Sukses

Mengatur Tekanan Darah hingga Menyehatkan Rambut, Ini 6 Manfaat Konsumsi Bawang Putih Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta Pernyataan "biarkan makanan menjadi obat Anda dan obat menjadi makanan Anda" masih merupakan salah satu resep medis terbesar yang pernah ditawarkan. Dan bawang putih ada di urutan teratas daftar resep makanan yang bisa menjadi obat. Bawang putih merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan. 

Anda mungkin sangat terbiasa menggunakan bawang putih dalam setiap masakan Anda namun tentu banyak dari Anda yang tidak menyadari manfaat di baliknya.  Padahal bumbu dapur ini telah digunakan dalam memasak dan untuk tujuan pengobatan selama ribuan tahun. Dilansir dari Times of India, berikut ini deretan manfaat makan bawang putih setiap hari. 

Meningkatkan memori

Seiring bertambahnya usia, memori dan perubahan kognitif dapat terjadi. Bagian otak yang terkait dengan pembelajaran, memori, perencanaan, dan fungsi kognitif lainnya dapat menyusut seiring bertambahnya usia. 

Selain itu, penurunan aliran darah ke otak karena penyempitan pembuluh darah, kerusakan sel akibat radikal bebas dan peningkatan peradangan di otak dapat terjadi, yang semuanya mempengaruhi fungsi kognitif. Itu mengapa mengonsumsi bawang putih mungkin bermanfaat bagi otak Anda.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Menyehatkan Rambut

Bawang putih meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga lebih panjang dan lebih tebal. Untuk mencapai hasil ini, seseorang harus menerapkannya ke kulit kepala. Bawang putih dapat mengakhiri masalah kerontokan rambut Anda karena kandungan allicin-nya yang tinggi, senyawa belerang yang mirip dengan yang ditemukan pada bawang bombay, yang terbukti efektif mengobati kerontokan rambut.

Meningkatkan kekebalan tubuh 

Bawang putih harus segar untuk melindungi Anda dari penyakit. Ini mengandung banyak vitamin, minyak bermanfaat, dan asam amino. Selain itu, ia memiliki allicin, senyawa organik yang membunuh bakteri dan jamur. 

Allicin hanya dibentuk oleh penghancuran mekanis sel tumbuhan yang terjadi saat dipotong atau ditekan. Ketika integritas cengkeh hancur, komponennya bercampur dan membentuk senyawa antimikroba, sedangkan pemanasan membunuh hampir semua khasiat bawang putih yang bermanfaat.

3 dari 3 halaman

Mengurangi masalah pada gigi

Karena sifat antibakteri dan antijamurnya, bawang putih baik untuk rongga mulut. Ini membunuh mikroba berbahaya dan menyembuhkan gusi yang meradang. Selain itu, produk bermanfaat ini mengurangi risiko gigi berlubang. Oleh karena itu, jika Anda mulai makan bawang putih secara teratur, Anda tidak perlu ke dokter gigi sesering mungkin.

Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Bawang putih adalah antioksidan kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Karena jerawat disebabkan karena akumulasi racun yang berlebihan, pori-pori tersumbat, dan infeksi bakteri, bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi jerawat.  

Membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan kerutan 2 siung yang dimakan setiap hari sudah cukup untuk mengembangkan produksi kolagen dan elastin alami.

Mengatur tekanan darah

Tambahkan bawang putih ke dalam makanan Anda jika Anda menderita tekanan darah tinggi. Bawang putih dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan arteri. Untuk menyembuhkan hipertensi, seseorang harus makan 4 siung bawang putih setiap hari. Selain itu, bawang putih menurunkan kadar kolesterol 'jahat' dalam darah sebesar 10-15%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.