Sukses

Pesona Cho Gue Sung, Pencetak Brace Korea Selatan Pertama di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Debut pertama kali Cho Gue Sung di Piala Dunia 2022 turut menarik perhatian karena parasnya yang menawan. Tetapi tak hanya itu, pasalnya pemain "Nomor Punggung 9" ini juga berhasil mencetak dua gol untuk timnya dalam laga melawan Ghana.

Pada laga Korea Selatan kontra Ghana, Senin (28/11/2022), Cho Gue Sung berhasil mencetak gol di awal babak kedua lewat sundulan kepala. Winger Timnas Korea Selatan ini berhasil menggandakan gol hanya dalam waktu tiga menit, yakni pada menit ke-58 dan ke-61.

Mengutip dari Doha News, Rabu (30/11/2022), pertandingan penyisihan grup Piala Dunia FIFA antara Korea Selatan dengan Ghana di Stadion Education City lalu berlangsung cukup menarik. Korea Selatan yang awalnya tertinggal di babak pertama dengan gol dari Mohammed Salisu dan Mohammed Kudus, membuat harapan para pendukung Korea sempat pupus.

Babak pertama Korea Selatan vs Ghana membuat penggemar Korea Selatan harus mengelus dada karena tak ada yang bisa diciptakan Son Heung Min dkk.

Namun, di babak kedua, Korea Selatan segera menunjukkan kepiawaiannya. Tekanan tinggi berlangsung di babak kedua dengan menekan Ghana. Cho Gue Sung sukses melesatkkan gol Ghana dengan menggalakan umpan dari Lee Kang In. Korea Selatan pun berhasil mencetak gol, dengan skor 1-2.

Tak berhenti sampai situ, Korea Selatan mencoba unjuk gigi dengan sukses mencetak gol pada menit ke-61. Cho menjejalkan namanya di papan skor setelah menanduk si kulit bundar dari umpan Kim Jin Su.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Followers Meningkat Pesat

Popularitas Cho Gue Sung kian meningkat setelah kemampuannya dalam menjebol gawang. Sebelumnya pun sudah banyak penonton yang bertanya-tanya mengenai akun Instagram pribadinya.

Ketenaran pesepak bola kelahiran 1998 ini tercatat dari pengikut Instagram pribadinya @whrbtjd.

Pasalnya, jumlah pengikutnya membengkak hanya dalam waktu 4 hari dari awalnya berjumlah 300 ribu menjadi 1,5 juta.

3 dari 4 halaman

Menjadi Pencetak Brace Pertama Korea Selatan di Piala Dunia

Mengutip dari Ghana Soccernet, kemampuan Cho Gue Sung saat melawan Ghana membuatnya mendapatkan gelar sebagai pencetak brace pertama Korea Selatan di Piala Dunia.

Adapun pencetak brace merupakan julukan untuk seseorang yang berhasil mencetak dua gol saat laga pertandingan. Penampilan eloknya pun merupakan hasil peras keringat selama ia menyingsing karier di ranah sepak bola.

Lahir pada 25 Januari 1998, Cho memulai karier professionalnya pada 2019 setelah lulus dari akademi FC Anyang. Bermain selama satu musim, Cho menampakkan diri dengan torehan 14 gol dalam total 36 penampilan.

Performa Cho langsung diakui dengan Jeonbuk Hyundai Motors memboyongnya di awal musim 2020. Sebagai anggota Jeonbuk Hyundai Motors, Cho berhasil mengguratkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak dengan 17 gol di K League 1 pada musim 2022.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Cho Gue Sung

Awalnya, Cho memulai sebagai gelandang bertahan di Universitas Gwangju, tetapi akhirnya mengubah posisinya sebagai striker.

Mengutip dari Doha News, Cho mengasah kemampuannya melalui divisi Liga Korea, FC Anyang, setelah menjadi pencetak gol terbanyak urutan ketiga di liga.

Cho kemudian pindah ke Jeonbuk Hyundai Motors di musim berikutnya dan mengakhiri musim 2022 sebagai pencetak gol terbanyak di K League 1. Tak hanya itu, upaya keras Cho berhasil membawa timnya meraih gelar liga.

Alhasil, Cho Gue Sung dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak pada musim 2022 sebagai salah satu anggota dari Jeonbuk Hyundai Motors di K –League 1, Asosiasi Sepak Bola Korea.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS