Sukses

10 Hewan Termalas di Dunia, Ada yang Tidur hingga 20 Jam Sehari

Manusia pasti pernah merasakan malas, tetapi bagi banyak hewan, setiap hari adalah hari yang malas.

Liputan6.com, Jakarta - Di dunia kita yang sibuk, selalu menyenangkan untuk bersantai di sofa. Manusia pasti pernah merasakan malas, tetapi bagi banyak hewan, setiap hari adalah hari yang malas.

Hewan biasanya tampak aktif dan jarang tidur, namun berapa hewan dikenal sebagai hewan termalas di dunia. beberapa di antaranya malahan menghabiskan separuh hidunya untuk berbaring, ada juga yang bisa tidur sampai satu minggu untuk menghemat energi, bahkan Ada yang menitipkan telur di sarang hewan lain saking malas luar biasa.

Jadi hewan apa saja yang termasuk hewan termalas di dunia? Melansir One Kind Planet Senin (28/11/2022), berikut ini adalah 10 daftar beberapa hewan termalas di dunia.

1. Koala

Selain menjadi hewan yang lucu, koala juga dikenal karena kemalasan dan kemampuan tidur mereka. Koala hanya menghabiskan dua hingga enam jam terjaga setiap hari. Namun, pola makan mereka adalah penyebab rasa kantuk mereka.

Daun kayu putih mengandung racun kantuk, sangat tinggi serat dan karenanya membutuhkan banyak energi untuk mencernanya.

2. Kungkang

Ketika orang berpikir tentang kata malas, kungkang sering menjadi salah satu hewan pertama yang terlintas dalam pikiran, dan itu tidak mengherankan.

Mereka tidur hingga 20 jam sehari dan dikenal sangat lambat bergerak. Mereka tinggal di hutan hujan tropis Amerika Selatan dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka tergantung di cabang-cabang pohon, hanya bergerak jika diperlukan.

Mereka membutuhkan waktu beberapa jam untuk melakukan apa pun, setelah itu mereka biasanya beristirahat lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kuda Nil

Kuda nil benar-benar menguasai seni bermalas-malasan dan tidur selama 16 sampai 20 jam setiap hari. Ketika berada di darat, Anda akan sering melihat mereka berjemur di bawah sinar matahari dan tidur siang bersama dalam kelompok besar, tetapi mereka tidak hanya tidur di darat, mereka membawa tidur siang mereka ke air dan bahkan berhasil naik ke permukaan untuk bernapas saat masih tertidur.

Kuda nil adalah herbivora dan melakukan sebagian besar pencarian makan di malam hari. Mereka bisa menghabiskan waktu lima jam dalam satu waktu hanya untuk merumput di rumput.

4. Oposum

Oposum adalah juara tidur, tidur selama 18 sampai 20 jam sehari. Mereka bergerak sangat lambat, dan begitu mereka menemukan tempat yang menyediakan makanan dan tempat berlindung yang mereka butuhkan, mereka akan tinggal, mereka hanya memilih untuk bergerak jika benar-benar diperlukan.

5. Ular Piton

Ular piton adalah hewan yang bergerak lambat dan cenderung tidak aktif. Mereka tidur hingga 18 jam sehari secara normal dan cepat lelah.

Ketika mencerna makanan yang terjadi seminggu sekali ketika mereka makan, mereka tidur lebih banyak. Dan, sebelum mencerna mangsa atau berganti kulit yang sangat membutuhkan energi, mereka mungkin tidur selama seminggu untuk mempersiapkannya.

3 dari 4 halaman

6. Panda Raksasa

Panda raksasa terkenal karena sifatnya yang kikuk dan lamban. Mereka tidur sekitar 10 jam sehari, selama kurang lebih tiga jam setiap kali, dan akan tidur siang di mana saja.

Ketika bangun, mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk makan. Makanan pilihan mereka, bambu yang rendah nutrisi, sehingga mereka perlu mengonsumsi sekitar 20 kg sehari untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Dengan semua tidur dan makan itu, tidak heran mereka tidak banyak melakukan hal lain.

7. Ekidna

Ekidna juga dikenal sebagai landak semut atau spiny anteater, ekidna bergerak sangat lambat dan tidur selama kurang lebih 12 jam sehari.

Mereka memiliki suhu tubuh yang rendah untuk ukuran mamalia dan tidak bisa terengah-engah atau berkeringat, yang berarti mereka berjuang dengan suhu yang lebih hangat. Mereka biasanya lebih aktif di malam hari dan mungkin tidur sepanjang hari untuk menghindari panasnya matahari.

8. Hiu Perawat

Banyak spesies hiu yang harus terus berenang untuk bernapas, tetapi berbeda dengan hiu satu ini. Mereka tidak bermigrasi seperti spesies lainnya dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka berbaring tak bergerak di dasar laut, sebuah aktivitas yang dimungkinkan oleh fakta bahwa mereka dapat secara aktif memompa air melalui insang mereka.

Mereka tidak perlu makan banyak untuk mempertahankan gaya hidup mereka. Mereka akan menghabiskan sebagian besar waktu siang hari untuk tidur dan berburu di malam hari untuk mencari ikan, moluska, dan krustasea.

Mereka tidak dikenal karena keterampilan berburu mereka dan alih-alih berburu, mereka menyedot makanan yang ada di hadapan mereka dengan malas.

4 dari 4 halaman

9. Kadal Lidah Biru Kerdil

Kadal lidah biru kerdil sangat sulit dipahami dan pada satu titik dianggap punah. Berasal dari Australia, mereka hidup di liang laba-laba dan memakan serangga yang lewat.

Mereka tidak secara aktif menangkap mangsanya, lebih memilih untuk berbaring di dalam liang dengan kepala mengarah ke pintu masuk menunggu sesuatu untuk jatuh.

Mereka bahkan tidak keluar untuk minum, melainkan mengandalkan tetesan hujan dan embun yang terbentuk di sekitar lubang liang. Meski terdengar malas, gaya hidup mereka sebagian besar merupakan bentuk penghindaran predator.

10. Burung Kukuk

Daripada mengambil tuntutan menjadi orang tua, mereka meninggalkan telur-telur mereka di sarang spesies lain, seperti burung robin dan burung warbler.

Burung kukuk membiarkan burung-burung tersebut membesarkan anak-anak mereka ketika menetas, sebuah taktik yang dikenal sebagai parasitisme induk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.