Sukses

Setop 5 Kebiasaan Makan dan Minum Berikut Ini, Bisa Bikin Kulit Kering

Liputan6.com, Jakarta - Mengalami kulit kering tentu bisa membuat frustrasi dan tidak nyaman. Kulit kering juga bisa menyebabkan rasa gatal dan pengelupasan.

Ada banyak solusi yang ditawarkan untuk membantu mengatasi kulit kering, termasuk mengoleskan pelembab pada kulit, menggunakan pelembab di rumah, dan menghindari mandi dengan air panas.

Terlepas skincare maupun produk perawatan yang dipakai, kita juga perlu memperhatikan asupan yang masuk ke tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

Namun tidak banyak orang yang menyadari ada beberapa menu dan kebiasaan makan atau minum yang sebaiknya dijauhi untuk menjaga kelembapan kulit.

Mengutip Eat This Not That, Minggu (27/11/2022), jika kalian mengalami kulit kering, berikut adalah lima pola makan dan minum yang mungkin menyebabkan atau memperburuk kondisi kulit yang kering.

1. Kurang Minum Air Putih

Konsepnya cukup sederhana untuk dipahami, jika tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik, akibatnya kulit kamu mungkin tampak kering. Dehidrasi dapat dikaitkan dengan kulit kering, pada dasarnya karena tubuh tidak memiliki cukup cairan.

"Sangat penting untuk minum banyak air sepanjang hari agar tetap terhidrasi. Hal ini tidak hanya penting bagi sel-sel kalian untuk berfungsi pada tingkat optimal, tetapi juga penting untuk hidrasi kulit," kata Sarah Allen, MD, dokter kulit dan pendiri Skin Clique.

2. Kurangnya Asupan Mingguan Ikan

Dianjurkan untuk makan sekitar delapan ons ikan setiap minggu. Ikan, terutama ikan air dingin yang berminyak, mengandung asam lemak omega-3 DHA dan EPA, atau berbagai lemak sehat lainnya yang dapat mendukung faktor-faktor seperti kesehatan jantung, visual, dan mental.

Sejumlah uji klinis membuktikan skin barrier dapat dipengaruhi oleh asam lemak omega-3 ini, dengan efek penekanan pada sensasi gatal yang disebabkan oleh kulit kering.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3 Terlalu Banyak Konsumsi Alkohol

Sesekali minum segelas anggur atau segelas bir mungkin tidak akan memiliki efek besar pada integritas kulit Anda. Namun, minum terlalu banyak alkohol dapat memiliki efek dehidrasi pada tubuh, yang mungkin berperan dalam risiko seseorang mengalami kulit kering.

Jika Anda sedang ingin minum koktail, cobalah mocktail sebagai gantinya untuk minuman yang menyenangkan tanpa minuman keras.

 

3 dari 4 halaman

4. Tidak Suka Makan Kuning Telur

Kuning telur adalah pembangkit nutrisi. Makanan ini mengandung banyak nutrisi utama termasuk vitamin D. Beberapa data menunjukkan bahwa, kadar vitamin D yang rendah mungkin terkait dengan status hidrasi kulit, oleh karenanya, makan makanan dengan vitamin D bisa sangat bermanfaat bagi kulit.

Sebuah penelitian terbaru dari American Heart Association (AHA) menunjukkan bahwa, individu yang sehat dapat memasukkan hingga sebutir telur utuh setiap hari sebagai bagian dari pola diet jantung sehat.

Bagaimana jika memiliki alergi terhadap kuning telur? Kamu bisa mendapatkan vitamin D dalam pola makan kamu dengan mengonsumsi salmon, jamur yang terkena sinar UV, dan jus jeruk murni.

 

4 dari 4 halaman

5. Minimnya Konsumsi Kolagen

Kolagen adalah bahan yang populer dalam suplemen, makanan ringan, dan bahkan minuman untuk mendukung kesehatan kulit.

Sebuah studi yang menggunakan tripeptida kolagen menunjukkan peningkatan penting dalam elastisitas dan hidrasi kulit, menunjukkan bahwa tambahan ini dapat membantu mereka yang memiliki kulit kering.

Allen menambahkan bahwa, jika seseorang memiliki pola makan yang seimbang, mereka tidak perlu membutuhkan suplemen kolagen. Daging sapi, ayam dengan kulit, dan kaldu (ayam, babi, dan sapi) adalah sumber kolagen yang bagus untuk hidrasi kulit kita.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS