Sukses

6 Cara Alami Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Nah, penasaran bahan alami apa saja yang bisa menghilangkan noda kuning di baju putih yang membandel?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari kita suka mengenakan pakaian dengan warna basic seperti putih. Sebab, pakaian putih menjadi salah satu pakaian yang sangat mudah dipadukan dengan warna apapun.

Di lemari kita pun pasti banyak pakaian putih untuk dipakai saat kondisi formal maupun informal, tetapi seiring waktu, pakaian putih akan sedikit menguning.

Namun kalian tidak perlu khawatir lagi, karena hal tersebut bisa diatasi dengan bahan alami. Nah, penasaran bahan alami apa saja yang bisa menghilangkan noda kuning di baju putih yang membandel? Berikut ulasannya seperti melansir Bright Side, Kamis (20/10/2022).

1. Matahari

Setelah mencuci pakaian, gantunglah di tali jemuran dan biarkan mengering di bawah paparan sinar matahari. Dengan cara tersebut, sinar matahari akan memutihkan pakaian Anda tanpa bau dan bahaya pemutih pakaian.

Hal ini terjadi karena sinar ultraviolet matahari mematahkan ikatan kimiawi pada noda, menyebabkan warna noda memudar. Proses ini merupakan langkah yang sama dengan yang dilakukan oleh bahan pemutih kimia.

2. Rendam dengan Air Lemon

 

Lemon merupakan salah satu pemutih yang sangat baik yang dapat membuat pakaian putih Anda terlihat seperti baru. Cara ini juga tidak berisiko pemutihan berlebihan seperti yang dilakukan saat Anda menggunakan bahan pemutih kimia.

Untuk mengaplikasikannya, Anda hanya perlu mencampurkan setengah cangkir perasan lemon ke dalam bak berisi air panas. Lalu aduk rata dan rendam pakaian selama satu jam atau dibiarkan semalaman.

Setelah itu, keluarkan pakaian dari bak tersebut dan tuangkan sisa perasan lemon ke dalam mesin cuci, lalu cuci pakaian Anda seperti biasa.

Lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda karat dari pakaian dengan cara oleskan jus lemon di atas noda dan taburkan krim tartar di atasnya. Lalu gosokkan larutan di atas noda dan diamkan selama sekitar 30 menit. Jika noda sudah hilang, lanjutkan cuci pakaian seperti biasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tambahkan Cuka Putih

Cuka dapat memutihkan pakaian dan menghilangkan noda yang sulit terangkat hingga menghilangkan bau. Tapi cuka juga dapat melakukan banyak hal lainnya.

Untuk memutihkan pakaian putih, buatlah larutan dengan mencampurkan 1/4 cangkir larutan lemon dengan 1/2 cangkir cuka putih. Gunakan larutan ini sebagai alternatif pemutih.

Jika Anda memiliki pakaian yang berbau, Anda dapat menghilangkan bau dengan menambahkan satu cangkir cuka ke mesin cuci pada pembilasan terakhir.

4. Tambahkan Soda Kue ke Mesin Cuci

 

Soda kue (natrium bikarbonat) secara kimiawi sangat mirip dengan soda cuci (natrium karbonat), oleh karena itu, dapat digunakan dengan cara yang sama.

Baking soda juga merupakan penghilang bau alami sehingga pakaian tidak hanya akan lebih cerah, tetapi juga akan terasa sangat segar.

Baking soda juga merupakan antiseptik ringan, sehingga pakaian dan mesin cuci akan terlindungi dari pertumbuhan bakteri.

3 dari 3 halaman

5. Gunakan Deterjen Alami

Sementara sebagian besar dari kita tumbuh dengan hanya mengenal deterjen kimia, saat ini kita juga dapat membeli deterjen alami.

Deterjen alami ini terbuat dari enzim nabati dan mineral alami yang membersihkan seefektif kandung sintetisnya.

Di sisi positif, deterjen alami tidak sekeras deterjen sintetis yang dapat memperpanjang umur pakaian kesayangan Anda.

Bagian terbaiknya adalah deterjen ini dapat terurai secara hayati dan tidak berpolusi, tidak seperti deterjen biasa yang kita gunakan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.