Sukses

Ronaldo hingga Neymar, Seperti Ini Pola Makan Para Pemain Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi jika para atlet memiliki fisik yang kuat. Seperti conrohnya, para pemain sepak bola terus bergerak selama 90 menit lebih, menekel lawan, menggiring bola, membakar kalori dan mengeluarkan energi. Sepak bola yang dimainkan di level tertinggi bisa sangat menyiksa dengan beberapa pesepak bola membakar hingga 1.050 kalori dan kehilangan beberapa kilogram berat cairan tubuh selama pertandingan. 

Olahraga ini sangat menguras fisik dan hal ini ditegaskan kembali oleh pemenang Piala Dunia 1998, Jurgen Klinsmann, "Piala Dunia di Qatar akan mendorong para pemain ke batas fisik mereka. Turnamen ini akan sangat sulit. Ini akan menuntut. Pertandingan penyisihan grup setiap tiga hari. Jadi secara fisik, mereka harus mencapai batas mereka. Tidak ada keraguan tentang hal itu." 

Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar jelas menempatkan sorotan pada pentingnya diet serta pola makan para pesepak bola seperti halnya pada pelatihan mereka. Sangat penting bagi para pesepak bola untuk mendapatkan nutrisi yang tepat dalam jumlah yang tepat pada waktu yang tepat untuk memastikan mereka menampilkan performa terbaik mereka di lapangan. 

Mengutip First Post, Selasa (29/11/2022), saat para atlet ini berjuang keras di lapangan, rupanya apa yang mereka makan dapat memengaruhi performa mereka. 

Di luar lapangan, mereka telah berlatih untuk menjaga performa mereka pada level tertinggi. Mereka juga telah makan sehat agar tetap bugar untuk pertandingan yang akan datang. 

Misalnya, Cristiano Ronaldo dari Portugal, yang tampil luar biasa dalam penampilannya melawan Ghana, mengikuti diet yang sangat ketat yang hampir tidak pernah ia lewatkan. Koki pribadi pemenang Ballon d'Or lima kali ini telah mengungkapkan bahwa pola makan sang penyerang didasarkan pada makanan alami seperti ikan, ayam, beberapa sayuran, makanan laut, telur, minyak sayur, minyak dan biji-bijian.

Ia juga berpegang teguh untuk makan enam kali dalam sehari atau satu kali setiap tiga hingga empat jam, diselingi dengan banyak air. Mantan kokinya, Giorgio Barone, juga menyatakan bahwa Ronaldo menyukai makanan berprotein tinggi seperti ikan, ayam, daging sapi muda, telur, alpukat, minyak kelapa, dan beras hitam. Ia juga melahap roti bakar alpukat untuk camilan di siang hari. 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pola Makan Lionel Messi

Ketika berbicara tentang kapten Argentina, Lionel Messi, yang kini berusia 35 tahun, ia menyadari pentingnya makanan dalam kariernya. Sejak 2014, ia berada di bawah pengawasan ahli gizi Italia, Giuliano Poser, yang menjauhkannya dari minuman bersoda dan pizza. Poser telah mengidentifikasi lima makanan utama yaitu air, minyak zaitun, biji-bijian, buah segar, dan sayuran segar sebagai fondasi untuk rezim diet Messi.

Ia juga telah mengurangi konsumsi daging yang berlebihan yang merupakan sesuatu hal yang umum di Amerika Selatan dan Spanyol. "Jumlah daging yang biasanya dimakan oleh orang Argentina dan Uruguay terlalu banyak, karena sulit dicerna," ungkapnya. 

Dilaporkan bahwa Messi hanya makan biji-bijian dengan beberapa buah dan sayuran segar untuk sarapan dan untuk makan malam dia hanya makan nasi merah dan tuna.

3 dari 4 halaman

Pola Makan Neymar

Sementara itu, Neymar Jr dari Brasil mengikuti diet yang sangat tinggi kalori, 60 persen dari kalorinya berasal dari karbohidrat, 30 persen dari protein dan 10 sisanya berasal dari lemak, vitamin dan nutrisi lainnya. Menurut tim ahli gizinya, ia makan tiga telur goreng dan bayam dengan kalkun tanpa lemak untuk sarapan.

Berikutnya adalah segelas protein shake dengan segenggam biji bunga matahari dan almond. Untuk makan siang, penyerang Brasil ini menyantap bakso kalkun dan ubi jalar. Camilan malamnya adalah kalkun dengan selai kacang dan beberapa biji bunga matahari. Neymar mengakhiri harinya dengan ikan putih dan kubis rebus cincang.

Tim nutrisinya telah mengungkapkan bahwa ia memiliki 'cheat day' dari waktu ke waktu di mana ia memanjakan diri dengan makanan favoritnya, kentang goreng dan pizza.

4 dari 4 halaman

Pola Makan Pemain Lain

Pemain lain juga memiliki rencana diet dan aturan diet mereka sendiri yang mereka ikuti selama Piala Dunia. Dilaporkan bahwa skuad Argentina dan Uruguay telah mengirimkan hampir 2.000 kg daging dari tanah air mereka ke Qatar.

Presiden FA Uruguay, Ignacio Alonso mengatakan, "Tim nasional didampingi oleh makanan terbaik. AUF adalah duta besar bersejarah negara kami dan akan membawa serta duta besar lainnya, yaitu daging Uruguay, daging terbaik di dunia."

Sementara itu, para koki yang menyiapkan makanan untuk tim Korea Selatan telah mencari cara kreatif untuk menyiapkan makanan bergizi dan lezat bagi para pemain di negara Muslim di mana daging babi dilarang. Dengan tak adanya daging babi, para pemain telah mendapatkan daging ayam, daging sapi dan bebek.

Chef Kim Hyung-chae, seorang veteran dari empat Piala Dunia berturut-turut, mengatakan kuncinya adalah untuk mencapai keseimbangan antara nutrisi dan rasa.

Makanan untuk dipikirkan Pola makan untuk pesepak bola telah berubah karena permainan juga menjadi lebih cepat dan lebih menuntut dalam beberapa waktu terakhir. Saat ini, pola makan untuk setiap pemain diperhatikan sesuai dengan kebutuhan dan intensitas tinggi dari permainan.

Setiap negara yang berpartisipasi memiliki ahli gizi dan koki sendiri, memastikan bahwa tim hanya makan yang terbaik dan makanan yang dimaksudkan untuk mengisi "bahan bakar" tubuh. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS