Sukses

5 Alasan Mengapa Penting Bagi Kucing untuk Mengenakan Kalung

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu memiliki hewan peliharaan misalkan kucing, tentu kamu akan melakukan semua hal untuk melindunginya. Meski begitu, masih banyak terjadi kucing peliharaan hilang dari pemiliknya.

Jika kucingmu tidak memiliki kalung, mungkin orang asing tidak dapat membawanya pulang dengan selamat kepada mu jika misalkan ada kejadian bahwa mereka tersesat atau menyimpang dari jalan pulang. Sebab kalung berfungsi mengidentifikasi kucing kamu yang hilang.

Melansir laman Cpccares.com, Kamis (8/12/22) berikut adalah lima alasan mengapa kucing peliharaanmu harus mengenakan kalung pengenal. Di antaranya:

1. Tujuan identifikasi

Alasan utama mengapa kucingmu harus memakai kalung adalah untuk membantu mengidentifikasi mereka jika tersesat. Kalung harus dipasangkan dengan tanda pengenal untuk memastikan siapa saja yang melihat kucingmu jauh dari rumah dapat menghubungi kamu.

Tetapi, manfaat kalung pun juga sama seperti kucing dalam ruangan. Menurut penelitian bahwa 40% kucing yang hilang adalah kucing rumahan. Sehingga, untuk memastikan kucing kamu tidak berakhir di tempat penampungan atau rumah penyelamatan hewan, berikan mereka kalung dengan nama mereka di atasnya dan alamat kontak atau nomor teleponmu.

Adapun, jika kucingmu memiliki masalah medis atau penyakit kronis, disarankan juga untuk memasukkannya ke dalam kalung. Dengan cara ini, siapapun yang menemukannya akan mengetahui bahwa kucingmu sangat membutuhkan kunjungan dokter hewan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Melindungi kucing di malam hari

Kalung dengan permukaan reflektif melindungi kucing kamu di malam hari untuk tetap dapat terlihat dalam gelap. Kalung seperti itu juga dapat membantu kamu menemukan anak kucingmu di malam hari.

Jika kamu tinggal di daerah perkotaan atau di dekat jalan raya, kalung yang bersinar dalam gelap akan menjaga kucing yang keluar rumah agar tidak tertabrak mobil. Sebab, pengemudi akan melihat cahaya jika kucing kamu sedang menyeberang jalan atau hanya bermain di dekat jalan.

 

3 dari 4 halaman

3. Mencegah kucing dari berburu

Dengan memakaikan kalung dengan bel pada kucing kamu dapat mencegah kucing disakiti oleh hewan lain. Sebab, dengan suara gemerincing akan memberi hewan lain peringatan untuk menggagalkan upayanya menyerang kucing. Selain itu, begitu kucing menyadari bahwa mereka tidak menangkap apapun, tentu peluang berburu mereka akan berhenti.

4 dari 4 halaman

4. Untuk keamanan anak kucing

Anak kucing atau kucing kecil seringkali terjatuh atau terinjak secara tidak sengaja karena ukurannya yang kecil. Kecelakaan seperti itu dapat membuat anak kucing cedera parah.

Selain itu, anak kucing juga sering bersembunyi di ruang kecil sehingga tidak mungkin ditemukan. Menggunakan kalung berwarna berbeda dapat membantu mengidentifikasinya.

Kalung yang memiliki bel juga memastikan kamu selalu tahu di mana kucing kecilmu berada. Ini juga akan memastikan kamu untuk tidak sengaja menginjak atau menjatuhkannya.

5. Aksesori bergaya

Kalung kucing juga bisa disebut sebagai aksesori yang sempurna untuk menonjolkan selera atau kepribadian kucing kamu. Jika kucingmu tampaknya senang memakai kalung, kamu bisa membelikan kalung yang menonjolkan gayanya. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS