Sukses

Unik, Amerika Serikat Rayakan Hari Ibu Rumah Tangga Nasional Tiap 3 November 2022

Hari Ibu Rumah Tangga Nasional atau National Housewife's Day di Amerika Serikat jatuh setiap 3 November. Peringatan hari nasional tersebut bertujuan untuk memberikan pengakuan dan penghormatan kepada jutaan ibu rumah tangga atas kerja keras mereka di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pekerjaan yang sering kali diremehkan orang yaitu ibu rumah tangga. Meski terkesan sepele dan kerjanya hanya di rumah, namun menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal yang mudah.

Dilansir National Day Calendar, Kamis (3/11/2022), setiap 3 November dijadikan sebagai Hari Ibu Rumah Tangga Nasional. Peringatan atas Hari Ibu Rumah Tangga Nasional di AS ini bertujuan untuk memberikan pengakuan dan penghormatan kepada jutaan ibu rumah tangga atas kerja keras mereka di rumah.

Bagaimana tidak, pekerjaan ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang berlangsung sepanjang hari alias 24/7. Karena menganggap pekerjaan domestik adalah pekerjaan sehari-hari, terkadang kerja keras para ibu rumah tangga tidak mendapatkan ucapan terima kasih yang layak. 

Istilah ibu rumah tangga adalah istilah lama yang berasal dari kegiatan sehari-hari ketika sebagian besar keluarga didukung oleh satu pendapatan. Misalnya sang ayah bekerja, dan sang ibu tinggal di rumah untuk mengurus rumah dan anak-anak. Meski saat ini ada juga yang kedua orang tua bekerja di luar rumah. 

National Day Calendar menyebut, usia anak menentukan kapan orang tua harus di rumah, tidak jarang ibu memutuskan berhenti bekerja di kantor. Namun tidak selalu ibu yang tinggal di rumah, terkadang juga ayah yang memutuskan untuk lebih banyak mengurus rumah tangga.

Sejarah Hari Rumah Tangga Nasional

National Today menyebut, asal usul Hari Ibu rumah Tangga Nasional atau National Housewife's Day memang belum diketahui secara jelas. Namun hari ini digunakan untuk merayakan para wanita yang memiliki keberanian mengambil peran penting dalam keluarga yang tidak memiliki cuti dan pekerjaannya kerap terlihat karena berada di rumah.

Padahal, tugas ibu rumah tangga tidak mudah karena ada banyak sekali tugas yang menjadi tanggung jawab mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peran Ibu Rumah Tangga

 

Peran ibu rumah tangga sudah ada sejak manusia mulai memiliki keluarga inti. Pada abad ke-19, semakin banyak wanita di negara-negara industri mulai melakukan pekerjaan berbayar di berbagai industri di luar rumah.

Selama periode ini, menjadi ibu rumah tangga hanya realistis di keluarga kelas menengah dan kelas atas.

Pada abad ke-20, beberapa keluarga memiliki keistimewaan karena hanya memiliki satu pasangan yang pergi bekerja untuk mengurus seluruh kebutuhan keluarga.

Bahkan lebih banyak keluarga membuat keputusan yang sulit untuk hanya memiliki satu sumber penghasilan sehingga istri dapat merawat anak-anak dan rumah.

Banyak orang melihat menjadi ibu rumah tangga sebagai semacam jalan keluar yang mudah, padahal kenyataannya, menjadi ibu rumah tanggal sama sekali tidak mudah. 

Sekarang, lebih banyak orang menyadari bahwa menjadi ibu rumah tangga adalah tugas yang nilainya tidak dapat diukur. Oleh karenanya, para suami dari generasi saat ini mau berbagi beban pekerjaan rumah tangga, di mana hal ini bukan norma umum yang berlaku pada generasi sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik Ibu Rumah Tangga

Berikut fakta menarik ibu rumah tangga dilansir National Today :

1. Tidak ada liburan

Menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan 24/7 yang tidak menyisakan waktu untuk liburan jauh dari tugasnya, bahkan pada hari libur.

2. Adanya sentuhan modern

Kata modern untuk 'housewife' adalah 'homemaker', karena suami juga dapat memutuskan untuk menjadi orang yang tinggal di rumah atau house-husband.

3. Lebih dari dua kali jam kerja normal

Menurut penelitian tahun 2014 yang dilakukan oleh salary.com, seorang ibu rumah tangga biasa menghabiskan 94 jam bekerja setiap minggu di AS.

4. Jumlah ibu rumah tangga hanya sedikit di zaman komunis

Ada sangat sedikit ibu rumah tangga di negara-negara komunis sampai reformasi ekonomi pasar bebas pada 1990-an, yang menyebabkan kebangkitan jumlah ibu rumah tangga.

5. Wanita di Tiongkok terikat untuk menjadi ibu rumah tangga

Pada masa kekaisaran di Tiongkok, wanita adalah ibu rumah tangga seperti yang ditentukan oleh doktrin Konfusianisme dan norma-norma budaya.

4 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Ibu Rumah Tangga Nasional

Meski Hari Ibu Rumah Tangga Nasional adalah hari nasional yang dirayakan di Amerika Serikat, kita juga bisa memberi penghargaan atas kerja keras ibu atau istri kita yang telah mengerjakan begitu banyak pekerjaan rumah tangga. Berikut cara merayakan hari ibu rumah tangga nasional dilansir Days of The Day :

1. Ajak makan malam

Sebagai seorang suami yang istrinya di rumah untuk mengurus rumah, ini adalah hari yang sempurna untuk makan malam yang menyenangkan bersama pasangan Anda atau keluarga. 

Anda juga bisa memberikan perlakuan istimewa seperti mengajak ibu Anda makan malam sebagai bentuk penghargaan atas pekerjaannya yang tanpa henti. 

2. Beri istri atau ibu perawatan spa

Setelah semua pekerjaan seperti membersihankan rumah, mencuci, dan mengatur rumah, tubuh istri atau ibu Anda perlu dimanjakan dengan cara spa.

3. Kirim kartu dan catatan apresiasi

Beri istri atau ibu Anda kartu atau tulis catatan yang mengungkapkan betapa Anda menghargai pekerjaan dan komitmennya terhadap keluarga. Anda dapat membeli beberapa bunga selain catatan dan kartu untuk membuatnya lebih istimewa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.