Sukses

Heboh! Petugas Bandara Temukan Kucing Oren di Dalam Koper

Liputan6.com, Jakarta - Membawa hal-hal aneh di pesawat selain dianggap tabu juga kerap kali dilarang oleh petugas bandara, termasuk hal satu ini. Belum lama ini seekor kucing oren membuat heboh bandara karena ditemukan tengah meringkuk di dalam koper seorang penumpang. 

Kucing oren itu ditemukan di dalam koper saat koper melewati pemeriksaaan mesin x-ray di Bandara Internasional John F Kennedy (JFK), Amerika Serikat.

'Penumpang gelap' itu ditemukan ketika alarm berbunyi di titik pemeriksaan bagasi pada 16 November 2022 lalu.

Juru bicara Transportation Security Administration (TSA), Lisa Farbstein, mengunggah cuitan di platfrom Twitternya, menceritakan pengalaman dengan seorang penumpang yang tidak disebutkan namanya. 

Unggahan tersebut disertai dengan foto koper yang tidak tertutup rapat, dan terdapat rambut oranye, seperti bulu kucing. 

"Koper itu kemudian dibuka oleh petugas TSA, mereka kaget melihat ada kucing oranye hidup di dalamnya," kata Farbstein, dilansir The Washington Post, pada Jumat (25/11/2022).

Pasalnya, pemilik koper yang hendak berpergian dari New York ke Orlando ini tidak menyadari bahwa terdapat seekor kucing di dalamnya.

Setelah dihubungi oleh pihak TSA, penumpang itu mengatakan kucing tersebut bukan miliknya, melainkan milik orang lain yang ada di rumahnya.

Cuitan Farbstein diakhiri dengan pelesetan untuk memvalidasi bahwa kucing itu baik-baik saja.

"Sisi baiknya, kucing itu keluar dari koper dan kembali ke rumah dengan selamat," katanya.

Setelah diusut oleh tim The Post, pemilik kucing mengatakan bahwa kucing yang bernama Smells ini telah merangkak masuk ke dalam koper saat ia sedang bekerja.

Ia tidak menyadari kucing oren itu hilang sampai mendapati kabar dari petugas bandara.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Bukan Pertama Kalinya

Sekadar informasi, dilansir The New York Post, sebagian besar maskapai penerbangan di Amerika Serikat memang mengizinkan hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing untuk terbang bersama pemiliknya di kabin utama.

Namun, hewan peliharaan yang diizinkan terbang adalah mereka memenuhi persyaratan ukuran, usia, dan tujuan di AS untuk penerbangan hingga 12 jam.

Kejadian masuknya hewan peliharaan ke koper bukan baru pertama kali terjadi. Pada Oktober 2021, Kristi dan Jared Owens sedang melewati pemeriksaan bagasi di Bandara Internasional Lubbock Preston Smith, Texas.

Kemudian petugas Southwest Airlines memberi tahu mereka bahwa koper tersebut overweight  alias kelebihan beban. 

Ketika pasangan itu membuka koper untuk mengemas ulang dan menghindari biaya kelebihan beban, mereka terkejut menemukan Icky, anjing chihuahua mereka seberat 2 kilogram, terselip di salah satu sepatu Jared.

"Apa yang sedang terjadi? Ini benar-benar tidak nyata," kata Kristi saat bercerita kepada The Washington Post pada saat itu. 

Baik Icky maupun Smells yang terperangkap di Bandara JFK, sangat beruntung bisa ditemukan sebelum ditempatkan di bagasi pesawat. Jika terperangkap di bagasi, akan berakibat fatal.

3 dari 4 halaman

Apakah Membawa Hewan Peliharaan Berlaku di Penerbangan Indonesia?

Sebelumnya, viral pada awal tahun 2022 sebuah video tentang kucing naik pesawat. Video singkat itu dibagikan akun TikTok @pramugara_pramugari pada 16 Januari 2022 dan sempat diramaikan oleh warganet.

Video viral tersebut sudah ditonton lebih dari 2,3 juta kali dan mendapatkan lebih dari 3.200 komentar. Warganet yang membanjiri kolom komentar sebagian bertanya pada sang pengunggah video tentang syarat membawa kucing naik pesawat.

Video singkat itu dibagikan ulang di akun Instagram @kucingthecat pada 18 Januari 2022. Dalam video itu terlihat seorang pria membawa kandang transparan berisi kucing saat naik pesawat rute domestik.

"Ajak kucing naik pesawat check #pesawat #pramugari #cutecat," tulis akun TikTok @pramugara_pramugari dalam keterangan video. Kucing yang ikut naik pesawat ini tampak tenang ketika diajak berjalan-jalan pemiliknya.

Video itu memperlihatkan kucing berada di dalam kandang transparan sejak dari bandara, kemudian duduk di dalam pesawat.

4 dari 4 halaman

Surat Keterangan Wajib untuk Bawa Hewan Peliharaan Naik Pesawat

Dalam unggahan lainnya, dituliskan saat ini baru maskapai Garuda Indonesia yang mengizinkan penumpang membawa hewan peliharaan.

Namun, hanya tiga jenis hewan yang diizinkan masuk ke kabin, yaitu kucing, anjing, dan burung. Mereka harus melewati proses karantina hewan di bandara terlebih dahulu. Kemudian, pemilik juga melengkapi beberapa surat keterangan ke bagian kargo.

Ada tiga surat keterangan yang wajib dipersiapkan penumpang, yaitu:

1. Surat keterangan dari dokter hewan yang menyatakan kesehatan hewan baik dan tidak mempunyai penyakit menular.

2. Surat izin pengangkutan dari kantor karantina setempat.

3. Surat pembebasan tanggung jawab (pada saat penerimaan di bandara).

Penumpang yang ingin membawa hewan peliharaan disarankan melakukan pengurusan surat tersebut jauh-jauh hari. Hal penting lainnya, yakni menyiapkan biaya ekstra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.