Sukses

Selain Black Panther: Wakanda Forever, Ini 4 Film MCU dengan Durasi Terpanjang

Selain Black Panther: Wakanda Forever, ini 5 film Marvel yang memiliki durasi yang lebih dari dua setengah jam.

Liputan6.com, Jakarta - Pada MCU Fase Pertama dan Fase Kedua, Marvel biasa memproduksi film yang memiliki durasi kurang dari dua jam. Seiring perpindahan fase, mereka mulai membuktikan kesanggupannya dalam memproduksi film yang berdurasi lebih lama.

Selain dari banyaknya karakter superhero yang sudah diperkenalkan, perkembangan konflik yang disajikan juga menjadi penyebab panjangnya durasi. Mereka kini terbiasa membuat beberapa film dengan rata-rata durasi sekitar dua setengah jam. Pada tahun 2019 lalu, Marvel akhirnya merilis film yang berdurasi tiga jam lamanya.

Sementara itu, untuk film Marvel berdurasi paling singkat saat ini dipegang oleh Thor: Love and Thunder, berbeda dengan film lain yang umumnya berdurasi paling sedikit dua jam.

Baru-baru ini dirilisnya film Black Panther: Wakanda Forever yang memiliki durasi selama 2 jam 41 menit, menjadikan film ini sebagai film MCU dengan durasi terpanjang kedua setelah Avengers: Endgame.

Durasinya yang panjang telah memuat berbagai konflik yang dihadapi para karakter, setelah kehilangan sang Raja T'Challa atau Black Panther. Film ini memperlihatkan bagaimana keamanan di kerajaan Wakanda semakin diperketat. Karena sejak tidak adanya sosok Black Panther, banyak negara terus berusaha mencuri Vibranium yang mereka miliki.

Sekuel kedua film Black Panther ini juga memperkenalkan dua karakter baru, yaitu Ironheart dan Namor. Keduanya pun diharapkan akan terus muncul ke depannya dan memiliki peran yang lebih besar terhadap masa depan MCU.

Di samping film Wakanda Forever dan Endgame, terdapat beberapa film Marvel yang turut memiliki durasi yang lebih dari dua jam. Film-film tersebut di antaranya adalah Eternals yang rilis pada 2021, Avengers: Infinity War di 2018, dan Spider-Man: No Way Home pada tahun 2021. Dilansir dari Movie Web, berikut ulasannya:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Spider-Man: No Way Home (2 Jam 28 Menit)

"Spider-Man: No Way Home" merupakan sekuel ketiga dari Spider-Man versi Tom Holland dan film ini menjadi film MCU dengan durasi terpanjang diurutan kelima. Dari ketiga sekuel Homecoming pun film ini menjadi film dengan durasi paling panjang daripada Homecoming dan Far From Home.

Film ini menyatukan tiga generasi Spider-Man di MCU, yaitu versi Tobey Maguire, Andrew Garfield, dan Tom Holland. Tidak hanya itu, musuh dari ketiga Spider-Man juga turut muncul dan melanjutkan perjalanan Peter Parker dalam pengembangan karakter yang cepat, tetapi menyakitkan.

Waktu tayang yang hampir memasuki dua setengah jam memungkinkan film ini untuk menyentuh perasaan para penontonnya, bersamaan dengan Peter yang belajar tentang arti menjadi seorang pahlawan.

3 dari 6 halaman

2. Avengers: Infinity War (2 Jam 29 Menit)

Karakter Thanos melakukan debut sebenarnya pada film "Avengers: Infinity War". Dirilis pada tahun 2018, film ini menyatukan teka-teki yang muncul di akhir adegan film Guardians of the Galaxy Vol. 2 dan juga post-credit Thor: Ragnarok.

Bisa dikatakan bahwa karakter Thanos tidak sepenuhnya bisa disebut sebagai penjahat, mengingat tujuan hidup yang dimilikinya. Namun, karena dihadapkan oleh para superhero MCU yang bersatu, ia pun menjadi akar masalah dari segala konflik di setiap film MCU sebelumnya.

Misinya yang ingin mengembalikan keseimbangan dunia dengan cara menghapus separuh populasi di setiap planet, membuat Thanos dipandang sebagai penjahat. Para superhero yang bertemu satu sama lain pun saling bekerja sama untuk mencegah Thanos menjalankan misinya. Namun, pada akhirnya Thanos berhasil menghapus separuh populasi di Bumi dan melenyapkan beberapa karakter superhero.

 

4 dari 6 halaman

3. Eternals (2 Jam 37 Menit)

Dibintangi oleh aktor dan aktris populer, seperti Angelina Jolie, Richard Madden, Gemma Chan, dan Kit Harrington, "Eternals" dirilis pada tahun 2021 lalu. Eternals merupakan film yang sangat ambisius saat memperkenalkan tentang karakter-karakter Eternals dan musuhnya, Deviant di MCU.

Muncul juga para Celestial, yang salah satunya dikenal sebagai Arishem the Judge. Arishem merupakan Celestial dikenal telah menciptakan Matahari pertama dan membawa cahaya ke alam semesta. Ia juga yang memerintahkan Eternals untuk turun ke bumi.

Banyak penggemar berekspektasi bahwa Eternals akan menjadi film yang mengeksplorasi dunia MCU lebih jauh dibandingkan Endgame. Ini karena sebelumnya, karakter Eternals dan Deviant belum pernah muncul sebelumnya dan durasi film yang cukup lama menunjukkan hubungan di antara keduanya dengan baik.

5 dari 6 halaman

4. Black Panther: Wakanda Forever (2 Jam 41 Menit)

Perilisan film "Black Panther: Wakanda Forever" dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada mendiang Chadwick Boseman, aktor yang memerankan karakter T'Challa atau Black Panther. Film ini menceritakan tentang kondisi kerajaan Wakanda usai ditinggal oleh raja mereka.

Di samping dari duka yang sedang dihadapi, Ratu Ramonda mengerahkan keamana Wakanda untuk melindungi kerajaan dan sumber daya yang dimilikinya. Ini mengingat seluruh dunia yang sudah mengetahui absennya Black Panther dan menganggap negara tersebut berdiri tanpa pertahanan.

Terdapat beberapa karakter baru yang melakukan debutnya pada film ini, di antaranya adalah Ironheart dan Namor. Di sini, Namor berperan sebagai musuh kejam yang berasal dari bawah laut. Dirinya ingin bekerja sama dengan Wakanda, tetapi mereka terlebih dahulu ingin mengetahui apakah anggota kerajaan tersebut bisa dipercaya.

 

6 dari 6 halaman

5. Avengers: Endgame (3 Jam 2 Menit)

"Avengers: Endgame" bisa disebut sebagai puncak dari sepuluh tahun pembangunan cerita di dunia superhero MCU. Endgame adalah film MCU pertama yang diluncurkan dengan durasi lebih dari tiga jam. Salah satu sekuel Avengers ini memanfaatkan runtime dengan baik dan menampilkan adegan-adegan yang mengesankan.

Film ini merupakan film penutup dari The Infinity Saga. Oleh karena konflik dan kemunculan hampir seluruh karakter superhero di dalam satu film, jelas alasan mengapa film ini memiliki durasi yang panjang.

Sebagian besar film menceritakan proses yang harus dijalankan setiap anggota Avengers yang tersisa untuk mengeksekusi misi menjelajahi waktu dan menemukan infinity stones lebih awal daripada Thanos. Melalui film ini, Marvel menunjukkan bahwa rencana besar dan eksekusi yang lebih baik dapat mewujudkan kesuksesan yang besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.