Sukses

Punya Banyak Penggemar, Berikut 7 Olahraga Paling Digemari di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga merupakan suatu aktivitas yang bertujuan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh. Olahraga memiliki ragam cabang mulai dari olahraga darat, air, hingga udara.

Selain itu olahraga terdiri dari olahraga fisik dan nonfisik. Olahraga fisik seperti renang, basket, dan bola. Sedangkan nonfisik biasanya memakai pikiran seperti catur dan billiar.

Saat cabang olahraga ini semakin banyak, perdebatan tentang ‘olahraga apa yang paling digemari’ di seluruh dunia muncul. Apakah itu sepak bola, badminton, atau yang lainnya?

Berikut 7 Olahraga yang paling digemari dan dilakukan oleh banyak orang di dunia dikutip dari worldatlas, Sabtu (26/11/2022).

1. Sepak Bola

Lebih dari 3.5 miliar fans sepak bola tersebar di penjuru dunia. Olahraga ini begitu dicintai karena permainannya yang mendebarkan dan aksi yang serba cepat.

Sepak bola berasal lebih dari 3.000 tahun yang lalu ketika pertama kali dimainkan oleh suku Aztec. Mereka menyebutnya Tchatali dan bermain dengan batu sebagai bola.

Pada abad ke-2 dan ke-3 Sebelum Masehi, permainan bola pertama, yang disebut Cuju, terjadi di Tiongkok. Mereka bermain dengan bola kulit yang diisi dengan bulu.

Di Yunani dan Roma kuno, permainan bola juga dimainkan, tapi bukan di Panhellenic Games atau di Amfiteater.

Seiring berjalannya waktu, permainan ini berevolusi menjadi bentuknya yang sekarang dan menjadi populer di seluruh Eropa sebelum menyebar ke bagian lain dunia.

Saat ini, jutaan orang menikmati menonton pertandingan sepak bola dan memainkannya secara teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Cricket

Olahraga ini memiliki banyak penggemar lebih dari 2.5 miliar orang.

Olahraga ini memiliki sejarahnya tersendiri. Sejak abad ke-13 ketika pertama kali dimainkan di lapangan desa dan lapangan di seluruh Inggris.

Saat ini, kriket sangat populer di Australia dan Inggris, tetapi orang-orang dari segala usia dan dari seluruh penjuru dunia menikmati dan berpartisipasi dalam liga dan turnamen.

Ada banyak alasan kriket menjadi sangat populer. Salah satunya, permainan ini sangat dinamis, dengan batsmen berlari di antara gawang dan bowlers memutar bola dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, kriket adalah permainan yang strategis, dengan pemain harus membuat keputusan cepat dengan cepat agar berhasil.

3. Hockey

Olahraga ini memiliki 2 miliar penggemar. Asal-usul hoki berasal dari abad ke-18 di Inggris. Seiring berjalannya waktu, variasi yang berbeda dari olahraga ini berkembang saat orang-orang memainkan versi permainan mereka sendiri.

Beberapa contoh penting termasuk hoki lapangan (dimainkan di lapangan rumput atau), hoki jalanan (dimainkan di atas aspal atau beton), dan hoki roller (dimainkan dengan sepatu roda).

Hoki es berasal dari Kanada dan dengan cepat diadopsi di seluruh dunia sebagai bentuk utama dari olahraga ini.

3 dari 4 halaman

4. Tenis

Tenis memilik lebih 1 miliar penggemar di seluruh dunia. Dikenal karena penampilan aksi serba cepat dan kompetisi dengan taruhan tinggi, tenis adalah favorit di antara orang-orang dari segala usia dan latar belakang.

Salah satu alasan utama tenis menjadi begitu populer selama bertahun-tahun adalah karena tenis merupakan olahraga yang mudah diakses dan dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala usia dan kemampuan. 

5. Voli

Berasal dari Amerika, voli memiliki perkiraan angka partisipasi global yang mengesankan, yaitu 998 juta orang.

Versi indoor dan outdoor olahraga ini dimainkan di seluruh dunia, dengan lebih dari 220 federasi nasional yang berafiliasi yang terdaftar di badan pengatur global bola voli 'FIVB'.

Olahraga ini melibatkan dua tim yang saling berhadapan di lapangan yang dibagi menjadi dua bagian oleh jaring.

Tujuan permainan ini adalah menggunakan tangan atau lengan Anda untuk memukul bola melewati net sehingga bola mendarat di dalam setengah lapangan lawan Anda.

Anda mencetak poin setiap kali Anda melakukan ini, dan tim pertama yang mencapai 25 poin memenangkan permainan.

4 dari 4 halaman

6. Tenis Meja

Diperkirakan 850 juta menggemari olahraga tenis meja. Bagian yang membuat tenis meja begitu menarik adalah aturannya yang sederhana dan teknik yang mudah dipelajari. Siapa pun dapat mengambil dayung dan mulai bermain, tanpa memandang usia atau kemampuan fisik.

7. Bola Basket

Penggemar dari salah satu olahraga menembak bola dalam ring ini mencapai 800 juta orang.

Olahraga yang penuh energi dan mendebarkan ini, dinikmati oleh orang-orang dari segala usia dan latar belakang, telah menjadi aktivitas yang populer di antara para atlet profesional dan pemain biasa.

Ada banyak alasan mengapa bola basket disukai oleh begitu banyak orang. Pertama, olahraga ini hanya memerlukan sedikit peralatan untuk memulainya, hanyalah bola dan ring atau target lain untuk mencetak poin.

Kedua, permainan itu sendiri mudah bagi pemula untuk mengambilnya tetapi cukup menantang untuk membuat pemain tingkat lanjut tetap waspada.

Dan terakhir, bola basket adalah cara yang menyenangkan untuk tetap aktif dan bersosialisasi dengan teman maupun klub.

Dilansir dari Realbuzz (26/11), olahraga ini terkenal juga dikarenakan oleh tokoh-tokoh legendaris dalam dunia bola basket seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant, telah membantu peningkatan popularitas global olahraga ini dari akarnya di Amerika.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS