Sukses

Sah! Nike Putus Kontrak dengan Kyrie Irving Akibat Komentar Anti-Semit

Liputan6.com, Jakarta- Setelah awalnya menangguhkan kemitraan dengan Kyrie Irving dan membatalkan peluncuran sepatu tanda tangan Kyrie 8 yang datang dari bulan lalu. Kini, Nike mengonfirmasikan bahwa mereka telah sepenuhnya memutuskan hubungan kerjasama dengan point guard Brooklyn Nets tersebut, Senin (5/12/2022) waktu setempat.

"Kyrie bukan lagi atlet Nike," kata juru bicara perusahaan Nike, dikutip dari ESPN, Selasa (6/12).

Selain itu, perjanjian pengesahan Irving dengan perusahaan Nike akan berakhir pada 1 Oktober 2023. Kesepakatan itu tiba-tiba ditangguhkan selama 11 bulan sebelum berakhir setelah Irving memposting tautan di media sosial ke buku dan film yang berisi pesan anti-semit.

Salah satu pendiri Nike, Phil Knight menganggap tindakan Kyrie Irving itu sudah melebihi batas sehingga pihak Nike mengambil langkah untuk mengakhiri kontraknya.

"Kyrie melangkahi batas. Sesederhana itu. Dia membuat beberapa pernyataan yang tidak bisa kami patuhi, dan itulah mengapa kami mengakhiri hubungan. Saya baik-baik saja dengan itu,” kata Phil Knight pada 10 November lalu.

Selanjutnya, menurut data KixStats.com menyebutkan sekitar 68% dari NBA memakai sepatu kets Nike dalam permainan.

Di setiap musim sejak peluncuran Kyrie 1, model Kyrie tahunan telah menjadi salah satu sepatu yang paling banyak dipakai di seluruh liga. Hingga saat ini, 164 pemain telah memakai Kyrie 7 ke dalam lapangan. Alhasil, sudah lusinan pemain juga sering memakai model Kyrie Low dengan harga lebih murah, di antara yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Respon Agen Irving

Terkait kabar pemutusan kontrak Kyrie Irving, sang agen Shetellia Riley merespon dengan menyebutkan bahwa keputusan itu saling menguntungkan kedua belah pihak tanpa adanya kerugian materil.

“Kami telah memutuskan untuk berpisah dan mendoakan yang terbaik bagi Nike di masa depan mereka," kata Shetellia Riley kepada CNBC.

Seperti diketahui, Kyrie Irving menjalanin kerjasama dengan Nike sejak 2011 lalu saat itu dirinya masih berstatus rookie di NBA. Irving juga menjadi pemain NBA ke-20 dalam sejarah liga yang menerima sepatu tanda tangannya sendiri dengan perusahaan tersebut pada tahun 2014.

3 dari 4 halaman

Pengganti Kyrie Irving di Nike

Setelah berpisah dengan Kyrie Irving, pihak Nike bergerak cepat untuk mencari sosok penggantinya.

Menurut laporan The Athletic, Nike memberi kontrak kerjasama secara langsung kepada bintang muda dari Memphis Grizzlies yakni Ja Morant.

Tanpa berpikir panjang, Nike juga akan mendesain sepatu signature khusus untuk Morant. Ja Morant saat ini disandang sebagai salah satu guard muda yang tampil bersinar di era modern ini.

Dengan usia yang masih muda dan potensi besar, Morant tentu memiliki nilai jual yang tidak kalah dengan Irving.

Selain itu, penampilan Ja Morant musim ini cukup mengesankan terlepas dari cedera yang dibekapnya beberapa pekan lalu. Dilihat dari statistik dalam hal mencetak poin posisi ke-9 dengan rata-rata 28,5 dan 7,5 assist, serta 6,3 rebounds, seperti dikutip dari ESPN Statistic and Information.

4 dari 4 halaman

Gelar Kyrie Irving

Irving awal karir bermain basket di tingkat perguruan tinggi bersama Duke Blue Devils sebelum bergabung dengan Cavaliers pada 2011. Tiga tahun kemudian, Ia dinobatkan sebagai NBA All-Star Game Most Valuable Player.

Pada babak Final NBA 2016, dia melakukan tembakan tiga poin dengan sisa waktu 53 detik pada game 7 yang sedang dalam kedudukan imbang untuk membantu membawa Cavaliers memenangkan gelar atas Golden State Warriors.

Usai kalah dalam pertandingan ulang melawan Warriors pada babak final NBA 2017, Irving meminta trade dan ditransfer ke Boston Celtics. Menghabiskan dua tahun bersama Celtics, dia menandatangani kontrak dengan Brooklyn Nets sebagai pemain bebas agen pada 2019.

Dia bermain untuk tim nasional Amerika Serikat, yang dibantunya memenangkan emas pada pagelaran Piala Dunia Bola Basket FIBA 2014 dan Olimpiade Musim Panas 2016.

  • Juara NBA (2016)6× NBA All-Star (2013–2015, 2017–2019)
  • NBA All-Star Game MVP (2014)
  • All-NBA Second Team (2019)
  • All-NBA Third Team (2015)
  • NBA Rookie of the Year (2012)
  • NBA All-Rookie First Team (2012)
  • NBA Three-Point Shootout champion (2013)
  • USA Basketball Male Athlete of the Year (2014)
  • FIBA World Cup MVP (2014)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS