Sukses

5 Tanda Persahabatan Anda Sehat dan Awet, Cek di Sini

Berikut ini tanda-tanda persahabatan Anda sehat dan awet

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang lebih baik dalam hidup selain memiliki sahabat. Sebagaimana yang kita tahu, menjaga ikatan persahabatan agar tetap kuat baik untuk pikiran, tubuh, dan jiwa kita. Menurut Mayo Clinic, teman memiliki peran besar dalam kesehatan kita secara keseluruhan, dan orang dewasa yang memiliki ikatan sosial yang kuat memiliki lebih sedikit risiko penyakit yang signifikan, termasuk hal-hal seperti depresi dan obesitas.

Jika Anda pernah lupa waktu saat berbicara, tertawa, dan menikmati kebersamaan dengan teman Anda, Anda dapat melihat betapa benarnya hal ini. Menariknya, ada penelitian terbaru yang menjelaskan bahwa persahabatan sedang menurun.

American Survey Center mengatakan bahwa orang-orang telah menunjukkan minat yang lebih besar pada topik pertemanan akhir-akhir ini, tetapi tidak memainkan peran dalam kehidupan sosial yang pernah membuat persahabatan tetap hidup dan membuka kita untuk mendapatkan teman baru. Karena persahabatan sangat penting untuk kesejahteraan kita secara keseluruhan, penting untuk menjaga persahabatan agar awet dan tahan lama. Berikut adalah lima tanda bahwa persahabatan Anda sehat dan awet seperti dilansir dari Glam.

1. Anda suka berbagi

Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki persahabatan yang kuat adalah jika Anda ingin berbagi sesuatu dengan orang ini. Berbagi apa pun mulai dari makanan hingga meme hingga cerita atau peristiwa yang tampaknya tidak ada gunanya.

Menurut Psychology Today, ini dapat menjadi dorongan penting yang memberi tahu Anda apakah persahabatan Anda akan bertahan lama. Jika Anda merasa diri Anda menahan diri dengan cara apa pun, itu mungkin merupakan indikasi bahwa hubungan Anda dengan teman ini tidak berjalan dengan baik, dan itu mungkin bukan hubungan paling sejati yang dapat Anda miliki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kalian saling menyemangati

Tanda terbaik dari persahabatan yang sehat adalah jika teman ini mendukung Anda dalam kesuksesan Anda. Tidak ada persaingan dalam persahabatan yang dibangun untuk bertahan lama. Menurut Better Help, "Apakah Anda hidup bersama atau terpisah ribuan kilo, persahabatan yang benar-benar mendukung akan terasa aman dan secara keseluruhan baik, dengan Anda berdua mengetahui bahwa Anda dihargai, divalidasi, dan dicintai oleh yang lain baik sering berbicara dengannya atau tidak."

Dengan seorang teman yang baik, Anda harus merasa seperti mereka menyemangati Anda ketika Anda berhasil dan ada untuk menghibur Anda ketika keadaan tidak begitu baik.

3. Anda mengatakan yang sebenarnya

Akan sangat bermanfaat jika Anda dapat menemukan persahabatan di mana setiap orang diizinkan untuk mengatakan kebenaran, tidak peduli betapa sulitnya untuk mendengar atau berbicara. Tentu saja, orang yang berbicara jujur ​​harus bersikap lembut dan hormat kepada temannya. Menurut The New York Times, bentuk komunikasi yang terbuka sangat penting agar persahabatan menjadi jujur ​​dan berkembang. Meskipun tidak akan mudah sepanjang waktu, merasa nyaman dengan berbagi kebenaran dengan teman Anda akan menjaga hubungan Anda dan teman Anda di tempat yang sehat.

 

3 dari 4 halaman

4. Anda memikirkan mereka dengan kasih sayang

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi indikasi yang baik bahwa Anda memiliki teman baik adalah jika pikiran awal Anda tentang mereka adalah positif. Jika Anda berpikir untuk menelepon atau mengirim SMS ke teman Anda dan merasa takut, itu bisa menjadi pertanda bahwa ini bukan persahabatan yang sehat.

Menurut Psychology Today, akan ada saat-saat ketika Anda dan teman Anda berselisih paham atau hubungan Anda memiliki beberapa pertengkaran, tetapi persahabatan yang sehat memberi ruang untuk pikiran positif tentang berkumpul dengan teman Anda. Jika memikirkan untuk berkumpul dengan teman Anda membuat Anda berhenti sejenak, pertimbangkan apa yang menyebabkan Anda merasa seperti ini, dan lanjutkan dengan hati-hati dengan kepercayaan dan waktu Anda.

 

4 dari 4 halaman

5. Anda menghormati dan memercayai mereka

Akhirnya, tidak akan ada persahabatan yang solid yang dibangun jika hanya satu orang dalam hubungan yang saling percaya dan menghormati. Jika Anda dan teman Anda saling percaya, kualitas persahabatan Anda akan luar biasa. Jika Anda cukup menghormati satu sama lain untuk mengetahui kapan Anda membutuhkan ruang, kapan Anda membutuhkan nasihat, dan kapan Anda hanya perlu diam dan hadir, koneksi Anda akan terus tumbuh sepanjang zaman.

Jika Anda mencurahkan ke dalam persahabatan Anda dengan waktu, energi, dan kepercayaan Anda, Anda akan mendapat manfaat dalam banyak cara. Untuk menentukan apakah persahabatan Anda dibangun untuk bertahan lama atau tidak, evaluasi bagaimana perasaan Anda ketika Anda memikirkannya, berkomitmen untuk hadir dan mendukung, dan katakan yang sebenarnya ketika Anda bisa. Persahabatan dengan kualitas-kualitas ini tidak tergantikan, dan hidup dengan seseorang di sisi Anda, apa pun yang terjadi, tidak ada duanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.