Sukses

7 Manfaat yang Kamu Dapatkan Jika Bangun Pagi, Yuk Coba!

Liputan6.com, Jakarta - Bangun pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan baik secara fisik maupun mental. Namun sayangnya, banyak orang yang mungkin masih kesulitan bangun pagi atau belum bisa membiasakan diri untuk bangun pagi.

Padahal, manfaat bangun pagi bisa terasa dalam jangka pendek hingga jangka panjang jika hal tersebut sudah menjadi budaya atau kebiasaan baik.

Sebagian orang mungkin masih meremahkan manfaat bangun pagi karena merasa belum memiliki kebutuhan untuk bangun pagi.

Perihal bangun pagi memang merupakan pilihan seseorang untuk melakukan gaya hidupnya masing-masing. Namun perlu kamu ketahui bahwa bangun pagi adalah salah satu kebiasaan yang baik jika kita terapkan dalam aktivitas setiap hari karena memiliki banyak manfaat, baik secara fisik maupun kesehatan mental.

Banyak cara yang biasa dilakukan untuk bangun pagi, misalnya dengan memasang alarm di ponsel dengan suara kencang. Sayangnya, cara tersebut sering kali tidak berhasil. Setelah alarm berbunyi, banyak yang kembali untuk menarik selimut dan tidur.

Jika di pagi hari kamu sering melakukan hal tersebut, kamu tidak sendirian kok, karena memang tidak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk bangun pagi.

Dilansir amerisleep.com, berikut sederet manfaat bangun pagi yang harus kamu ketahui:

 

1. Awal Yang Baik Sebelum Beraktivitas

Bangun pagi akan membuat seseorang memulai aktivitasnya tanpa tergesa-gesa. Sehingga keadaan ini dapat membuat kalian mengawali hari dengan perasaan yang positif dan persiapan yang baik.

Bangun pagi akan membuat kalian memiliki lebih banyak waktu mempersiapkan segala hal untuk aktivitas hari itu dan barang apa saja yang perlu dibawa untuk bekerja. Jadi aktivitas hari tersebut akan dilalui dengan baik dan lancar karena efek positif dari bangun pagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Lainnya

2. Membangun Suasana Hati Yang Lebih Bahagia

Bangun pagi secara tidak langsung mampu membuat seseorang lebih bahagia karena hari mereka diawali tanpa terburu-buru yang dapat membuat peasaan orang menjadi kacau.

Bagi sebagain orang sulit mengatur waktu, bangun kesiangan akan menjadi masalah yang merusak perasaan kita. Suasana hati kita akan bahagia jika aktivitas hari tersebut bisa dijalani dengan lancar karena menejemen waktu yang baik.\

 

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif                                                                             

Bangun pagi cenderung membuat otak berkonsentrasi lebih baik, lebih waspada, dan berenergi sepanjang hari. Kemungkinan terdapat hubungan antara bangun pagi dan kesuksesan seseorang, entah itu dalam pendidikan maupun pekerjaan. 

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang bangun pagi lebih proaktif dan berorientasi pada tujuan, memiliki kemampuan memecahkan masalah yang kuat, dan berprestasi di sekolah.

Sementara itu, kurang tidur berhubungan dengan kinerja kognitif yang buruk. Termasuk memori yang buruk, sulit berkonsentrasi dan berpikir, dan memiliki perubahan suasana hati.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lainnya

4. Memiliki Waktu untuk Olahraga Pagi

Untuk seseorang yang sibuk, pagi hari mungkin satu-satunya waktu untuk berolahraga. Berolahraga di pagi hari tentu penting untuk kesehatan fisik dan mental. Olahraga dapat mengurangi berbagai risiko penyakit, yaitu:

  • Penyakit jantung.
  • Memperbaiki suasana hati.
  • Mengatur gula darah.
  • Mengontrol berat badan.
  • Meningkatkan fungsi kognitif.

 

5.  Bisa Menikmati Udara Pagi yang Penuh Manfaat

Ketika kamu bisa bangun lebih pagi, maka kamu memiliki waktu untuk keluar rumah sejenak untuk menghirup udara pagi sembari melakukan beberapa olahraga pagi yang ringan untuk menyegarkan tubuh.

Tahukah kamu? Waktu kerja paling optimum untuk paru-paru adalah di pagi hari dan jika kita bisa menghirup udara segar di pagi hari maka itu sangat bermanfaat bagi tubuh, karena udara segar mempu membantu proses pembersihan paru-paru.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lainnya

6. Lebih Bahagia dan Terhindar dari Stress

Memiliki waktu yang panjang di pagi hari akan menghindarkan kamu dari rasa terburu-buru, sehingga segala aktivitas dapat dilakukan dengan baik. Selain itu, kamu akan merasa lebih tenang memulai hari. Saat merasa tenang dan nyaman dalam melakukan sesuatu, kamu akan terbebas dari stres yang membebani dan membuat mood berantakan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Roehampton University, London, di tahun 2011 terkait perilaku orang dewasa menemukan bahwa orang yang bangun pagi cenderung lebih bahagia, lebih teliti, dan lebih ideal berat badannya. Menarik, bukan?

 

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bangun lebih pagi berarti kamu juga akan tidur lebih awal. Membiasakan hal baik ini mungkin agak sulit di awal. Apalagi jika kamu terbiasa begadang dan tidur menjelang pagi.

Namun, tidur lebih awal dan bangun pagi akan meningkatkan kualitas tidur. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Stockholm pada 2010, ditemukan hasil yang menarik bahwa orang yang kurang tidur akan terlihat kurang sehat, kurang aktraktif dan lelah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS