Sukses

Intip Alnwick Garden, Taman Indah di Inggris dengan 100 Tanaman Beracun

Alnwick Garden yang terletak di Inggris adalah taman indah yang punya banyak tanaman beracun

Liputan6.com, London - Sebuah taman umumnya mengoleksi bunga-bunga indah dan harum yang dapat dinikmati pengunjungnya. Namun, Alnwick Garden di Inggris ini menyajikan koleksi tanaman yang berbeda. Tanamannya sama indah, tapi jika dihirup baunya bisa meregang nyawa.

Berlokasi di Northumberland, Inggris, Alnwick Garden dijuluki sebagai Poison Garden atau taman racun karena memiliki lebih dari 100 jenis tanaman beracun dan narkotika.

Didirikan sejak 2005, taman ini mempunyai luas sekitar 14 hektar. Setiap tahunnya, taman ini mampu menarik lebih dari 600.000 pengunjung.

Tanaman Wolf's Bane atau Monkshood, menjadi salah satu tanaman paling berbahaya yang ada di taman ini. Monkshood mengandung aconitineneurotoxin dan cardio toxin.

Jika dikonsumsi sembarangan, zat-zat beracun tersebut mampu menyebabkan gangguan terhadap sistem saraf pusat manusia dan menyebabkan keracunan.

Dikutip dari situs BBC pada Senin (10/10), Dean Smith selaku pemandu di Alnwick Garden mengatakan bahwa ada satu tanaman lain yang lebih beracun dari Monkshood.

"Mungkin tanaman paling beracun yang sebenarnya kami miliki adalah Risin --- mengandung racun risin --- yang lebih dikenal sebagai tanaman biji jarak atau minyak jarak," kata Dean.

Dean, menambahkan, Risin tercatat dalam Guinness Book of World Records sebagai tanaman paling beracun di dunia.

Akan tetapi, beberapa tanaman beracun yang ada di dalam taman, nyatanya mudah ditemukan di sekitar Inggris.

Dean menyampaikan bahwa tanaman-tanaman tertentu tumbuh secara liar dan mudah untuk dibudidayakan.

Pohon Laburnum, misalnya. Meskipun menjadi tanaman paling beracun di peringkat kedua, pohon ini ternyata banyak tumbuh di sekitar rumah masyarakat Inggris. Tidak hanya untuk manusia, pohon ini juga beracun untuk anjing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alnwick Garden Dibuka untuk Umum

Pada gerbang taman yang berwarna hitam, tertulis peringatan 'These plants can kill' atau tanaman ini dapat membunuh, ditambah logo tengkorak yang disilang sebagai bentuk peringatan.

Namun, di samping segala bahaya yang dimiliki taman tersebut, Alnwick Garden terbuka untuk umum.

Sebelum mengunjungi taman, pengunjung dapat membeli tiket melalui situs Alnwick Garden. Situs tersebut juga mencantumkan informasi dan peringatan yang perlu pengunjung ketahui sebelum masuk ke taman.

Melalui situs tersebut, tertulis bahwa pengunjung hanya boleh masuk bersama seorang pemandu di taman.

Untuk menghindari bahaya keracunan, pengunjung dilarang untuk mencium bau tanaman, menyentuh, atau mengecap tanaman-tanaman yang ada.

Dean Smith mengatakan bahwa sebelum memasuki taman, pengunjung akan diberikan beberapa arahan untuk keselamatan mereka.

Meskipun sudah diberikan peringatan dan pengarahan, masih ada beberapa pengunjung yang mengalami pingsan, karena tidak sengaja menghirup bau tanaman ketika melewatinya.

Selain dikunjungi, Alnwick Garden juga membuka layanan reservasi bagi masyarakat yang ingin melaksanakan acara seperti pesta pernikahan.

3 dari 4 halaman

Beberapa Tanaman Tidak Boleh Dipangkas

Selain itu, beberapa tanaman di Alnwick Garden bahkan tidak perlu disentuh, dimakan, atau dihirup aromanya untuk membunuh. Ada juga tanaman yang mampu menyebarkan racunnya hanya hanya dengan dipangkas.

Daun Prunus Laurocerasus adalah salah satunya. Tanaman yang dikenal sebagai Cherry Laural ini memiliki dua komponen, yaitu glikosida sianogenik dan ion sianida.

Jika terpisah, kedua zat tersebut tidak akan berbahaya. Namun, daunnya dipotong mereka akan menghasilkan gas sianida.

Ada juga Hellebores, tanaman umum dengan akar yang mengandung kardiotoksin dan mampu menyebabkan berhentinya kerja jantung.

Getahnya memiliki zat yang menyebabkan iritasi kulit. Oleh sebab itu, ketika sedang merawat tanaman, pekerja di sana selalu menggunakan sarung tangan.

"Untuk beberapa kebun, Anda tidak perlu melakukan tindakan pencegahan sama sekali, sedangkan jika Anda ke kebun seperti kebun hogweed raksasa, Anda perlu mengenakan pakaian hazmat lengkap, masker, sarung tangan," kata kepala tukang kebun di Poison Garden, Robert Ternent.

4 dari 4 halaman

Beberapa Tanaman Berkhasiat Sebagai Obat

Seluruh tanaman-tanaman di Poison Garden memiliki kadar racunnya masing-masing. Namun, untuk beberapa tanaman beracun tersebut, nyatanya bisa berubah menjadi obat, jika diproses dengan benar.

Tanaman Monkshood, misalnya. Jika diproduksi dengan sesuai prosedur, bunga Monkshood yang memiliki zat aconitine mampu mengatasi penyakit seperti asma dan bronkitis.

Selain Monkshood, tanaman Periwinkle juga memiliki kandungan yang berisiko tinggi, tapi jika diolah tanaman ini bisa menghasilkan berbagai macam obat-obatan.

Selain memegang julukan taman beracun, Alnwick Garden juga menjadi bagian dari program pendidikan narkotika.Taman ini membudidayakan hampir setiap jenis narkotika.

Dean Smith mengatakan bahwa mereka menumbuhkan opium hingga ganja.

Bersama BBC.com (10/10), Claire Micthell selaku Ketua Komunitas dan Pendidikan menjelaskan bahwa program edukasi narkotika diambil dari tur taman tersebut ketika mereka bisa melihat berbagai jenis tanaman narkoba dan mencegah bahaya yang disebabkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini