Sukses

8 Kebiasaan Saat Keramas yang Ternyata Merusak Rambut

Liputan6.com, Jakarta - Mencari tahu trik untuk mendapatkan rambut yang sehat tidak semudah kelihatannya. Ada beberapa kesalahan yang mungkin tidak pernah Anda sadari yang telah Anda lakukan yang dapat menyebabkan kerusakan, dehidrasi rambut, atau bahkan infeksi kulit kepala.

Kita berusaha keras mencari penyebabnya dan cara untuk mengatasinya. Pernahkah Anda berpikir bahwa masalah sebenarnya mungkin karena kesalahan mencuci rambut atau keramas yang Anda lakukan?

Nah, rambut yang sehat dimulai saat Anda mencuci rambut. Rambut Anda juga bisa hancur saat keramas oleh kesalahan yang bahkan tidak kita sadari. Anda mungkin melihat kesalahan-kesalahan ini sebagai hal yang sepele, tetapi kesalahan-kesalahan ini dapat menghilangkan kilau rambut Anda.

Melansir Boldsky Selasa (22/11/2022), berikut 8 kesalahan saat keramas yang merusak rambut Anda.

1. Sering Mencuci Rambut

Rambut yang segar dan bersih menenangkan kita. Kita pasti ingin semua minyak yang ada dirambut itu hilang secepatnya. Tetapi, sering keramas bisa berbahaya bagi rambut Anda.

Hal ini akan menghilangkan minyak alami kulit kepala Anda dan membuat rambut Anda kering dan keriting. Hal ini juga menyebabkan rambut bercabang.

Jangan cuci rambut Anda setiap hari. Keramaslah saat perlu dicuci. Beri jarak sekitar dua hari tetapi jangan lebih dari lima hari.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Menggunakan Air Panas Untuk Mencuci Rambut Anda

Mandi air panas benar-benar merupakan anugerah Tuhan bagi kita manusia. Mandi air panas akan menghilangkan semua stres dan membuat kita rileks.

Namun, rambut Anda mungkin berpikir berbeda. Air panas lagi-lagi dapat mengikis minyak rambut Anda sehingga membuatnya kering dan dehidrasi. Hal ini juga membuat rambut Anda rentan terhadap kerusakan rambut dan ujung bercabang.

3. Tidak Membilas Rambut Sebelum Mencuci

Hal pertama yang kita lakukan saat kita melangkah ke kamar mandi adalah membasahi rambut dan langsung mengoleskan sampo. Berhentilah melakukan itu.

Anda perlu meluangkan waktu setidaknya 30 detik untuk membilas rambut Anda secara menyeluruh sebelum mengaplikasikan sampo. Hal ini memungkinkan kotoran yang menumpuk untuk dibersihkan dan membersihkan rambut Anda dengan lebih baik.

  

3 dari 4 halaman

4. Pembersihan Tunggal

Apakah Anda membersihkan rambut Anda dua kali? Jika tidak, segera mulai. Yang perlu Anda lakukan adalah keramas rambut Anda secara menyeluruh, bilas dan ulangi prosesnya. Pencucian pertama akan membilas lapisan atas debu dan kotoran. Pencucian kedua akan memberi Anda pembersihan menyeluruh.

5. Sering Berganti Shampo

Berapa kali Anda mengganti sampo karena sudah tidak lagi merasakan manfaat dari sampo tersebut? Sebenarnya Anda tidak perlu melakukan itu. Kecuali jika Anda telah mengubah rutinitas perawatan rambut Anda. Misalnya, jika Anda telah mewarnai rambut Anda, Anda perlu beralih ke sampo yang ideal untuk rambut yang diwarnai.

6. Melewatkan Kondisioner

Kondisioner adalah langkah penting dan terakhir dari mencuci rambut Anda dan jika Anda melewatkan langkah ini, Anda mengundang kerusakan rambut. Kondisioner menghaluskan kutikula rambut Anda dan membuatnya ramping dan halus. Setelah keramas, aplikasikan kondisioner ke bagian bawah rambut Anda, biarkan selama beberapa menit dan bilas nanti.

 

 

 

4 dari 4 halaman

7. Mengaplikasikan Kondisioner Pada Kulit Kepala

Meskipun kondisioner sangat baik untuk rambut Anda, namun ini bukan pilihan yang baik untuk kulit kepala. Bahan kimia yang ada dalam kondisioner dapat membuat akar rambut Anda rusak, menyebabkan rambut rontok dan kerusakan rambut. Selalu terapkan konsidioner pada rambut Anda dari bagian tengah hingga ujung. 

8. Bersikap Keras Saat Mengeringkan Rambut

Setelah kita selesai dengan sampo dan kondisioner, kita mengambil handuk dan terkadang menggosok rambut dengan kuat hingga kering.

Hal ini merusak rambut Anda, membuatnya kusut dan mengundang rambut bercabang. Bersabarlah. Peras kelebihan air dari rambut Anda dengan lembut dan gunakan kaos katun tua untuk menyerap air yang tersisa dan biarkan rambut Anda kering.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS