Sukses

9 Tempat Menarik yang Hanya Bisa Ditemukan di Islandia, Termasuk Lihat Perut Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Dikenal sebagai 'the land of fire and ice'Islandia adalah rumah bagi gletser-gletser terbesar di Eropa dan beberapa gunung berapi paling aktif di dunia.

Islandia merupakan salah satu negara nordik seperti halnya Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Denmark. 

Negara kepulauan kecil di paling barat Eropa ini merupakan salah satu pulau vulkanik paling aktif.  Pada 2010, gunung berapi Eyjafjallajokull di ketinggian 5.466 kaki (1.666 meter) meletus, meniupkan abu tinggi ke atmosfer dan mengganggu lalu lintas udara Eropa selama berminggu-minggu.

Islandia terletak di antara Laut Greenland dan Samudra Atlantik Utara. Letaknya di barat laut Britania Raya, dan sedikit lebih kecil dari negara bagian Kentucky.

Tanahnya berupa dataran tinggi dengan puncak gunung dan padang es. 

Islandia memiliki sekitar 200 gunung berapi dan memiliki sepertiga dari total aliran lava di Bumi. Sepersepuluh dari total luas daratan ditutupi oleh lapisan lava dan gletser yang didinginkan. Karena Islandia adalah gunung berapi, hampir semua listrik dan pemanas mereka berasal dari tenaga air dan cadangan air panas bumi.

Semua hal tentang Islandia tampaknya selalu menarik dan menjadi perhatian dunia. Tapi, satu yang paling menarik adalah pemandangannya. Gunung berapi, lembah, air terjun, kolam geotermal, gletser, serta aurora membuatnya menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Tercatat lebih dari 270.000 wisatawan berkunjung setiap tahunnya.

Selain pemandangan dan berbagai atraksi alam, Islandia juga memiliki begitu banyak hal menarik lainnya yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia.

Melansir Visit Iceland, Jumat (9/12/2022) berikut sederet hal yang hanya bisa ditemukan di Islandia:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 10 halaman

1. Akses Ke Bagian Dalam Gunung Berapi

Islandia adalah satu-satunya tempat di dunia yang memungkinkan seseorang untuk masuk ke dalam gunung berapi dan melihat seperti apa bagian dalam perut gunung berapi yang memuntahkan lava.

Perjalanan ini tersedia di Cagar Alam Blafjoll yang membawa pengunjung hingga kedalaman 200 m ke dalam kawah gunung berapi Thrihnukagigur.

Seseorang dapat melihat ruang magma serta beberapa ruang lain di dalam bumi. Wisata ini merupakan salah satu yang paling dekat dengan mantel bumi dan yang terdalam di seluruh dunia. 

3 dari 10 halaman

2. The Museum Of Icelandic Sorcery & Witchcraft

Sihir dan Ilmu Sihir adalah hal yang populer di Islandia sejak dulu. Tak heran jika mereka memiliki museum yang khusus mengabadikan subjek-subjek dihir di Islandia.

Di museum yang juga dikenal dengan nama Strandagaldur ini, pengunjung akan disuguhkan materi-materi yang menceritakan sejarah ilmu sihir dan santet di Islandia serta bagaimana para penyihir dituduh dan diburu.

4 dari 10 halaman

3. Geothermal Pool

Blue Lagoon adalah spa yang paling banyak dikunjungi di dunia. Setiap tahun, Blue Lagoon menyambut lebih dari dua kali populasi negara ini ke dalam airnya yang kaya mineral.

Selain mengandung mineral yang bermanfaat bagi kesehatan, warna air yang indah dan bebatuan hitam di sekitarnya juga menjadikannya tempat favorit bagi para fotografer.

5 dari 10 halaman

4. The Loneliest House In The World

Rumah yang terselip di pulau Elliðaey disebut-sebut sebagai rumah yang paling kesepian karena tidak ada yang tingal di sana secara permanen. Bahkan, akses menuju rumah tersebut harus menggunakan perahu atau memanjat lewat tali. 

Bangunan milik Asosiasi Perburuan Elliðaey ini dibangun karena mereka tertarik dengan populasi burung puffin yang kaya di Islandia.

6 dari 10 halaman

5. The Sea Monster Museum

Monster laut menjadi unsur utama cerita rakyat Islandia. Meskipun banyak yang tidak percaya akan keberadaannya, ada klaim yang menyatakan bahwa makhluk-makhluk tersebut hadir dalam air di sekitar Islandia. 

Monster-monster tersebut dapat ditemukan di Museum Monster Laut yang terletak di Bildudalur. 

Pengunjung akan disajikan dengan materi serta laporan langsung dari saksi mata yang menjelaskan lebih banyak tentang keberadaan dan kemungkinan lokasi makluk-makluk yang dianggap monster perairan Islandia. 

Tercatat banyak pengunjung kemudian percaya akan keberadaan monster laut setelah mengunjungi museum tersebut.

7 dari 10 halaman

6. The Nonsense Museum

The Nonsense Museum adalah salah satu museum buatan di Islandia yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia.

Seperti namanya, museum yang terletak di Flateyri ini memiliki koleksi benda-benda yang tidak masuk akal bagi banyak orang meskipun mereka bisa sangat informatif.

8 dari 10 halaman

7. Burung Puffin

Puffin adalah jenis burung berwarna-warni yang kebanyakan ditemukan di Islandia dan dikenal karena kehidupan tepi laut dan kebiasaan berburu mereka yang unik.

Burung-burung ini, yang juga disebut burung beo laut, tinggal di tepi laut hampir sepanjang hidup mereka, memakan makhluk laut kecil yang mereka buru dengan terbang rendah di atas permukaan air atau menyelam cukup dalam ke dalam air.

Islandia memiliki populasi puffin terbesar. dan mereka bahkan diburu untuk diambil telur, bulu, dan dagingnya di negara kepulauan ini.

9 dari 10 halaman

8. Menyelam di Antara Dua Benua

Menyelam di celah Silfra di Islandia adalah satu lagi pengalaman menyelam yang unik untuk dimasukkan ke dalam daftar petualangan menyelam seseorang. 

Penyelaman ini dapat dilakukan di Taman Nasional Thingvellir dan seseorang akan dapat menyelam hingga kedalaman 60 m ke tempat di mana lempeng tektonik benua Amerika Utara dan Eurasia terbelah.

10 dari 10 halaman

9. Pameran Paus Terbesar di Dunia

Islandia adalah salah satu negara terbaik untuk mencari ikan paus. Oleh karena itu, Islandia memiliki musuem ikan paus. Paus Islandia adalah yang paling populer dan terletak di Reykjavík.

Museum ini menampilkan pameran ikan paus terbesar di dunia. Pamerannya mencakup berbagai jenis paus yang dapat ditemukan di Islandia. 

Menariknya, pameran ini menggambarkan paus seukuran aslinya. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS