Sukses

5 Tips Perawatan Kulit Dasar untuk Pria

Meskipun perawatan kulit cukup penting, kebanyakan pria tidak melihatnya sebagai sesuatu yang harus mereka anggap serius atau hanya diperuntukkan bagi wanita.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang pria, Anda mungkin berpikir bahwa perawatan kulit bukan untuk Anda.

Meskipun perawatan kulit cukup penting, kebanyakan pria tidak melihatnya sebagai sesuatu yang harus mereka anggap serius atau hanya diperuntukkan bagi wanita. Tetapi perawatan kulit adalah untuk semua orang.

Ada lelucon yang beredar bahwa wanita mungkin memiliki hingga tiga atau empat krim wajah pada satu waktu dan pria mungkin hanya menggunakan satu krim untuk seluruh tubuh mereka.

Hal ini menunjukkan bagaimana kebanyakan pria kurang memperhatikan perawatan kulit. Namun, tidak berarti bahwa Anda harus menggunakan hingga empat krim pada wajah Anda karena itu bukan satu-satunya hal yang berkaitan dengan perawatan kulit.

Perawatan kulit yang efektif tidak sesulit atau serumit kelihatannya. Anda mungkin berpikir bahwa perawatan kulit hanya berkaitan dengan botol-botol minyak esensial, serum, dan hal-hal seperti itu, tetapi perawatan kulit lebih dari itu.

Perawatan kulit adalah tentang melakukan apa yang terbaik untuk kulit Anda, termasuk praktik yang sehat dan penggunaan produk tertentu.

Melansir Health Guide, Minggu (11/12/2022), berikut tips perawatan kulit dasar untuk pria:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gunakan Krim hingga Cuci Wajah Sebelum Tidur

1. Gunakan Krim

Meskipun hal ini terlihat jelas, banyak pria yang tidak terbiasa menggunakan krim tubuh sama sekali. Mereka mungkin mandi secara teratur dan secara umum higienis, tetapi mereka tidak melihat pentingnya menggunakan krim setelah mandi.

Menggunakan krim tubuh membantu mengunci kelembapan, mencegah kulit Anda pecah-pecah atau terasa kering atau malu. Carilah krim yang bagus yang cocok dengan jenis kulit Anda dan ingatlah untuk mengoleskan krim pada tubuh Anda setiap kali selesai mandi. Juga, perlu diingat bahwa Anda membutuhkan krim dengan bahan yang lebih alami.

 

2. Cuci Wajah Anda Sebelum Tidur 

Sebelum Anda tidur malam, luangkan lah waktu untuk mencuci muka Anda. Ini akan menghilangkan kotoran dan keringat yang menempel di wajah Anda dari hari itu.

Pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Jangan hanya mencuci wajah menggunakan air atau sabun badan. Kulit wajah harus dibersihkan dengan sabun khusus wajah.

Anda kemudian dapat mengikutinya dengan pelembab untuk memungkinkan pori-pori di wajah Anda bernapas saat Anda tidur.

3 dari 4 halaman

Pakai Tabir Surya dan Jangan Gosok Wajah

3. Kenakan Tabir Surya

Memakai tabir surya cukup penting apalagi beraktivitas di jam 10 pagi hingga 3 sore.

Sunburns hampir dapat dihindari dalam iklim seperti kita tetapi itu bukan sesuatu yang dapat Anda deteksi dengan cepat. Sunburns juga dapat menyebabkan masalah kulit yang lebih serius.

Selain itu, menggunakan tabir surya akan menghalangi kulit Anda menyerap sinar UV yang dipancarkan oleh matahari.

Sinar UV akan merusak sel-sel kulit kamu dan bisa menyebabkan kanker. Gunakan tabir surya pada wajah, tangan dan kaki.

 

4. Hindari Menggosok Kulit Wajah dengan Handuk

Untuk mengeringkan wajah setelah cuci muka dengan handuk, lakukan gerakan menepuk-nepuk. Jangan mengeringkan dengan cara menggosok, karena ini dapat memicu iritasi pada kulit.

 

4 dari 4 halaman

Bercukur dan Makan dengan Baik

5. Bercukur dengan Baik

Cara Anda bercukur juga merupakan perubahan yang harus Anda lakukan.

Mencukur dengan cara yang salah dapat mengakibatkan benjolan kemerahan pada dagu atau rahang Anda yang merupakan tanda iritasi pada folikel rambut. Inilah yang terjadi ketika Anda mencoba untuk mencukur kering.

Untuk mencegah benjolan, lunakkan tunggul Anda dengan menggunakan air hangat untuk membasahi dagu tepat sebelum Anda bercukur.

Anda juga dapat mencukur saat mandi atau segera setelah Anda keluar dari kamar mandi. Karena dagu Anda masih akan terstimulasi. Anda juga dapat menggunakan krim cukur untuk hasil yang lebih baik.

 

6. Makan dengan Baik

Makan hal yang benar dapat memiliki dampak besar pada keadaan kulit Anda. Anda harus makan makanan yang kaya akan asam lemak esensial.

Anda juga harus makan lebih banyak buah dan sayuran dan membatasi asupan juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.