Sukses

Alasan Anne Hathaway Dipilih Jadi Pembicara B20 Summit di Bali

Anne Hathaway dikonfirmasi akan menjadi pembicara B20 sebagai UN Women Goodwill Ambassador.

Liputan6.com, Jakarta - Anne Hathaway dikonfirmasi akan menjadi pembicara B20 sebagai UN Women Goodwill Ambassador.  Aktris Hollywood itu akan menjadi pembicara dalam B20 Summit Indonesia yang akan diselenggarakan di Bali, pada 13-14 November 2022 mendatang. 

Kehadiran pemeran utama “The Devil Wears Prada” itu dikonfirmasi melalui akun Instagram resmi KTT B20 dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin). Meskipun hadir secara virtual, Hathaway akan menjadi pembicara dalam sesi “Mempercepat Transformasi Ekonomi dan Pertumbuhan Produktivitas Inklusif."

Bos Twitter yang baru, Elon Musk, juga dipastikan hadir dalam KTT B20 sebagai CEO Tesla bersama dengan mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, yang akan hadir sebagai ketua Tony Blair Institute for Global Change.

Selain menghadirkan Anne Hathaway, hadir pula CEO perusahaan multinasional, yaitu CEO Co-Founder dan Chairman Grab Anthony Tan dan CEO Telefonica Brazil Christian Gebara.

Kemudian ada Presiden Direktur Elang Mahkota Teknologi Alvin Sariaatmadja, Chairman Hi-Tech Group Deep Kapuria, dan Co-Founder SES dan Loral-Teleport Europe Candace Johnson.

Hathaway merupakan satu dari 96 speakers dari 30 negara yang akan dilibatkan dalam B20 Summit

Kehadiran Hathaway menjadi salah satu sorotan masyarakat Indonesia maupun dunia. Banyak yang tidak menyangka akan kehadiran Hathaway di Presidensi G20 Indonesia kali ini. 

Tapi, mengapa Hathaway dilibatkan dalam B20 sebagai perwakilan PBB? Lalu, apa itu B20 dan bedanya dengan G20?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sepenting Apa B20?

Mengutip laman Sherpa G20 Indonesia, The Business 20 atau B20, merupakan outreach group dari G20 yang mewakili komunitas bisnis internasional.

Engagement Group terdiri dari delapan grup yang tergabung. Rincian kedelapan Engagement Group dalam G20 antara lain B20, T20, W20, Y20, L20, U20, C20, dan S20.

B20 fokus pada bisnis dan terdiri dari 6,5 juta komunitas bisnis internasional yang menyumbang 80 persen PDB dunia. Melalui keberadaan para pelaku bisnis dari seluruh dunia, B20 merefleksikan peran dan sektor swasta sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, dan berimbang.

B20 Indonesia menggelar rangkaian pertemuan, dialog dan merangkum rekomendasi dari komunitas bisnis global dalam bentuk policy recommendation yang akan diusung di G20 Summit tanggal 15-16 November 2022 yang juga berlangsung di Bali.

Sejumlah isu penting yang dihasilkan pasti mengerucut dalam bentuk legacy pada rangkaian B20. Legacy tersebut juga sejalan dengan arahan dari B20 International Advocacy Caucus (IAC), yang terdiri dari 30 pemimpin bisnis global terkemuka dan organisasi internasional yang membantu merumuskan kebijakan strategis dalam Presidensi B20.

Agenda B20 Indonesia Summit rencananya akan diisi dengan beberapa rangkaian side events seperti B20 Net Zero & Investment, Bloomberg NEF Summit, OCEAN20, dan lain-lain.

3 dari 4 halaman

Kenapa Harus Anne Hathaway?

Anne Hathaway ditunjuk sebagai UN Women Goodwill Ambassador pada Juni 2016. Ia mendedikasikan upayanya untuk meningkatkan kesadaran akan masalah beban kerja pengasuhan yang tidak setara di rumah dan mengadvokasi layanan pengasuhan anak yang terjangkau dan masalah cuti bersama orang tua.

Hathaway diketahui akan membahas masalah inklusifitas.

Dalam hal kesetaraan atau inklusifitas, Hathaway adalah seorang yang berkomitmen untuk menyuarakan perubahan. Dia sebelumnya pernah menjadi advokat untuk Nike Foundation untuk meningkatkan kesadaran terhadap pernikahan anak.

Pada 2013, ia memberikan penuturan pada 'Girl Rising,' sebuah film dokumenter CNN, yang berfokus pada kekuatan pendidikan wanita sebagaimana film ini mengikuti tujuh anak perempuan di seluruh dunia yang berusaha mengatasi rintangan dan mengikuti impian mereka.

"Saya merasa terhormat dan terinspirasi oleh kesempatan ini untuk membantu memajukan kesetaraan gender," kata Hathaway.

Hathaway telah bekerja sama dengan The Girl Effect, World of Children, Rumah Sakit Penelitian Anak St Jude, dan merupakan anggota dewan The Lollipop Theatre Network. 

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Hathaway pertama kali dikenal karena penampilannya sebagai Mia Thermopolis dalam Princess Diaries (2001) dan sekuelnya, sebelum membangun kariernya di antara aktris-aktris terkemuka Hollywood dengan perannya dalam Brokeback Mountain (2005) dan kemudian salah satu film terbesarnya yang sukses secara komersial hingga saat ini, The Devil Wears Prada (2006).

Baik sebagai aktris maupun produser, Hathaway telah menerima penghargaan Academy Award, Golden Globe, Screen Actors Guild, dan British Academy of Film and Television Arts untuk aktris pendukung terbaik dalam film "Les Misérables" karya Tom Hooper. 

Kiprahnya di Hollywood sudah tidak diragukan lagi. Maka dari itu, respons warganet akan kehadiran Hathaway di B20 kali ini sangat beragam.

Banyak yang mengaku kaget dan tidak percaya bahwa Hathaway akan menjadi salah satu speakers di B20 kali ini. Walaupun virtual, banyak juga yang antusias mendengar ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.