Sukses

8 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Yuk, ketahui apa saja manfaat mandi air dingin bagi tubuh?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang seringkali menghindari mandi menggunakan air dingin, terutama di pagi hari. Dengan alasan tidak kuat kedinginan dan bisa menggigil.

Padahal, sebetulnya mandi air dingin miliki begitu banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Selain manfaat kesehatan, air dingin juga dipercaya bisa mempercantik kulit.

Oleh karena itu, yuk ketahui apa saja manfaat mandi air dingin bagi tubuh? Berikut ulasannya seperti melansir dari Women's Health, Kamis (10/11/22).

1. Membantu pulih dari latihan keras lebih cepat

Pernahkah Anda mendengar jika atlet mandi es setelah pelatihan untuk meningkatkan pemulihan? Nah, prinsip di balik mandi air dingin sebenarnya sangat mirip.

Dingin umumnya merangsang respons pembuluh darah, yang menyebabkan vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah). Pada dasarnya, ini terjadi untuk mengarahkan darah ke tempat yang paling dibutuhkan, dalam hal ini, organ vital.

Jadi, darah dipaksa untuk kembali ke jantung di mana kemudian dapat diangkut ke paru-paru untuk diisi ulang dan darah beroksigen ini kemudian dapat dipompa ke seluruh tubuh. Artinya Anda sekarang mendapatkan oksigen dan nutrisi segar ke area yang tepat.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Mandi air dingin selama dua hingga tiga menit sekali atau dua kali sehari, didahului dengan 'periode penyesuaian' lima menit dari air yang didinginkan secara perlahan, bisa menjadi bagian yang membantu meredakan beberapa gejala depresi. 

Di mana paparan dingin mengaktifkan sistem saraf simpatik dan karena kepadatan reseptor dingin yang tinggi di kulit, mengirimkan banyak impuls listrik dari ujung saraf perifer ke otak. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Meredakan nyeri

Seperti kebiasaan Anda meletakkan es pada luka bakar dapat memiliki efek seperti anestesi. Prinsip-prinsipnya sama dengan di mana dingin menyempitkan pembuluh darah, mengurangi pembengkakan dan juga berpotensi memperlambat laju sinyal rasa sakit yang ditransmisikan ke otak.

4. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Data menunjukkan hubungan antara mereka yang mandi air panas, dengan semburan air dingin selama 30-90 detik melaporkan lebih sedikit hari sakit dibandingkan mereka yang mandi air hangat.

Ini diduga karena peningkatan laju metabolisme yang disebabkan oleh kejutan perubahan suhu. Tubuh Anda kemudian mempercepat fungsinya untuk mencoba dan mengimbanginya.

3 dari 4 halaman

5. Membuat Anda merasa lebih waspada

Perbedaan suhu yang berkurang dari mandi air dingin akan sedikit mengejutkan tubuh Anda. Di mana dengan mengirimkan sistem saraf simpatik Anda ke dalam respons "lawan atau lari," sehingga Anda akan merasa jauh lebih fokus dan waspada.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Seperti yang telah disebutkan bahwa mandi air dingin menyebabkan pembuluh darah tubuh menyempit. Darah mengalir ke seluruh organ agar tetap hangat, meningkatkan aliran darah.

Sirkulasi yang meningkat dikaitkan dengan kesehatan kardiovaskular yang lebih baik  yang berarti jantung Anda tetap sehat dan bahagia. Namun, penting juga untuk diingat bahwa suhu dingin memaksa jantung Anda bekerja lebih keras untuk menjaga tubuh Anda tetap hangat – yang pada gilirannya, menurut British Heart Foundation, dapat membahayakan kesehatan Anda.

4 dari 4 halaman

7. Membantu membakar lemak tubuh

Paparan suhu dingin dapat melindungi dari obesitas, meningkatkan metabolisme dan mengubah komposisi bakteri usus Anda sehingga lebih cocok untuk membakar lemak, dan juga bahwa mandi air dingin dapat mengaktifkan lemak cokelat, sejenis lemak yang membantu menghasilkan panas di sekitar tubuh dengan membakar kalori.

8. Merawat kesehatan kulit

Air dingin sangat bagus untuk kulit. Bahkan percikan air dingin setelah pembersihan dapat memberi Anda kulit yang lebih cerah. Selain itu, untuk mengunci suhu inti kita, pori-pori kulit kita mengecil, yang dapat membantu memperbaiki tekstur dan penampilan kulit secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.