Sukses

Tak Hanya Anak-Anak, 6 Film Kartun Ini Cocok Ditonton Orang Dewasa

Simak deretan film kartun yang cocok ditonton oleh orang dewasa, penuh dengan Dark Jokes.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu mendengar kartun hanya diperuntukkan untuk anak kecil? Penyataan itu ternyata salah besar. Kartun nyatanya bisa dinikmati oleh siapa saja. Terlebih lagi dalam film kartun terdapat beberapa pesan yang terkadang hanya dimengerti oleh orang dewasa.

Lelucon yang bisa dinikmati oleh orang dewasa juga biasa disebut dengan 'dark jokes'. Terkadang maksud-maksud tersirat dalam film kartun itu mengandung arti yang lebih kejam daripada yang dipertontonkan. 

Namun, masyarakat sering kali menganggap orang dewasa yang suka menonton kartun sebagai perilaku kekanak-kanakkan. 

Faktanya, seperti melansir dari Momababyect, Jumat (11/11/2022), di Amerika Serikat, lebih dari 60 persen orang dewasa mengaku bahwa mereka masih menyukai dan menonton film kartun. Selain untuk menghibur, berikut deretan manfaat nonton film kartun bagi orang dewasa. 

- Tingkatkan kepercayaan diri

- Menghidupkan kembali kenangan masa lalu

- Mengajarkan pelajaran hidup

- Pereda stres

Setidaknya ada enam tayangan kartun yang bisa dinikmati oleh orang dewasa. Karena memiliki pesan tersirat yang bisa dimengerti orang dewasa dan alur cerita yang menarik. Berikut film-film tersebut, seperti melansir dari The Wrap.

1. Avatar : The Last Airbender / The Legend of Korra 

Film ini adalah film bergenre fantasi yang mengandung banyak pesan, seperti cinta Tanah Air, melindungi sesama, setia kawan, kegigihan dan masalah mental seperti, trauma, sensitif dan moody.

'The Last Airbender' dan sekuelnya 'Legend of Korra' menceritakan dunia unik yang dipengaruhi oleh berbagai mitos Asia dan seni bela diri. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Looney Tunes

Tayangan ini sudah bertahan di dalam serial komedi, dalam waktu yang lama. Film ini cocok ditonton orang dewasa karena mengandung pesan yang hanya dimengerti oleh orang dewasa.

Seperti kecurangan, pertemanan, humor slapstick atau gaya humor yang melibatkan aktivitas fisik berlebihan yang melampaui batas komedi fisik normal.

Selain karena hal itu, kartun ini juga dipenuhi dengan episode yang penuh teka-teki klasik lintas generasi, atau yang dirunkan secara turun temurun, dari generasi ke generasi. 

3 dari 5 halaman

3. Steven Universe

Film kartun ini pantas menjadi list tontonan orang dewasa. Karena mengusung cerita dewasa dengan komedi, dan menampilkan keluarga yang hidup, tidak seperti lingkungan keluarga lain dalam film. 

Kartun ini juga menyoroti hubungan aneh yang dijalani masing-masing karakternya, dan tugas mereka yang menangani masalah berat, seperti depresi, dan peperangan. 

Sesekali kartun ini memperlihatkan adegan lucu, dan mengerikan secara bersamaan. Inilah yang menyebabkan kartun ini cocok untuk orang dewasa. Lantaran pesan tersiratnya hanya bisa dimengerti oleh orang dewasa. 

4 dari 5 halaman

4. Star Wars: Clone Wars/Rebels

Film ini menceritakan tentang perang, pemberontakan dan perselisihan yang terjadi akibat keegoisan. Kartun ini terbagi menjadi beberapa season, yang masing-masing memiliki alur cerita seru dan menegangkan.

5. Gravity Falls

Film kartun ini mengusung cerita horor dan sedih, yaitu tentang si kembar yang tinggal bersama paman mereka di kota kecil misterius Gravity Falls, Oregon ini hanya terdapat dua season, tetapi ada begitu banyak yang harus dicerna. 

Film ini dipenuhi adegan pertarungan monster, karakter yang aneh dan berbeda-beda, dan pertarungan antar dimensi yang membawa dunia kedalam Armageddon (dimensi) yang aneh. 

Sementara itu, si kemabar dan paman mereka, belajar menjadi keluarga yang saling menjaga di tengah-tengah keadaan dunia yang hancur. 

5 dari 5 halaman

6. Over The Garden Wall

Film ini sangat direkomendasikan untuk kamu tonton saat Halloween. Serial yang berjumlah 10 episode ini menceritakan petualangan Wirt dan Greg yang mencoba menemukan jalan pulang.

Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan semua jenis makhluk mengerikan. Seperti manusia labu hingga binatang buas yang mengubah anak-anak hilang menjadi pohon. 

Pertunjukannya mengambil dari berbagai cerita dari mitologi Amerika, sehingga menciptakan drama menegangkan selama jalannya cerita.

Hal inilah yang menjadi alasan, film ini recomended untuk ditonton oleh orang dewasa, karena ketegangannya mungkin hanya bisa dirasakan orang dewasa yang mengerti alur cerita. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.