Sukses

Mengenal Tentang Psikologi Media dan Bagaimana Media Dapat Mempengaruhi Kepribadian Seseorang

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan zaman saat ini membuat orang tidak bisa lepas menggunakan media dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari pekerjaan, pendidikan, hiburan, hingga media sosial. Hal tersebut membuat banyak orang tidak sadar bahwa penggunaan media dapat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang.

Berpengaruhnya media dalam kepribadian seseorang sudah pernah dibahas oleh Karen Dill dalam bukunya The Oxford Handbook of Media Psychology yang menjelaskan tentang Psikologi Media. 

"Psikologi media adalah studi ilmiah tentang perilaku, pikiran, dan perasaan manusia yang dialami dalam konteks penggunaan dan menciptakan media," tulis Karen. 

Dengan kata lain, psikologi media merupakan sebuah studi yang digunakan untuk memahami hubungan antar manusia dengan media jika dilihat dari perspektif psikologis. Agar lebih paham bagaimana cara media dapat mempengaruhi sisi psikologis seseorang, berikut beberapa pembahasan yang terkait dengan topik psikologi media dilansir dari verywellmind.com

Pengaruh Media 

Banyaknya informasi yang dikonsumsi masyarakat dalam mengakses media terkadang dapat berpengaruh ke karakter psikis seseorang, karena akan sangat sulit dalam memfilter tontonan masyarakat melalui media. Dalam ilmu ini akan diberikan penjelasan mengenai apakah penggambaran kekerasan dalam media, dapat meningkatkan rasa agresi dalam diri seseorang? 

Lalu, bagaimana penggambaran peran gender di sebuah media dapat  mempengaruhi pemahaman anak-anak tentang apa artinya menjadi perempuan, laki-laki, atau gender lainnya. Pengaruh media juga dapat membangun rasa keinginan seseorang untuk menyumbang atau beramal. 

Pembelajaran Online 

Di masa pandemi sekarang ini, penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan. Namun tentu masih banyak kekurangan dalam pengoperasiannya, misalnya agar dapat lebih efektif dalam menyampaikan pesan. 

Dalam ilmu ini akan dibahas, bagaimana cara paling efektif dalam menyiapkan platform pembelajaran online. Agar perhatian siswa dapat tetap bertahan dan pesan juga tersampaikan dengan jelas meski secara virtual. 

Dampak Media Sosial 

Banyaknya pilihan media sosial yang diakses masyarakat untuk menerima informasi terkadang membuat kesulitan dalam memfilter mana berita fakta dan hoax. Melalui ilmu ini akan dibahas bagaimana menyesuaikan berbagai platform agar dapat terciptanya gambaran yang lebih komprehensif ke masyarakat tentang dunia yang terjadi sekarang ini. Juga mempelajari bagaimana pengaruh hubungan antar manusia jika sebagian besarnya hanya dilakukan melalui media sosial. 

Keterlibatan Audiens 

Saat mengakses media, entah itu platform video online, podcast, sampai menonton film, terkadang para penonton atau penikmat tayangan dibuat menangis. Ilmu ini benar-benar menarik, karena akan membahas bagaimana cerita yang terdapat di dalam sebuah media dapat mempengaruhi perasaan seseorang. 

Lewat cabang ilmu ini, dapat juga diketahui tentang bagaimana dan mengapa penggemar budaya populer berkumpul untuk membentuk komunitas, jika dilihat dari segi psikologis. 

Tujuan dan Praktik dalam Psikologi Media 

Ilmu psikologi adalah ilmu yang terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Begitu juga dengan psikologi media yang masih menjadi ilmu baru dan masih dalam tahap awal untuk menentukan ruang lingkupnya. 

Tujuan dibutuhkannya ilmu ini adalah untuk menyelidiki dampak media melalui kacamata psikologi, terutama karena semakin banyaknya dampak negatif yang diberikan media di zaman modern ini. 

Masa Depan Psikologi Media 

Di tahap awal munculnya ilmu psikologi media ini hampir seluruhnya membahas dampak negatif yang diberikan oleh media dan teknologi. Namun sebenarnya, tidak semua media dan teknologi memberikan dampak negatif. Hal yang terpenting adalah bagaimana cara kita menggunakannya dengan bijak. 

 

Penulis: Akbar Gilang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.