Sukses

Jangan Salah, Ini 7 Cara Memotong Kuku Kucing dengan Benar

Liputan6.com, Jakarta - Memotong kuku secara rutin menjadi bagian penting untuk menjaga kesehatan kucing Anda. Jika kuku tidak dirawat secara teratur, kuku tersebut dapat melengkung ke bawah dan tumbuh ke dalam bantalan kaki, hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan infeksi.

Meskipun sebagian besar kucing mencegah hal ini sendiri dengan perilaku menggaruk, namun tetap penting untuk melihat kukunya secara berkala.

Kuku yang panjang dan tajam dapat menyebabkan banyak kerusakan pada properti atau barang Anda. Idealnya, kucing harus dipangkas kukunya setiap tiga hingga enam minggu.

Meskipun mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan, namun dengan perhatian dan kesabaran, Anda dan kucing Anda dapat menangani sesi perawatan kuku tanpa banyak kesulitan.

Melansir dari The Spruce Pets, Rabu (30/12/2022), berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan saat akan memotong kuku kucing Anda.

1. Sebelum Anda memulai

Pastikan kucing Anda terbiasa dengan sebuah penanganan sebelum memotong kukunya. Hal ini meminimalkan stres bagi kucing Anda dan dapat mencegah gigitan dan cakaran pada Anda.

Biasanya dibutuhkan waktu lebih lama bagi kucing dewasa untuk merasa nyaman ditangani untuk sesuatu seperti memotong kuku, terutama jika kucing tersebut pernah mengalami pengalaman negatif di masa lalu.

Anak kucing akan lebih mudah menerima pengalaman tersebut. Bagaimanapun, lakukan secara perlahan dan bersabarlah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Apa yang Anda Butuhkan

Untuk memotong kuku anak kucing yang masih kecil, Anda bisa menggunakan gunting kuku manusia. Namun, Anda akan memerlukan pemangkas kuku kucing untuk anak kucing yang lebih tua dan kucing dewasa.

Ada beberapa jenis pemangkas kuku kucing yang tersedia di toko perlengkapan hewan peliharaan. Banyak pemilik yang lebih menyukai pemangkas kuku bergaya gunting atau pegas. Yang lainnya lebih menyukai jenis yang memiliki pisau seperti guillotine.

Mungkin diperlukan beberapa percobaan dan kesalahan untuk mempelajari jenis mana yang paling cocok untuk Anda dan kucingmu.

Setelah Anda membeli pemangkas kuku kucing, berlatihlah menggunakannya pada spageti kering sehingga Anda bisa merasakan bagaimana cara pemotongannya.

3. Persiapkan kucing Anda

Mulailah dengan kucing Anda dalam keadaan santai, mungkin setelah makan. Ajaklah kucing Anda untuk duduk di pangkuan Anda dan tunggu sampai hewan tersebut tampak rileks.

Selanjutnya, angkat salah satu kaki kucing Anda dengan lembut. Jika ia tidak menarik diri, tawarkan camilan kecil. Lakukan ini selama beberapa menit setiap hari, secara bertahap lakukan lebih banyak percobaan.

Langkah selanjutnya adalah ambil salah satu kaki kucing, lakukan sedikit lebih banyak percobaan setiap hari, dan jaga sesi paling lama beberapa menit.

Kemudian, cobalah dengan lembut meremas salah satu jari kakinya untuk memanjangkan kukunya. Ingatlah untuk memberi hadiah kepada kucing Anda karena ketenangannya. Mundur satu langkah jika kucing Anda menjadi cemas atau gelisah.

Anda akan siap untuk melanjutkan setelah Anda mencapai titik di mana kucing Anda akan membiarkan Anda membuka sebagian besar cakarnya, satu per satu, tanpa membuat keributan. 

