Sukses

Alur Cerita Black Panther: Wakanda Forever Terjadi di Dunia Nyata?

Alur cerita Black Panther: Wakanda Forever ternyata sejalan dengan apa yang terjadi di dunia nyata. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Film MCU Black Panther: Wakanda Forever yang menandai akhir dari fase empat Marvel telah memikat para pecinta Marvel setelah Black Panther 2018. Ada banyak aspek dari film ini yang menarik perhatian para kritikus film dan penulis.

Mengutip Digital Spy, Selasa (22/11/2022), film ini mengandung hal-hal yang berhubungan dengan kolonialisme dan tradisi Afrika yang sesuai dengan dunia nyata. Black Panther: Wakanda Forever membawa penonton pada perjalanan geopolitik dan sejarah dunia.

Setelah kematian Raja T'Challa (Chadwick Boseman), keluarga dan bangsa Wakanda harus memakamkan pelindung utama mereka. Mereka yang hadir terlihat mengenakan pakaian putih, yang terdiri dari berbagai pakaian, penutup dan hiasan kepala. 

Semua yang hadir, termasuk ibu T'Challa, Ramonda (Angela Basset), yang kemudian menjadi Ratu (lagi), dan saudara perempuannya Putri Shuri (Letitia Wright), juga terlihat mengenakan riasan wajah putih, ciri khas yang mencolok dari pemakaman di Afrika.

Di samping prosesi, ketika peti jenazah T'Challa dibawa, orang-orang terlihat bernyanyi dan menari, dengan beberapa orang Wakanda memainkan drum. Prosesi ini akhirnya disusul oleh kelompok yang tampil dan menari.

Bagi mereka yang tidak mengetahui tradisi pemakaman Afrika, pemandangan itu diwarnai dengan perbedaan. Ramonda, Putri Shuri, dan teman-teman keluarga dekat semuanya berduka karena kehilangan orang yang mereka cintai.

Sementara secara bersamaan dikelilingi oleh apa yang tampaknya merupakan perayaan yang menggembirakan. Itu karena Raja T'Challa mendapatkan upacara penguburan tradisional Afrika.

Tradisi Afrika dalam menari dan bernyanyi di pemakaman sudah ada sejak beberapa generasi yang lalu, dengan pemakaman yang dipandang bukan sebagai kesempatan untuk berduka saja, tetapi untuk merayakan kehidupan orang yang baru saja meninggal dan merayakan apa yang mereka perjuangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kolonialisme

Selain itu, kolonialisme juga merupakan aspek historis yang secara konsisten terlihat dalam film ini.

Apa yang membedakan negara imajiner Wakanda dari negara-negara tetangganya di Afrika adalah bahwa negara ini tidak pernah menjadi mangsa kekuatan imperialisme atau kolonialisme Eropa, selangkah mundur dari kenyataan yang kita jalani. 

Wakanda menyuguhkan kepada para penonton sebuah pandangan terhadap sebuah negara dan masyarakat Afrika yang tidak tersentuh oleh penjajahan.

Tema dan motif kolonialisme digambarkan secara gamblang dalam konsentrasi Vibranium di Wakanda, logam langka yang menjadi sumber kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa ini.

Itu juga alasan mengapa mereka tetap bersembunyi dari dunia. Namun, akhir dari Black Panther mengisyaratkan bahwa Wakanda bermaksud untuk terlibat dalam urusan internasional, bergeser dari posisi isolasi tradisionalnya

3 dari 4 halaman

Kepentingan Eksploitatif

Peristiwa-peristiwa dalam sekuel ini memberikan gambaran yang berbeda. Pada pertemuan PBB, satu tahun setelah kematian T'Challa, Ratu Ramonda dihukum oleh Menteri Luar Negeri AS karena tidak memenuhi janji mereka untuk terlibat dalam urusan internasional. 

Prancis  bahkan mengklaim bahwa Wakanda belum berbagi vibranium mereka dengan seluruh dunia dan bahwa mereka menggunakannya untuk membuat senjata pemusnah massal.

Tindakan-tindakan dari negara-negara bekas penjajah ini secara mencolok mencerminkan sikap kulit putih rasisme paternalistik yang ada di balik penjajahan Afrika.

Gagasan-gagasan ini dipraktekkan dalam eksploitasi benua Afrika, dengan Perancis memainkan peran kunci dalam Perebutan Afrika dan Amerika yang secara berkala mendorong ketidakstabilan di negara-negara Afrika yang baru merdeka untuk melayani kepentingan mereka sendiri. 

Praktek menyembunyikan kepentingan eksploitatif dibalik gagasan-gagasan yang bermaksud baik dan saling menjaga satu sama lain adalah kenyataan historis.

Seperti halnya keyakinan bahwa orang-orang Wakanda tidak dapat dipercaya untuk mengawasi sendiri bahan yang begitu kuat, sehingga untuk melindungi mereka, negara-negara Eropa dan Amerika yang lebih layak harus memiliki akses ke sumber daya yang berharga itu. 

Ratu Ramonda menolak kedua argumen tersebut dengan cepat, dan menyalahkan Perancis atas kegagalan upaya pencurian vibranium di sebuah pos terdepan Mali malam sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Vibranium

Sentuhan-sentuhan halus, namun reflektif yang ada justru menambah keaslian film ini. Lagipula, akan aneh jika orang Amerika atau Eropa tidak menunjukkan ketertarikan sama sekali pada Wakanda dan vibranium.

Eksploitasi sumber daya mineral Afrika di luar negeri adalah fakta sejarah yang sedang berlangsung dan meluas yang tidak bisa diabaikan.

Meskipun film ini fiksi, penggabungan praktik-praktik kolonialisme membuatnya menjadi tontonan yang benar-benar menarik dan mengingatkan pembaca bahwa plot fiksi ini telah terjadi, dan terus terjadi, dalam kehidupan nyata.

Film ini membuktikan bahwa topik-topik 'sensitif' seperti kolonialisme dapat dengan sukses dimasukkan ke dalam film laris dan populer tanpa mengalahkan atau merusak kualitasnya sebagai hiburan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.