Sukses

Viral! Suporter Senegal Bersih-Bersih Stadion Usai Singkirkan Qatar dari Piala Dunia 2022

Suporter Senegal tiru aksi fans Jepang membersihkan stadion Piala Dunia 2022 setelah menang atas Qatar.

Liputan6.com, Doha - Suporter Senegal meniru aksi baik yang pernah dilakukan suporter Jepang, memungut sampah yang tercecer di stadion di Stadion Al Thumama, Doha, pada Minggu, 27 November 2022.

Aksi tersebut dilakukan seusai lagi matchday kedua Grup A Piala Dunia 2022, Qatar vs Senegal dengan hasil akhir 1-3.

Kemenangan ini membuat Senegal mengoleksi tiga angka dari dua laga. Meski begitu timnas Senegal masih berada di peringkat ketiga Grup A Piala Dunia 2022. Sementara Qatar, menjadi tim pertama yang tereliminasi dari Piala Dunia 2022.

Aksi bersih-bersih stadion oleh suporter Senegal viral setelah akun media Prancis 'Stades Football Club', @StadesC, mengunggah videonya di Twitter.

"Video ketika suporter Senegal mengambil inspirasi dari Jepang dengan membersihkan stadion di akhir pertandingan melawan Qatar," tulis akun tersebut sebagai keterangan video dikutip Senin, 28 November 2022.

Dari pantauan Citizen6 Liputan6.com pada Senin pagi, akun @SiaranBolaLive juga mengunggah video dari akun @StadesC.

"Fans Senegal juga terinspirasi fans Jepang, bersih-bersih stadion," tulisnya sebagai keterangan video.

Hingga tulisan ini dibuat, video suporter Senegal bersih-bersih stadion usai timnasnya menang melawan Qatar telah dibagikan 1.529 akun dan disukai (likes) 9.161.

Ragam komentar warganet membanjiri unggahan tersebut.

"Kalau orang Senegal di World Cup: Yuk, kita meniru fans Jepang," tulis akun @CFC_*** yang dilanjutkan dengan "Kalau orang Indonesia di World Cup: Biarin aja, ada fans Jepang.".

"Dan, karena maraknya aksi-aksi seperti ini, maka 15.000 imigran petugas kebersihan di Qatar dipecat karena kebanyakan menganggur," tulis akun @ASugian*****

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekecewaan Qatar sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Qatar mencetak sejarah dengan menjadi negara pertama dari wilayah Uni Emirat Arab (UEA) yang ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Namun, sekarang hal mengenaskan justru menimpa Qatar, dengan menjadi tim pertama yang tersingkir dari kompetisi di babak penyisihan grup Piala Dunia. 

Harapan Qatar melaju ke babak berikutnya kandas setelah mengetahui skor Belanda vs Ekuador berakhir 1-1. Yang berarti satu poin tambahan yang diraih Belanda secara matematis memastikan tuan rumah Qatar tersingkir.

"Ini pertama kalinya kami di Piala Dunia. Jika kami bisa ambil bagian lagi, itu akan bagus. Selalu berguna untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman," kata pelatih timnas Qatar, Felix Sanchez dilansir BBC pada Senin (28/11).

Meski berakhir dengan kekalahan, para pemain Qatar mendapat apresiasi berupa tepuk tangan dari para penggemar pada peluit akhir.

Akan tetapi beberapa suporter tidak bisa menutup gurat kekecewaan usai mengetahui prospek Qatar untuk mencapai babak sistem gugur telah berakhir.

3 dari 4 halaman

Ajang Pembuktian

Sebelum menelan fakta bahwa Qatar tereliminasi, Sanchez menaruh harapan bahwa pertandingan kedua Grup A Piala Dunia 2022 bakal menjadi ajang pembuktian bagi timnya.

Dia ingin menunjukkan bahwa pasukan tuan rumah bisa bersaing dengan tim level atas saat menghadapi Senegal.

Dia juga tak ingin kejadian fans meninggalkan stadion, seperti di laga pertama, kembali terulang.

"Semoga kami bisa main dengan bebas tanpa beban dan lebih baik dari laga pertama. Tim ini harus membuktikan (bahwa kami) punya kemampuan," katanya seperti dikutip Reuters.

"Duel nanti dipengaruhi banyak faktor, tapi hal paling penting adalah memberi yang terbaik di Piala Dunia. Kalau tidak, Anda akan dihukum," Sanchez menambahkan.

Pelatih Senegal, Aliou Cisse, juga tidak menganggap enteng Qatar. Dia justru menganggap laga pada Minggu malam layaknya duel antara para juara di kontinental.

Seperti diketahui, Senegal merupakan pemenang Piala Afrika 2022, sedangkan Qatar pernah menjuarai Piala Asia 2019.

"Ini adalah pertandingan antara juara dari dua benua yang levelnya bagus, meski Qatar kalah di laga pertama. Kami pun sudah siap setelah (menikmati) cukup istirahat usai pertandingan pembuka melawan Belanda," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Berikut adalah susunan lengkap starting XI Qatar melawan Senegal dalam matchday kedua Grup A Piala Dunia 2022 pada Jumat (27/11/2022).

Qatar

Pelatih: Felix Sanchez

(5-3-2): Meshaal Barsham; Pedro Miguel, Ismaeel Mohammad, Boualem Khoukhi, Abdelkarim Hassan, Homam Ahmed; Hassan Al Haydos, Karim Boudiaf, Assim Madibo; Almoez Ali, Akram Afif.

Senegal

Pelatih: Aliou Cisse

(4-2-3-1): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Ismail Jakobs, Abdou Diallo; Idrissa Gueye, Nampalys Mendy; Krepin Diatta, Famara Diedhiou, Ismaila Sarr; Boulaye Dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.