3 dari 4 halaman

4. Mulailah Menggunakan Pemangkas Kuku

Sekarang saatnya memperkenalkan kucing Anda pada pemangkas kuku. Lakukan hal ini selama salah satu sesi belaian Anda yang tenang. Biarkan kucing Anda mengendus dan menjelajahi pemangkas tanpa menggerakkannya terlebih dahulu. Secara bertahap, mulailah menggerakkan pemangkas kuku, dan berikan hadiah untuk ketenangan.

Setelah beberapa hari sesi, cobalah menyentuhkan pemangkas dengan lembut ke kaki kucing Anda. Kemudian, coba ambil satu kaki dan sentuhkan lagi pemangkas ke kaki tersebut. Ingatlah untuk terus memberikan hadiah.

Proses membuat kucing Anda siap untuk dipotong kukunya mungkin membutuhkan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Ingatlah bahwa semua kucing belajar dengan kecepatannya masing-masing. Anak kucing bahkan mungkin lebih cepat siap dalam beberapa hari.

5. Potong kuku kucing Anda

Setelah kucing Anda tampak nyaman dengan penanganan cakarnya dan kehadiran pemangkas kuku, inilah saatnya untuk mencoba memotong beberapa kuku.

Anda mungkin hanya memotong satu kuku untuk pertama kalinya, dan itu tidak masalah. Memotong terlalu cepat tidak hanya akan membuat kucing Anda merasa stres, tetapi juga dapat menyebabkan Anda digigit atau dicakar.

Mulailah dengan handuk atau selimut di pangkuan Anda untuk menangkap kuku yang dipotong dan menjaga agar kuku kucing tidak menancap di pangkuan Anda.

Usahakan untuk memiliki bubuk styptic atau pena styptic di tangan jika Anda secara tidak sengaja memotong kutikula. Ini digunakan untuk menghentikan pendarahan dan dapat dibeli di toko perlengkapan hewan peliharaan.

4 dari 4 halaman

6. Pilihlah Waktu Ketika Kucing Anda Sedang Rileks

Sebagian besar kucing memiliki kuku berwarna putih dengan warna merah muda di bagian pangkalnya. Bagian merah muda berisi kutikula adalah tempat saraf dan pembuluh darah berada. Jangan potong bagian ini atau dapat menyebabkan rasa sakit dan pendarahan. Carilah tempat di mana bagian merah muda berakhir dan bagian putih dimulai.

Remas kaki dengan lembut untuk memperlihatkan kukunya. Gunakan pemangkas kuku untuk memotong bagian putih dengan cepat sekitar satu atau dua milimeter dari bagian merah muda. Usahakan agar kucing Anda tidak melompat dari pangkuan Anda.

Berhenti dan puji kucing Anda, tawarkan hadiah makanan. Jika kucing Anda tidak cemas atau gelisah, lanjutkan dan ulangi proses pada kaki berikutnya.

7. Mencegah Masalah dengan Kucing Anda Selama Pemangkasan

Jika Anda secara tidak sengaja memotong terlalu dekat dengan bagian kuku yang berwarna merah muda, kucing Anda mungkin akan mengalami rasa sakit sesaat dan mengalami pendarahan dari kuku.

Oleskan pena atau bedak styptic ke area tersebut hingga pendarahan berhenti. Jika kucing Anda tampak kesal, sesi pemotongan kuku harus dihentikan. Anda dapat mencobanya lagi di lain hari.

Jika kucing Anda terlalu lincah saat dipegang untuk memotong kukunya, Anda mungkin perlu meminta bantuan orang lain. Mungkin lebih mudah untuk meminta satu orang memegang kucing Anda di atas meja sementara Anda fokus pada kukunya. Jika Anda mendengar geraman atau desisan, sebaiknya hentikan agar tidak ada yang terluka.

Jika Anda terus mengalami kesulitan saat membuat kucing Anda diam untuk memotong kukunya, atau jika Anda masih merasa tidak nyaman dengan prosesnya, mintalah bantuan dari seorang profesional.

Pertimbangkan untuk membawa kucing Anda ke dokter hewan atau groomer untuk memotong kuku secara teratur.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS