Sukses

Lionel Messi Cetak 11 Gol Selama Ikuti Piala Dunia, dari 2006-2022

Rekor demi rekor tercipta, termasuk di pentas Piala Dunia, aksi dan gol Lionel Messi membawa Argentina ke final Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal Lionel Messi? Bintang sepak bola asal Argentina ini berstatus sebagai pemain terbaik di dunia saat ini. Banyak pencapaian yang ditorehkan baik di level individu, klub, maupun timnas Argentina.

Lionel Messi belum berhenti menambah gol dalam kariernya sebagai pesepak bola profesional. Rekor demi rekor tercipta, termasuk di pentas Piala Dunia. Aksi dan gol Lionel Messi membawa Argentina ke final Piala Dunia 2022.

Argentina menang telak 3-0 atas Kroasia dan berhak melaju ke final Piala Dunia 2022. Bersamaan dengan hasil dan gol tersebut, Lionel Messi saat ini membuat 11 gol di pentas Piala Dunia dalam lima edisi sejak 2006.

Dia menjadi top skor sepanjang masa Argentina di pentas Piala Dunia, melewati pemain sebelumnya, Gabriel Batistuta yang mengumpulkan 10 gol. Dilansir berbagai sumber, berikut rincian jumlah gol Lionel Messi dalam Piala Dunia:

1. Gol Messi pada Piala Dunia 2006

Lionel Messi memulai debut turnamen Piala Dunia pada tahun 2006. Kala itu Jerman diberikan mandat sebagai tuan rumah. Messi yang memulai debutnya pada 17 Agustus 2005, tidak sampai satu tahun, Messi dipanggil untuk memperkuat Timnas Argentina pada Piala Dunia 2006.

Kala itu Messi masih berusia 18 tahun dan menjadi salah satu debutan termuda Piala Dunia. Di timnas Argentina, Messi harus bersaing untuk mendapatkan tempat dengan beberapa nama besar seperti Pablo Aimar, Carlos Tevez, hingga Javier Saviola.

Argentina kala itu tergabung dalam Grup C bersama Pantai Gading, Serbia-Montenegro dan Belanda. Messi tidak bermain di pertandingan perdana Argentina melawan Pantai Gading.

Di pertandingan kedua, Messi memulai debut Piala Dunia dari bangku cadangan ketika melawan Serbia-Montenegro. Messi baru masuk di menit 74 menggantikan Maxi Rodriguez.

Namun hanya butuh empat menit bagi Messi untuk membuktikan kualitasnya. Messi langsung menyumbangkan assist bagi Argentina di menit 78. Belum puas dengan assist, Messi rupanya juga mencetak gol di pertandingan pertamanya di Piala Dunia.

Tepatnya pada menit 88 Messi mencetak gol melalui sontekan kaki kanannya. Gol tersebut menjadi gol penutup kemenangan Argentina dengan skor 6-0 atas Serbia-Montenegro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Karier Messi di Piala Dunia 2010

Rekor assist pada fase gugur Piala Dunia ditorehkan Messi di Piala Dunia 2010. Argentina saat itu menghadapi Meksiko di babak 16 besar.

Messi membantu satu gol untuk kemenangan Tim Tango 3-1. Messi tidak mencetak gol di Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan itu. Ia hanya mencatatkan satu assist dari penampilan di lima laga.

3. Gol Messi pada Piala Dunia 2014

Argentina harus puas menjadi runner-up Piala Dunia 2014 setelah takluk 1-0 dari Jerman pada laga final. Akan tetapi, bintang tim Tango, Lionel Messi, terpilih sebagai pemain terbaik Piala Dunia dan berhak membawa pulang Golden Ball 2014.

Lionel Messi terpilih sebagai pemain terbaik menyusul penampilan inspirasionalnya untuk Argentina pada Piala Dunia 2014. Messi yang saat itu berusia 27 tahun membawa Argentina sampai ke final.

Kala itu, kapten sekaligus bintang timnas Argentina Lionel Messi menunjukkan performa gemilang dengan melesakkan empat gol. Uniknya, gol yang dicetak oleh La Pulga semua dicetak di fase grup.

Sayangnya, performa yang begitu gemilang ditunjukkan oleh Messi gagal membawa Argentina menjadi juara di ajang Piala Dunia 2014. La Albiceleste harus menerima kenyataan pahit usai takluk dari Jerman dengan skor tipis 0-1.

3 dari 4 halaman

4. Gol Messi pada Piala Dunia 2018

Lionel Messi akhirnya mencetak gol untuk Argentina di Piala Dunia 2018. Gol tersebut tentu penting bagi Messi dan Argentina, tapi ternyata juga spesial pada Piala Dunia 2018 ini.

Gol Messi tersebut adalah gol ke-100 yang terjadi di Piala Dunia 2018. Menjadi spesial karena selain dibuat oleh Messi, gol tersebut juga membantu Argentina meraih kemenangan 2-1 atas Nigeria dan lolos ke 16 besar.

Messi sebelumnya punya peluang bikin gol saat dapat penalti di laga dengan Islandia. Tapi eksekusinya diblok kiper dan Albiceleste gagal menang ketika itu.

Gol terakhir Messi terjadi di fase grup, yang juga dia lesakkan ke gawang Nigeria. Gol yang dibuat Messi malam tadi menjadi gol internasional ke-65 miliknya.

4 dari 4 halaman

5. Gol Messi 2022

Lionel Messi merebut gelar Man of the Match keempat di Piala Dunia 2022 setelah tampil brilian di laga Argentina vs Kroasia. Di usianya yang ke-35 tahun, Lionel Messi memperlihatkan kembali versi terbaiknya saat mendepak Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022.

Messi mencetak satu gol dari penalti dan terlibat dalam dua gol Argentina lainnya yang dicetak Julian Álvarez. Kemenangan 3-0 cukup untuk Argentina membalaskan dendam atas Kroasia pada 2018, sekaligus menjamin satu tempat di final Piala Dunia 2022. Messi kini telah mengumpulkan lima gol dan tiga assist di Piala Dunia Qatar. 

Pemain Paris Saint-Germain itu dengan dingin melepaskan tembakan kerasnya saat menjadi algojo penalti untuk mengalahkan kiper Dominik Livakovic yang tampil luar biasa saat lawan Brasil.

Pergerakan Messi sulit dibendung lini belakang Kroasia. Dia 63 kali menyentuh bola, 6 di antaranya di area lawan. Atas penampilannya hari itu di Stadion Lusail, Messi dinobatkan untuk keempat kalinya sebagai Man of the Match.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.