Sukses

Simak 6 Tips Agar Sepatu Tidak Berbunyi saat Digunakan

Liputan6.com, Jakarta Penampilan di muka umum sangat penting diperhatikan. Mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala, tidak lepas dari perhatian orang-orang di sekitar.

Memang cukup banyak yang mengganggap remeh penampilan. Alasannya misalnya tidak peduli kata-kata orang atau sifat lebih penting dibanding penampilan dan lain-lain semacamnya. Padahal, penampilan juga penting.

Dilansir situs Curious Desire, Kamis (20/10/2022), memperhatikan penampilan memiliki beberapa keuntungan. Misalnya penampilan membantu Anda dalam kehidupan sosial, termasuk juga di kantor. 

Selain itu, penampilan juga dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri. Seringkali orang-orang merasa lebih percaya diri bila penampilan mereka sesuai dengan yang diinginkan diri sendiri. Hal ini akan mempengaruhi kinerja kita di atifitas sehari-hari. Maka dari itu penampilan penting. Baik itu rambut, pakaian, bahkan sampai sepatu.

Masalahnya adalah kadang saat kita telah berusaha tampil rapih dan baik, malah pakaian dan atribut kita yang tidak bisa diajak kerja sama. Kita pun seringkali dibuat kesal dan glagapan.

Contohnya sepatu. Bagaimana bila sepatu Anda mengeluarkan bunyi saat digunakan?

Setiap langkah sepatu Anda akan mengeluarkan bunyi. Anda akan menjadi pusat perhatian di setiap tujuan anda, bukan karena hal baik, tapi karena bunyi yang lucu.

Dilansir Reader's Digest dan Merrell, berikut beberapa tips yang bisa digunakan oleh Anda yang memiliki masalah dengan hal ini. Cara-cara ini akan membuat sepatu Anda tidak lagi berbunyi:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dikeringkan dan Tabur Bedak Bayi

1. Keringkan

Suara sepatu salah satu alasannya karena disebabkan oleh udara atau kelembapan yang terperangkap di sepatu. Maka dari itu cara termudah adalah dengan mengkeringkannya.

Walau terlihat mudah, kadang sepatu yang dikeringkan tetap masih terasa basah dan membuat suara. Bila kasus Anda seperti itu, coba masukkan spons bersamaan sepatu Anda itu ke pengering. Diamkan tidak lebih dari sepuluh menit.

Atau cara lainnya adalah dengan menaruh koran ke dalam sepatu. Anda juga bisa mengeringkan sepatu dengan menaruhnya ke dalam lemari terbuka.

 

2. Bedak Bayi

Salah satu cara untuk mengatasi kelembapan di dalam sepatu adalah dengan memberi bedak bayi. Bedak dapat berfungsi untuk menyerap kelembapan dan mengurangi gesekan yang ada.

Caranya, taruh bedak bayi tersebut ke bagian dalam sol sepatu. Namun jika sol sepatu anda tidak bisa dilepas, cukup taruh bedak di sekitarnya.

Diamkan bedak semalaman sebelum kemudian membersihkannya.

 

3 dari 4 halaman

Beri Losion hingga Digosok

3. Beri Losion

Atau, kalian bisa memberikan lapisan tipis losion di bawah sol sepatu untuk membuat bagian-bagian tersebut saling bergesekan dengan lebih mulus.

 

4. Lem

Anda juga bisa mempelkan sol dengan lem. Patikan posisi sol sebelum dilem tepat.

 

5. Selipkan pengering

Selipkan lembar pengering (dryer sheet). Menyelipkan lembara pengering di bawah sol dapat menghentikan kebisingan.

 

6. Gosok

Sepatu berbunyi yang masih baru biasa mengeluarkan bunyi. Memang seiring waktu sepatu baru itu digunakan, bunyi akan menghilang. Namun bagi yang sudah muak, kalian dapat mempercepat proses itu. 

Ambil amplas dan kemudian mulailah menggosok bagian bawah sepatu yang berderit. Lakukan gerakan gosokan dengan lembut.

Selain amlas, kalian juga bisa menggosok sepatu dengan kapas yang telah direndam ke dalam cairan seprotan silikon.

 

4 dari 4 halaman

Sepatu Tampak Bersih

Selain masalah bunyi, masalah lain yang sering muncul dari sepatu adalah tampilan luarnya yang sudak kusam, jelek, dan bernoda. Saat ditimpa masalah ini, Anda jang langsug membuaang sepatu itu dan membeli yang baru.

Dilansir situs Better Homes & Garden, berikut langah-langkah membersihkan sepatu yang baik dan efektif:

1. Lepas Tali Sepatu

Pertama, lepas tali sepatu. Hal itu agar saat mulai membersihkan sepatu, tidak ada bagian yang terlewatkan.

 

2. Sikat

Kedua, muai sikat/gosok sepatu dengan lembut. Anda dapat menggunakan pasta gigi, pasta dari bubuk pemutihan dan air, serta menggunakan lemon yang telah dicelupkan ke dalam garam.

 

3. Lecet

Bila bagian sepatu Anda anda yang lecet, gunakan spons untuk menghilangkannya.

 

4. Keringkan

Seperti yang disebutka sebelumnya, terdapat beberapa cara mengeringkan sepatu yang baik. Seperti masukkan spons bersamaan sepatu ke pengering, menaruh koran ke dalam sepatu, atau mengeringkan sepatu dengan menaruhnya ke dalam lemari terbuka.

 

5. Bersihkan Tali Sepatu

Jangan lupa untuk membesihkan tali sepatu Anda juga. Tidak lengkap bila hanya body sepatu saja yang bersih, tetai talinya terlihat kotor.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS