Sukses

Ternyata, 9 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Buah dan sayur menjadi hal yang penting ketahanannya. Terkadang kita berfikir bahwa kulkas dapat menjadi solusinya. Namun ternyata tidak pada semua buah dan sayur.

Liputan6.com, Jakarta - Buah dan sayur menjadi makanan yang penting ketahanannya. Terkadang kita berpikir bahwa kulkas dapat menjadi solusinya. Namun ternyata tidak pada semua buah dan sayur.

Meskipun ada beberapa makanan yang harus selalu kamu simpan di lemari es, seperti wortel, buah beri, dan sebagian besar keju, itu bukan aturan untuk semua.

Ternyata, suhu dingin dan kelembapan lemari es dapat berdampak negatif pada beberapa produk segar dan produk bahan makanan.

Jaga agar makanan kamu tetap segar dan lezat, di dalam dan di luar lemari es. Berikut ini dilansir southernliving.com, buah dan sayur yang tidak harus dimasukan ke kulkas:

1. Tomat

Tomat segar yang kamu beli harus diletakkan di atas meja, bukan di dalam kulkas. Suasana dingin dan lembab di dalam kulkas dapat mempengaruhi tekstur tomat kamu sebelum kamu sempat menggunakannya.

Pastikan untuk menjauhkannya dari sinar matahari langsung. Tomat ceri adalah satu-satunya varietas yang cenderung tahan lama di dalam kulkas tanpa menjadi lembek atau bertepung terlalu cepat.

2. Pisang

Agar pisang terasa begitu enak, pisang harus disimpan pada suhu ruang, terutama jika pisang membutuhkan lebih banyak pematangan.

Setelah pisang mulai berubah warna menjadi coklat, gunakan segera atau bekukan untuk nanti. Ketahuilah bahwa pisang dapat menyebabkan buah di dekatnya matang lebih cepat, jadi aturlah dengan tepat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kentang dan Bawang bombay

3. Kentang

Tidak ada alasan untuk menyimpan kentang di dalam kulkas. Sejuk dan kering adalah cara yang tepat, jadi rak makananmu adalah tempat terbaik untuk menyimpan kentang, sebaiknya dalam keranjang atau kantong kertas.

Suhu dingin cenderung memengaruhi tekstur kentang dengan memecah pati, mengubahnya menjadi berpasir atau manis secara tidak sengaja.

4. Bawang bombay

Sebagian besar jenis bawang bombay (seperti kuning, putih, dan manis) paling baik jika disimpan pada suhu ruang, sebaiknya di rak makananmu  jauh dari sinar matahari langsung dan jauh dari sisa panas dari kompor atau oven.

Yang terbaik juga adalah menyimpannya sendiri, bukannya bersebelahan dengan sayuran lain, termasuk kentang, atau buah-buahan. Jika bawang bombay mulai berubah, bawang bombay dapat mengeluarkan bau atau residu yang tidak sedap. Setelah bawang dipotong, sisa potongan dapat disimpan dalam  wadah kedap udara di lemari es.

 

3 dari 4 halaman

Kopi dan Alpukat

5. Kopi

Kopi harus dijauhkan dari kelembaban, agar tidak mudah berjamur atau merusak rasa sebelum kamu sempat menyeduh semuanya. Simpan dalam wadah kedap udara di atas meja atau di rak makananmu.

Ada beberapa perdebatan tentang menyimpan biji kopi di dalam freezer sebelum digiling untuk meningkatkan rasa, tetapi itu hanya berfungsi jika biji kopi disegel dengan benar dalam wadah kedap udara.

 

6. Alpukat

Kulkas akan memperlambat proses pematangan alpukat, jadi kecuali jika kamu menumpuk terlalu banyak alpukat untuk penggunaan mingguan, simpanlah alpukat pada suhu ruangan.

Suhu dingin juga mengeraskan tekstur alpukat yang matang, yang mungkin tidak ideal untuk beberapa orang ketika  waktu makan. Setelah dipotong terbuka, simpan bagian yang terbuka di dalam kantong atau wadah di dalam lemari es.

4 dari 4 halaman

Roti, Jeruk dan Timun

7. Roti

Meskipun kulkas telah dikatakan dapat membantu menjaga roti agar tidak berjamur, kelembapan kulkas akan menarik keluar kelembapan dari roti, membuat kamu mendapatkan irisan roti yang hambar dan kering.

8. Buah Jeruk

Ketika berbicara tentang menyimpan buah jeruk, tampaknya ada beberapa perdebatan tentang apakah buah ini termasuk dalam lemari es, atau tidak.

Sejujurnya, buah jeruk jauh lebih beraroma pada suhu ruang. Dan mungkin mereka tidak dibuat untuk bertahan lebih dari beberapa minggu.

Ruang yang sejuk dan kering adalah tempat penyimpanannya, sebaiknya tidak bersentuhan satu sama lain, begitulah cara jamur menyebar paling cepat.

9. Timun

Buah lain yang dapat diperdebatkan untuk tidak disimpan di lemari es adalah mentimun dingin. Meskipun rasanya sangat menyegarkan ketika mereka didinginkan, tetapi yang terbaik adalah meyimpannya dalam lemari makananmu.

Mentimun yang disimpan di bagian terdingin dari lemari es sering mengembangkan bintik-bintik berair dan mereka mengalami pembusukan yang dipercepat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.