Sukses

6 Rekomendasi Tempat Makan Anak Kos di Yogyakarta, Murahnya Kebangetan!

Tempat makan anak kos di Yogyakarta ini terkenal murah

Liputan6.com, DI Yogyakarta - Hayo siapa yang bingung cari makan saat menjadi anak kos di Yogyakarta?

Anak kos biasanya identik dengan gaya hidup yang sederhana dan jauh dari kata mewah. Namun, tidak semua yang bergaya hidup seperti itu.

Sebagai anak rantau tentu bingung mau cari makan di mana dan rekomendasi sangatlah dibutuhkan oleh mereka. Salah satunya anak kos yang berada di kota pelajar yaitu Yogyakarta.

Yogyakarta pastinya menawarkan banyak variasi mengenai gaya hidup. Salah satunya kuliner, sebagai aspek pokok yang gak terlepas dari perut anak kos.

Yogyakarta memang terkenal dengan kota dengan gaya hidup yang murah. Namun, bagi mereka yang baru merantau, toko yang menjual makan dengan harga murah tentunya belum bisa mereka temukan.

Bagi anak kos, menghemat biaya pengeluaran merupakan salah satu cara untuk tidak boros apalagi biaya makan.

Meski demikian, bukan berarti harus diet atau mengurangi makan supaya tidak boros. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mencari tahu rekomendasi di internet.

Berikut rekomendasi tempat makan anak kos Jogja supaya menghemat biaya makan:  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Olive Fried Chicken

Olive Fried Chicken merupakan merupakan salah satu makanan andalan di kalangan mahasiswa ataupun pekerja.

Meski Olive Fried Chicken sebagian besar menunya hanya menjual nasi dan ayam, tapi juga tetap menjual spageti, kentang, steak, dan burger. Harga yang ditawarkan yaitu mulai dari Rp8.000 hingga Rp15 ribu saja. 

Lokasi Olive Fried Chicken di Jogja yaitu:

1. Taman Siswa

2. Wirobrajan

3. Godean

4. Babarsari

5. Kota gede

6. Patangpuluhan

7. Jalan Bantul

3 dari 7 halaman

2. Ayam Goreng Cak Yunus

Cak Yunus terkenal dengan pemiliknya yang mirip dengan Bondan Winarno, wartawan kuliner dengan slogan 'Maknyus'.

Ayam Cak Yunus memiliki kulit yang tebel dan bumbu yang meresap sampai ke daging ayamnya. Proses pembuatannya pun harus digoreng dan dimasukkan ke tepung hingga beberapa kali.

Tak hanya itu, sambal yang dihidangkannya pun enak untuk dinikmati karena tidak terlalu pedas. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp9 ribu saja. 

Lokasi ayam goreng Cak Yunus di depan Museum Biologi Jl. Sultan Agung, Yogyakarta.

 

4 dari 7 halaman

3. Burjo

Burjo merupakan warung makan yang paling digemari anak-anak muda di Yogyakarta. Tak hanya harganya yang murah tapi burjo juga menyediakan beberapa menu makanan.

Di antaranya omelet, indontel (indome telur), nasi goreng, magelangan (nasi campur mi), dan beberapa lauk pauk serta minuman-minuman.

Tak hanya itu ada juga gorengan dan camilan yang lain. Harga yang makanan yang dijual mulai dari Rp1.000 saja.

Burjo ini dulunya menjual bubur kacang hijau sehingga namanya jadi burjo. Akan tetapi semakin ke sini, burjo hanyalah sekadar nama yang di dalamnya jarang ditemukan bubur kacang ijo. 

Burjo identik dengan AA dan Teteh karena penjualnya rata-rata berasal dari Jawa Barat atau suku Sunda. 

5 dari 7 halaman

4. Angkringan

Angkringan sudah bukan hal yang asing lagi bagi semua orang. Angkringan terkenal dengan nasi kucingnya.

Tak hanya itu, angkringan menjual berbagai macam satai yaitu ada satai telur, usus, ati, ampela, kepala ayam, dan lain-lain.

Ada juga berbagai minuman saset. Bagi yang tidak suka minuman kemasan, ada juga minuman asli seperti jahe.

Harga yang ditawarkan tentunya murah mulai dari Rp1.000 rupiah.

6 dari 7 halaman

5. Sambal Cowek

Sambal cowek juga dikenal oleh kalangan mahasiswa. Tak hanya menjual ayam goreng, Sambal Cowek juga menawarkan menu lain seperti udang, nila terbang, ikan fillet, cumi, lele, mie dogdog, dan lain-lain.

Tak hanya itu, tersedia juga berbagai macam sambal yaitu sambal terasi, sambal bawang, sambal hijau, sambal tempe, dan lain-lain.

Harga yang dutawarkannya pun murah mulai dari Rp10 ribu. Di setiap menu sudah terdapat nasi, lalapan, terong goreng, sambal, dan es teh. 

7 dari 7 halaman

6. Penyetan Mas Kobis

Mas Kobis dikenal dengan es tehnya yang jumbo dan kobis goreng. Kobis dalam Bahasa Jawa artinya kol.

Selain itu, Mas Kobis juga merapkan prasmanan. Artinya pembeli harus mengambil makanannya sendiri sekalipun itu dibungkus untuk dibawa pulang.

Menu di Mas Kobis ada ayam, lele, ati gulung usus, telur, tahu, dan tentunya ada kobis goreng, dan lain-lain. Harga yang ditawarkannya mulai dari Rp9.000 saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.