian mendengkur.

Selain itu, jika kalianmemiliki ruangan yang berdebu, bantal milik kalian akan menarik tungau debu yang dapat menyebabkan reaksi alergi dan menyebabkan dengkuran. Disarankan untuk mengganti bantal kalian setiap 6 bulan sekali untuk mencegah tungau dan debu.

Selain mengganti bantal, cobalah membersihkan debu di kamar kalian untuk menyingkirkan lebih banyak alergen potensial.

Dan jika kalian memiliki hewan peliharaan yang suka berpelukan dengan kalian di malam hari, mungkin sudah waktunya untuk mengeluarkan mereka dari kamar tidur, hal itu karena bulu hewan peliharaan akan membuat alergi kalian semakin parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mendengkur adalah salah satu jenis gangguan tidur yang cukup banyak dialami. Penderitanya sendiri bisa jadi tidak merasa terganggu.

    mendengkur

  • tidur