Sukses

Sering Kesiangan? Berikut 6 Trik yang Bisa Bantu Anda Bangun Lebih Pagi

Berikut ini tips dan trik agar bisa bangun pagi untuk kamu yang sering kesiangan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mengatur alarm sebelum tidur dengan niat membantu mereka bangun di pagi hari tapi ternyata tidak sedikit dari kita membiarkan alarm itu berdering dan kita masih di tempat tidur alias tetap tidak bisa bangun lebih pagi dan berakhir kesiangan. Memang tidak heran sebagian orang merasa sulit bangun di pagi hari.

Jika Anda bukan termasuk morning person dan kerap merasa kesulitan untuk bangun pagi, berikut tips dan triknya melansir laman Everyday Health, Kamis (10/11/22), apa saja?

1. Ketahui Alasan Mengapa Perlu Bangun Pagi

Apa motivasi Anda bangun di pagi hari? Apakah Anda ingin bangun pagi untuk sarapan bersama keluarga, berolahraga, atau hanya merenung sejenak agar lebih siap menghadapi hari? Setelah Anda mengetahui alasan Anda kemudian beri tahu keluarga atau teman sekamar Anda tentang perubahan yang Anda ingin buat. Sebab hal ini bisa membantu sama halnya seperti jam alarm.

2. Persiapkan Diri Sejak Malam

Setelah jelas tentang apa yang Anda ingin lakukan untuk bangun pagi dan apa yang diperlukan untuk tidur lebih banyak, pertimbangkan untuk mengurangi aktivitas pagi Anda. Anda bisa mengatur jam alarm selama beberapa menit atau lebih. Jika Anda memutuskan ingin sarapan bersama keluarga, hemat waktu malam sebelumnya dengan menyiapkan pakaian, sepatu dan tas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kenali Jam Tubuh Internal Anda Lebih Baik

Salah satu cara untuk mengetahui apa yang paling cocok untuk Anda adalah dengan mengatur waktu tidur yang konsisten yang bisa dimulai sekitar delapan jam sebelum alarm Anda berbunyi. Tetap lakukan itu selama beberapa minggu termasuk akhir pekan untuk merasakan seberapa baik tubuh Anda merespons. Kurangnya catatan bahwa beberapa orang secara alami adalah orang yang suka tidur di malam hari dan masih akan merasa sulit untuk tidur lebih awal, bahkan jika mereka harus bangun lebih awal juga.

4. Matikan Ponsel dan TV Sebelum Waktu Tidur

Bagian dari bangun tepat waktu adalah cukup tidur di malam sebelumnya. Penting untuk memahami bahwa menghabiskan waktu di depan layar baik TV, laptop, atau telepon hingga waktu tidur tidak akan membuat tidur Anda nyenyak. Gunakan jam alarm di gadget favorit Anda untuk menyetel pengingat untuk mematikan semuanya setidaknya satu jam sebelum Anda masuk kamar untuk tidur.

 

3 dari 4 halaman

5. Dapatkan Sinar Matahari di Pagi Hari

Cahaya terang selama satu atau dua jam setelah Anda bangun dapat membantu mengatur jam tubuh Anda untuk menerima waktu bangun Anda. Jika jadwal Anda memungkinkan, berjalan-jalan di bawah sinar matahari pagi atau sarapan yang tenang di teras akan baik untuk suasana hati Anda dan tidur yang lebih baik.

6. Atur Ulang Aktivitas di Malam Hari

Untuk mengetahui apa yang mengganggu tidur Anda sehingga berdampak pada waktu bangun Anda, lihat hari Anda dan bagaimana Anda menghabiskan malam Anda. Anda mungkin harus mengatur ulang beberapa aktivitas Anda. Misalnya, meskipun satu-satunya waktu Anda bisa pergi ke gym adalah setelah makan malam, slot waktu ini dapat menyebabkan kurang tidur.

4 dari 4 halaman

7. Jadikan Menekan 'Tunda' Lebih Menjadi Tantangan

Sekarang setelah Anda mengidentifikasi hambatan untuk tidur tepat waktu, sekarang saatnya membuat beberapa hambatan untuk tetap di tempat tidur. Jika alarm Anda tepat di sebelah tempat tidur Anda dan tombol besar snooze mudah dijangkau tanpa mengangkat kepala dari bantal, Anda mungkin akan mencoba tidur lebih lama.

Oleh karena itu coba letakkan jam weker Anda di ujung lain kamar tidur Anda sehingga Anda terpaksa bangun untuk mematikannya. Juga pertimbangkan untuk menyetel alarm kedua jauh jika Anda mengalami banyak kesulitan untuk bangun. Saat Anda mencoba mengatur ulang waktu tidur dan bangun, Anda mungkin juga meminta anggota keluarga atau teman sekamar untuk membangunkan Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.