Sukses

Mengenal Moranbong Band, Girlgrup Korea Utara yang Dibentuk Kim Jong Un

Moranbong Band jadi girlgrup pertama Korea Utara yang dibentuk langsung oleh Kim Jong Un.

Liputan6.com, Jakarta Jika kita mendengar nama Korea Utara, biasanya kata diktator dan Kim Jong-un terlintas dalam pikiran kita. Namun, tak selamanya Korea Utara memberikan kesan mengerikan seperti itu.

Sama seperti negara persaudaraannya (Korea Selatan), Korea Utara juga memiliki girlgrup yang aktif dalam industri musik, yakni Moranbong Band. Grup musik wanita Moranbong Band ini terbentuk pada 6 Juli 2012 silam yang kurang lebih masih berada dalam satu generasi dengan grup terkenal Red Velvet dan Blackpink dari Korea Selatan.

Pembentukan grup ini langsung di bawahi oleh sang pemimpin negara, Kim Jong Un. Bahkan, Kim sendiri yang menyeleksi dan memilih lima anggota grup tersebut dari angkatan bersenjata untuk debut.

Dilansir dari The Guardian hadirnya Moranbong Band ke dunia musik Korea Utara menandai bahwa negara tersebut sudah mulai terbuka terhadap pengaruh barat.

Saat konser pertama mereka, Moranbong Band mulai tampil mengenakan gaun pesta warna-warni dan gaun mini layaknya karakter animasi Disney yang sedang menari.

Dalam penampilannya, Moranbong Band bukan hanya terampil dalam kemampuan vokal saja, anggota grup tersebut juga memiliki kemampuan dalam memainkan instrumen musik seperti biola, saksofon, drum, hingga gitar bass.

Jika berbicara tentang kualitas, lagu-lagu yang dirilis oleh Moranbong Band serasa membawa para pendengar untuk kembali ke era musik tahun 1970-an, namun dengan sentuhan lirik lagu yang sangat nasionalis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Tampil di Luar Negeri

Tak hanya seperti grup musik asal Korea Selatan saja yang bisa tampil dalam sebuah pertunjukan musik di luar negeri, Moranbong Band pun ternyata pernah kedapatan tampil di luar Korea Utara.

Mereka dijadwalkan untuk melakukan serangkaian pertunjukan di National Center for the Performing Arts di Beijing, bersama dengan State Merited Chorus. Namun selama akhir pekan acara tersebut tiba-tiba dibatalkan dan Moranbong Band dijadwalkan kembali ke Korea Utara.

3 dari 4 halaman

Lagu Moranbong Band

Dalam perjalanan 10 tahun kariernya, Moranbong Band juga telah merilis sebanyak tujuh lagu, yakni Campfire, With Pride, Tansume, O My Motherland Full of Hope, Our Father, We Think of the Marshall Day and Night, dan Let’s Study!.

Namun sayang, selama perjalanan kariernya, Mooranbong Band diketahui sudah sering mengalami perombakan dalam susunan anggota. Hingga kini, terdapat dua anggota tetap yang tidak terkena perombakan, yakni sang leader Hyon Sang Wol, dan Ra Yu Mi.

4 dari 4 halaman

Warisan Darah Seni

Ayah Kim Jong Un, yakni Kim Jong Il rupanya mewariskan darah seninya kepada sang anak. Kim Jong Il diketahui juga pernah membentuk sebuah grup musik tradisional elektronik bernama Pochonbo Electronic Ensemble pada tahun 1983.

Bukan hanya diwariskan oleh sang ayah, ternyata kakek dari Kim Jong Un yang bernama Kim Il Sung juga pernah mengadakan sebuah pertunjukan teater seni paling terkenal di Korea Utara yang bernama The Flower Girl. Pertunjukan teater seni tersebut kemudian diadaptasi ke dalam sebuah film pada tahun 1972 yang dibintangi oleh Hon Yong Hee.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.